Fungsi Kedutaan Perancis Secara Umun Di Indonesia

Posted on

Kedutaan Perancis – Setiap negara yang memiliki hubungan kerja dengan negara lain, sudah dipastikan bahwa negara tersebut memiliki duta dinegara masing-masing.

Demikian dengan Indonesia yang memiliki hubungan bilateral dengan negara Perancis, Kedutaan Perancis ada di Indonesia yaitu kedutaan yang berada di Jakarta sebagi ibu kota negara, dan sebaliknya kita juga memiliki duta besar di Perancis.

Lalu yang menjadi banyak pertanyan adalah, apa manfaat atau fungsinya kedutaan Perancis di Jakarta atau kedutaan Indonesia ada di Perancis, simak berikut ini.

1. Penyampaian/ Pemberi Informasi Paling Terpercaya

Ada banyak hubungan kerja kita dengan Perancis, salah satunya dalam ekonomi dan pendidikan. Ekonomi dan pendidikan ini juga melibatkan banyak hal, sehingga butuh informasi yang lebih terpercaya dan asalnya itu adalah dari kedutaan.

Jadi kedutaan itu adalah perwakilan dari satu negara yang dipercayakan untuk memberikan informasi tentang negara lainnya yang terikat hubungan kerja sama atau hubungan bilateral.

Dalam bidang Pendidikan, Perancis memiliki beasiwa yang ditujukan untuk mahasiwa Internasional, dan informasi itu diberikan oleh kedutaan, apa yang menjadi persyaratan berada di negara mereka dan dokumen apa yang harus anda miliki.

Dan bagaimana keamanan mahasiswa Indonesia yang berada di Perancis, atau juga para pekerja Indonesia yang ada di Perancis, semuanya itu ada dibawah naungan kedutaan.

Sehingga selalu disarankan ketika memasuki negara tertentu, yang pertama sekali kita lakuan adalah melapor ke kantor kedutaan Indonesia di negara tersebut. Tujuannya adalah supaya keamanan kita di negara tersebut sudah dijamin.

2. Membina Hubungan Yang Baik

Dalam setiap hubungan tentunya tidak selalu berjalan dengan baik, akan ada timbul masalah-masalah yang tidak terduga. Itulah fungsi dari kedutaan itu sendiri. Misalnya ada sebuah masalah yang melibatkan warga negara Indonesia di Perancis.

Baca Juga:  9 Ciri Khas Negara Jerman, Adakah Yang Belum Kamu Ketahui?

Atau warga negara Perancis di Indonesia, dan masalah tersebut menjadi cukup rumit dan peran kedutaan Perancis di Jakarta memperbaiki hubungan tersebut, supaya tidak berdampak negatif terhadap hubungan kerja sama yang telah dibuat.

3. Memprsentasikan Negara Asal

Hal ini sangat berdampak pada ekonomi dalam sektor pariwisata, karena kedutaan berhak mempersentasikan seperti apa negara mereka, apa yang menjadi keunggulan-keunggulan yang dimiliki negara tersebut, dan bisa juga membagikannya supaya negara lain bisa mengambil nilai-nilai positif untuk membenahi negaranya sendiri.

Dan juga seperti tenaga kerja yang dibutuhkan, univeristas yang terbaik, dan objek wisata terbaik, semua di presentasikan secara menyeluruh oleh kedutaan Perancis di Indonesia dan juga kedutaan Indonesia yang ada di perancis.

4. Menjaga Kepentingan Negara Asal

Pastinya semua harus berjalan sesuai dengan kesepakatan hubungan kerja yang telah dibuat, namun terkadang tidak berjalan dengan baik dengan semestinya, jadi fungsi kedutaan adalah mencari solusi bagaimana supaya masalah tersebut tidak merugikan negaranya sendiri.

Sekian untuk fungsi kedutaan Perancis di Jakarta dan kedutaan Indonesia di Jakarta secara umum, semoa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *