kehidupan di jerman

Mengitip 10 Gambaran Kehidupan di Jerman yang Unik

Posted on

Kehidupan di Jerman – Jerman merupakan salah satu negara di benua Eropa yang ramai sekali didatangi oleh pendatang baru dari berbagai belahan dunia. Tidak heran karena Jerman menjadi salah satu negara di Eropa yang sangat menarik dari sisi wisata, kuliner, bahkan pendidikan.

Berbicara mengenai pendidikan, di Jerman merupakan salah satu negara yang sangat direkomendasikan jika Anda ingin melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi, khususnya jika Anda tertarik dengan ilmu yang berhubungan dengan sains.

10 Gambaran Kehidupan di Jerman

gambaran kehidupan di jerman
Kualitas pendidikan di Jerman tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti lulusan dari universitas di Jerman banyak yang menghasilkan karya yang sangat baik. Bagi Anda yang tertarik ke Jerman sekedar untuk liburan atau melanjutkan pendidikan mungkin penasaran dengan kehidupan di Jerman sehari-hari.

Berikut ini adalah informasi mengenai kehidupan di Jerman yang banyak dilakukan oleh masyarakat disana.

1. Banyaknya jumlah pengguna sepeda dibandingkan dengan pengguna mobil

Di Eropa termasuk di Jerman, sepeda merupakan alat transportasi yang menjadi favorit bagi masyarakat di sana. Pada saat musim semi, musim panas, bahkan musim gugur, banyak masyarakat Jerman yang lebih memilih menggunakan sepeda daripada menggunakan mobil.

Sejauh apapun jarak yang mereka tempuh tetap saja sepeda menjadi andalan mereka untuk mengunjungi tempat yang ingin dituju. Tidak heran jika masyarakat di Jerman sangat sehat karena mereka terbiasa bersepeda setiap hari. Tidak peduli seberapa tinggi jabatan mereka di kantor tetap sepeda menjadi transportasi utamanya.

2. Tidak adanya Asisten Rumah Tangga (ART)

Di Indonesia, bagi para Ibu Rumah Tangga yang disibukkan dengan kerjaan di Kantor bisa mengandalkan Asisten Rumah Tangga untuk membantu mereka dalam mengurus keperluan rumah bahkan sampai mengurus anak. Berbeda dengan kehidupan di Jerman, disana jarang sekali ditemui Asisten Rumah Tangga karena upah mereka di sana sangat mahal.

Oleh sebab itu, sesibuk apapun pekerjaan disana tetap urusan rumah tangga dikerjakan sendiri. Pada umumnya masyarakat Jerman menggunakan akhir pekan untuk membersihkan rumah mereka. Tetapi, ada juga sebagian masyarakat Jerman yang membayar orang untuk membersihkan rumah mereka tetapi hanya datang seminggu sekali dan durasi mereka bekerja hanya sekitar 2-3 jam saja.

Baca Juga:  4 Cara Memilih Tempat Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

3. Masyarakat di Jerman jarang mandi

Ini mungkin terdengar aneh bagi kita yang terbiasa mandi sehari 2 kali secara rutin di Indonesia. Tetapi, kebiasaan mandi yang jarang menjadi hal yang biasa bagi masyarakat disana karena di Jerman udaranya lebih dingin dan lebih bersih sehingga kebiasaan mandi tidak perlu dilakukan secara rutin.

Selain itu, udara di Jerman lebih kering daripada di Indonesia sehingga jika sering mandi kulit akan menjadi kering. Oleh karena itu, rata-rata orang Jerman akan mandi sebanyak 2 hari sekali.

4. Untuk urusan makanan di Jerman cukup praktis

Anda jangan kaget ketika berada di Jerman masyarakat disana jarang sekali masak dalam sehari. Karena pada umumnya mereka hanya memasak untuk makan siang saja. Jadi ketika sarapan dan makan malam biasanya mereka hanya memakan roti. Bagi masyarakat Jerman, memasak makanan 3 kali sehari itu cukup membuat repot sehingga mereka memasak pada siang hari.

Selain itu, makan siang di Jerman juga sangat sederhana, seperti kentang, sosis, salad, dan lain-lain. Masyarakat di Jerman tidak terlalu suka makan seperti orang Indonesia. Bagi mereka makan adalah untuk mengisi perut saja supaya tidak kosong dan ada tenaga untuk melakukan aktivitas.

5. Sangat menyukai menghabiskan waktu di Taman

Masyarakat di Jerman jika ingin menghabiskan waktu luang untuk bersantai-santai biasanya mereka memilih pergi ke taman daripada ke Mall. Di Jerman, istilah Mall sangat jarang dipakai, melainkan diganti dengan daerah untuk pejalan kaki terbuka dan di sebelah kanan kirinya banyak terdapat toko. Masyarakat Jerman biasanya ke Mall ketika hanya ingin berbelanja kebutuhan bukan untuk berjalan-jalan.

6. Banyak menjumpai vending machine

Beda dengan Indonesia, di Jerman Anda akan lebih sering menemukan vending machine. Uniknya, vending machine di Jerman tidak hanya berisi minuman kaleng, coklat, atau minuman, melainkan berisi
makanan siap saji seperti berbagai jenis sosis.

7. Boleh membawa kendaraan dengan kecepatan berapapun

Di Jerman, Anda akan sering menjumpai rambu yang berwarna putih dengan tanda garis hitam miring. Tanda tersebut memiliki makna tidak ada batas kecepatan. Beberapa jalan di Jerman memperbolehkan para pengendara untuk bebas mengendarai kendaraannya dengan kecepatan berapapun. Wow tentu saja dalam hal ini kehidupan di Jerman berbeda ya dengan di Indonesia.

Baca Juga:  Tempat Wisata Paling Keren di Ibukota Jerman

8. Sangat disiplin dan tepat waktu

Siapa bilang budaya tepat waktu dan disiplin yang tinggi hanya dipegang oleh negara Jepang? Di Jerman, kebudayaan yang satu ini sudah menjadi darah daging.

Jika mereka mengatakan “2 menit lagi kita akan berangkat” kenyataannya memang seperti itu. Sehingga di Jerman Anda tetap harus memperhatikan tiap menit yang Anda lalui.

9. Sangat senang menonton pertandingan bola

kehidupan di jerman sebagai mahasiswa

Di Jerman, jika tim negara mereka akan bermain melawan tim dari negara lain maka mereka akan menontonnya secara beramai-ramai di rumah atau di bar.

Jangan kaget ketika sedang berlangsung pertandingan bola tim negara mereka maka kota akan terlihat sepi. Itu karena masyarakat Jerman sedang mempersiapkan diri untuk melihat tim kesayangan mereka yang akan bertanding.

10. Hobi berjalan kaki

Selain bersepeda, masyarakat di Jerman sangat senang sekali berjalan kaki. Oleh karena itu, orang Jerman sangat sehat-sehat dan umur mereka lebih panjang dibanding orang belahan negara lainnya. Didukung pula dengan udara di Jerman yang masih dingin dan bersih menjadikan jalan kaki suatu kegiatan yang bisa mengasyikkan.

Itulah beberapa informasi mengenai kehidupan di Jerman. Sangat unik dan menarik sekali ya, kebudayaan mereka cukup berbeda dengan kita yang tinggal di Indonesia. Mengetahui gambaran kehidupan di Jerman dapat menambah wawasan Anda. Selain itu, bagi Anda yang tertarik untuk pergi ke Jerman tentu saja penting untuk Anda mengetahui bagaimana kehidupan di Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *