Contoh Kata Kerja Bahasa Perancis

Posted on

Kata Kerja Bahasa Perancis – Bahasa Perancis adalah salah satu bahasa yang memiliki akar yang sama dengan bahasa-bahasa eropa lainnya. Dimana karena memiliki akar bahasa yang sama. Maka mereka sama-sama memiliki kemiripan. Seperti memiliki kata kerja berakhiran tertentu, memiliki kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan. Serta memiliki kata yang diklasifikasikan sesuai dengan jenis kelaminnya (feminim atau maskulin).

Seperti beberapa kesamaan dengan bahasa-bahasa eropa lainnya seperti Inggris, belanda dan jerman. Jika kata kerja berakhiran tertentu di dalam bahasa prancis, maka kemiripan utamanya dalam kata kerja bahasa inggris yang dalam regular verb memiliki akhiran tertentu. Sementara kata-kata yang berada dalam jenis klasifikasi feminim dan maskulin dalam bahasa perancis mirip dengan klasifikasi dalam bahasa jerman.

Kesamaan dan kemiripan ini jelas membuat kemudahan dalam belajar bahasa prancis. Anda tentu bisa memulai belajar kata kerja dalam bahaa perancis dimulai dari kata kerja yang berakhiran -er. Kemudian melanjutkan kata kerja berakhiran lain. Karena dalam tata bahasa prancis. Bahasa prancis memiliki sejumlah kata kerja berakhiran 4 jenis. Kata kerja ini berdasarkan pada pokok atau subyek kalimat yang menjadi subyek pernyataan.

Berikut daftar empat jenis bentk kata kerja dalam bahasa perancis:

Pertama, adalah kata kerja berakhiran -er. Dimana jika anda mempelajari kata kerja ini dapat memudahkan anda mempelajari kata kerja yang lainnya.
Kedua, adalah kata kerja berakhiran -ir.
Ketiga, adalah kata kerja berakhiran -re.
Keempat, adalah kata kerja berakhiran -oir.

Pada kesempatan kali ini akan memberikan contoh kata kerja bahasa perancis yang berakhiran -er. Anda pertama tama harus mendahului mengetahui lebih dulu subyek yang akan dibahas.

Pertama, je = aku atau saya
Kedua, tu = kamu atau kau
Ketiga, il = dia untuk laki-laki
Keempat, elle = dia untuk perempuan
Kelima, nous = kami atau kita
Keenam, vous = anda atau kalian
Ketujuh, ils = mereka untuk laki-laki
Kedelapan, elles = mereka untuk perempuan

Baca Juga:  Beasiswa Prancis S1 dan S2 Untuk Masyarakat Indonesia

Salah satu cara menerapkan kata kerja present tense dalam bentuk subyeknya adalah dengan menghilangkan akhiran -er yang lama dengan menggantinya yang baru: berikut contohnya:

Je regarde, tu regardes, il/elle regarde, nous regardons, vous regardez, ils/elles regardent, nous regardon la television (kami melihat televisi),

Travailler (bekerja atau belajar)= je travaille, tu travailles, il/elle travaille, nus travailllons, vous trabailez, ils/elles travaillent, je travaille au bureau (saya bekerja di kantor).

Nah selain kata kerja yang beraturan tetap seperti kata kerja -er. Yang dimana sangat mirip seperti kosakata dalam bahasa inggris yang kita sebut regular verb. Maka bahasa perancis juga memiliki kata kerja tidak beraturan atau biasa disebut irregular.

Seperti: aller (pergi atau akan)

Contoh penerapannya: je vais, tu vas, il/elle va, nous allons, vous allez, ils/elles vont, je vais au lycee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *