Keadaan Alam Jerman yang Menjadi Sumber Produktif

Posted on

Keadaan Alam Jerman – Jerman adalah rumah bagi salah satu ekonomi terbesar di eropa hingga dunia. Negara ini memiliki kekayaan sumber daya alam yang mencakupi dari batu bara hingga gas alam. Sumber daya alam adalah superb yang paling berkontribusi signifikan terhadap ekonomi nasional.

Hasil dari sumber daya alam telah diolah baik menjadi pembangkitan energi atau menyediakan bahan untuk ekspor. Revolusi industri yang terjadi di Jerman telah menandai dimulainya eksploitasi sumber daya alam secara intensif karena adanya perkembangan pemesinan.

Apa saja keadaan alam Jerman yang hingga kini telah dimanfaatkan hingga membangkitkan nilai ekonomi mereka? Berikut ini keadaan alam pada masing-masing wilayah di Jerman,
Baden-Wurttemberg

Wilayah ini adalah negara bagian yang terletak di barat daya Jerman dan memiliki area seluas 35.751 km2. Hutan adalah area yang sebagian besar terdapat di area ini ditambah dengan dana. Perpaduan kedua tersebut menjadi pemandangan yang indah. Danube merupakan danau terbesar kedua di eropa dan berada di wilayah ini.

Kota yang termasuk dalam wilayah ini adalah daerah pedesaan. Dilihat dari keadaan alamnya, industri pertanian dan kehutanan menghasilkan laba ekonomi paling besar di negara bagian ini.

Bavaria

Jika dilihat dari luasnya maka Bavaria adalah negara federal yang paling besar dengan luas wilayah 70.50 km2. Sejarah panjang meliputi wilayah ini dimana sempat diduduki oleh kekaisaran Romawi Suci. Lima puluh tahun yang lalu wilayah ini terkenal sebagai daerah pertanian.

Namun saat ini tidak lagi karena dikenal sebagai daerah paling maju di seluruh Eropa. Banyak sekali perusahaan teknologi dan industri yang bercokol di sini. Disisi lain Bavaria tidak kehilangan orisinalitasnya dan tetap menampilkan banyak keragaman. Keadaan alam pegunungan membuatnya sebagai tempat wisata.

Baca Juga:  7 Alasan Perekonomian Negara Jerman Sangat Kuat

Hamburg

Negara bagian yang memiliki luas 755 kilometer persegi ini menjadi rumah bagi 1,8 juta penduduk. Sebagai kota terbesar kedua di Jerman setelah Berlin, namanya terkenal sebagai pelabuhan terbesar di Eropa. Iklim yang terjadi di wilayah ini sangat dekat dengan massa udara Teluk yang berasal dari Laut Atlantik.

Pada saat musim panas akan terasa hangat dengan suhu sekitar 17 derajat Celcius. Pada saat musim dingin akan memiliki suhu sekitar 2 derajat. Kota ini menjadi pusat industri terkenal yang berkecimpung di bidang tembaga, kimia dan pembuatan kapal.

Lower Saxony

Negara bagian terbesar kedua di Jerman ini terletak di bagian barat laut. Ibukota yang beredar adalah Hannover dan tanahnya didominasi dari daratan jerman utara. Pada saat musim dingin di Lower Saxony tidak terlalu dingin semantara hari-hari musim panas akan terasa cukup hangat.

Curah hujan adalah sifat umum dari iklim mereka sepanjang tahun. Pertanian merupakan sektor ekonomi paling maju di negara ini. Berbeda dengan kebanyakan negara di Jerman. Lower Saxony juga kaya akan pemandangan alam yang indah dan menarik banyak wisatawan.

Mecklenburg-Vorpommern

Sebagai negara bagian yang cukup muda di Jerman, letaknya berada di bagian timur laut. Negara ini didirikan setelah Perang Dunia II ketika Sekutu Barat menyerahkan wilayah itu kepada Uni Soviet tahun 1946. Dan negara ini dibagi lagi setelah reformasi tahun 1952 untuk bersatu di tahun 1990. Saat ini Mecklenburg-Vorpommern adalah rumah bagi 1,6 juta penduduk.

Keadaan alam Jerman pada wilayah ini adalah bukit dan dataran rendah. Lebih dari 1.700 danau terdapat di wilayah ini. Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang paling maju, dimana garis pantai laut Baltik membentang sekitar 2.000 km.

Baca Juga:  2 Julukan Negara Jerman Yang Paling Mendunia

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *