Makna Trousseau dan Carre Pada Kebudayan Negara Perancis

Posted on

Kebudayan Negara Perancis– Setiap negara memiliki kebudayaan atau kebiasaan turun temurun, terlebih dengan kebudayaan atau tradisi pernikahan. Perancis juga demikian, memiliki tradisi pernikahan yang dilakukan hingga pada saat ini.

Perancis disebut sebagai kota romance karena memang memiliki banyak cerita romance pada tempat-tempat disana, hingga banyak tempat disana yang memiliki mitos banyak tentang tempat-tempat tertentu, dan pastinya mitos tentang hubungan percintaan.

Namun yang akan dibahas disini bukanlah segala bentuk mitos tentang cinta di perancis tetapi kebudayaan negara perancis tentang pernikahan. Wahhh ini salah satu kebudayaan yang sangat menarik untuk dibahas.

Tradisi atau kebudayaan negara Perancis dalam hal pernikahan ini masih dilakukan hingga saat ini, sehingga tak heran jika pernikahan disana selalu terlihat lebih romantis dibanding yang lain. Anda pasti sering terkagum-kagum melihat gaun pengantin pada pernikahan orang perancis, terlebih jika mereka menikah di gereja-gereja atau juga di kastil tua di Perancis, gaun pengantin wanita menjadi sorotan paling utama bukan?

Lalu ada apa dengan gaun pengantin wanita di Perancis? Apakah ada kaitannya dengan kebudayan Perancis? Ya benar, gaun tersebut adalah bagian dari kebudayan negara Perancis, bukan hanya semata kemewahan dan fashion.

Ternyata menurut kebudayan Perancis, pernikahan itu bukan dimulai ketika mereka bersumpah didepan pendeta untuk sehidup semati, tetapi dimulai dari persiapan memilih gaun. Trousseau atau gaun adalah salah satu simbol penting dalam pernikahan orang Perancis. Jadi pemilihan trousseau itu tidak hanya sekedar cantik dan sangat pas pada body pengantin, tetapi juga memiliki makna-makna tertentu.

Setiap trousseau yang dirancang, memiliki makna-makna tersendiri. Jadi setiap lekukan, jahitan pada trousseau tersebut sesuai dengan doa-doa dan harapan dari pengantin dan keluarga. Jadi memang trousseau tersebut tidak asal dijahit atau dirancang sesuka hati.

Baca Juga:  Mengenal Posisi Menteri Pendidikan Prancis

Lalu satu lagi yang menjadi kebudayaan negara Perancis dalam pernikahan adalah Carre. Apakah anda tahu apa itu carre? Sebuah kanopi yang berbahan sutera, yang diduduki oleh pengantin saat pemberkatan di gereja. Dan ternyata carre ini juga bukan hanya semata sebuah kemewahan atau dekorasi pernikahan, ternyata carre ini memiliki makna suapaya pernikahan kedua pengantin dijauhan dari godaan-godaan setan sehingga pernikahan mereka awet hingga ajal memisahkan.

Dan uniknya lagi, ternyata selesai pemberkatan pernikahan carre ini tidak dibuang atau tidak terpakai lagi selamanya, atau juga tidak bisa di berikan kepada pengantin lainnya yang hendak menikah. Carre ini harus disimpan baik-baik oleh pengantin, jadi ketika mereka punya anak carre ini akan dipakai lagi ketika anak mereka dibaptis digereja.

Dan ini juga akan dipakai setiap mereka membawa anak mereka ke gereja untuk dibaptis. Jadi carre ini tidak bisa hilang, sehingga orang Perancis menyimpan dan merawat baik-baik carre tersebut.

Itulah makna trousseau dan carre ,kebudayan negara perancis pada pernikahan yang sangat unik dan masih dilakukan hingga saat ini. Jadi ketika anda melihat pernikahan orang Perancis, anda sudah bisa mengetahui makna-maknanya tersebut.

Sekian untuk kebudayan perancis dalam pernikahan, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *