kata kerja bahasa jerman

Dasar-Dasar Kata Kerja Bahasa Jerman Bentuk Present Tense

Posted on

Kata Kerja Bahasa Jerman – Kebanyakan kata kerja bahasa Jerman memiliki bentuk present tense yang bisa diprediksi. Setelah kamu mempelajari pola satu kata kerja bahasa Jerman, kamu akan paham bagaimana sebagian besar bahasa Jerman dikonjugasikan.

kata kerja bahasa jerman

Konjugasi Kata Kerja Bahasa Jerman

Setiap kata kerja bahasa Jerman memiliki bentuk infinitive, ini adalah bentuk yang kamu temukan ketika membuka kamus bahasa Jerman. Kata kerja “to play” merupakan contoh bentuk infinitive dalam bahasa Inggris. Kata yang setara dengan “to play” dalam bahasa Jerman adalah “spielen”.

Setiap kata kerja bahasa Jerman juga memiliki bentuk stem, yaitu bentuk dasar kata kerja setelah menghilangkan akhiran -en. Bentuk dasar dari “spielen” adalah “spiel”.

Baca Juga:  5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dengan Mudah

Untuk mengkonjugasi kata kerja, kamu harus menambahkan akhiran yang benar ke dalam kata dasar. Kalau kamu ingin mengatakan “I play”, kamu harus menambahkan akhiran -e. Sehingga kalimat menjadi “ich spiele” (yang dalam bahasa Inggris bisa diartikan juga “I am playing” atau “aku sedang bermain”). Untuk kata ganti lainnya (dia, kamu, mereka, dll), akan memerlukan akhiran kata kerja yang lain lagi.

Kalau tidak tahu cara mengkonjugasikan kata kerja dengan benar, orang Jerman mungkin tetap mengerti maksud perkataan kita, tapi akan terdengar aneh. Kata kerja bahasa Jerman membutuhkan akhiran yang lebih variatif dibanding bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris, kita hanya perlu menambahkan akhiran -s atau tanpa akhiran -s untuk mengekspresikan bentuk present tense : “I/they/we/you play” atau “he/she plays”.

Tapi dalam bahasa Jerman, setiap kata ganti orang yang berbeda akan diikuti akhiran kata kerja yang berbeda pula, misalnya : ich spiele (saya bermain), du spielst (kamu bermain), er/sie/es spielt (dia bermain), wir spielen (kami/kita bermain), ihr spielt (kalian bermain), maupun sie spielen (mereka bermain).

Perlu diperhatikan juga bahwa bentuk present tense dalam bahasa Jerman tidak dibedakan antara simple present dengan present continuous tense. Sehingga kalimat “ich spiele” bisa diartikan dengan “I play” maupun “I am playing”, tergantung konteks pembicaraannya.

Untuk penerapannya dalam kalimat present tense, perhatikan contoh penggunaan bentuk dasar “spiel” berikut ini

kata kerja bahasa jerman

•ich spiele = Ich spiele gern Basketball (saya suka bermain basket)
•du spielst = Spielst du Schach? (apakah kamu bermain catur?)
•er spielt = Er spielt mit mir (dia bermain denganku), er = dia, laki-laki

Baca Juga:  Ingin Kuliah di Jerman? Ini Biaya Kuliah di Jerman Dalam Rupiah

•sie spielt = Sie spielt Karten (dia bermain kartu), sie = dia perempuan
•wir spielen = Wir spielen Basketball (kami bermain basket)
•ihr spielt = Spielt ihr Monopoly? (apakah kalian bermain monopoli?)
•sie spielen = Sie spielen Golf (mereka bermain golf)

Masih banyak bentuk konjugasi dalam bahasa Jerman, misalnya future, past, maupun perfect. Tapi setidaknya ulasan tadi membuatmu paham maksud konjugasi pada kata kerja bahasa Jerman. Kalau kamu tertarik dengan bahasa Jerman, kamu bisa belajar bersama di Virtu Education.

Baca Juga:  5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dengan Mudah

Belajar di Virtueducation , kamu akan mendapatkan suasana belajar yang menyenangkan dengan fokus pada peningkatan kemampuan writing dan coversation.

Jadi, tunggu apalagi? Dapatkan informasi lengkapnya kunjungi Kami di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan atau bisa juga menghubungi Kami di  (021)-300-19-979, WA 0812-89-8000-26 atau kunjungi www.virtueducation.org.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *