Cara Kerja di Jepang Sesuai Prosedur

Posted on

Kerja di Jepang –¬†Pernahkah anda terbayangkan untuk bisa kerja di jepang? Yapz, di negara matahari terbit yang selalu menjadi impian banyak orang untuk kuliah dan kerja di jepang. Terbentang banyak pengalaman dan juga ilmu-ilmu yang tidak bisa didapatkan ketika bekerja di Indonesia.

Ketika anda bekerja di jepang, maka anda akan masuk ke dalam sistem kerja yang berbeda dengan di Indonesia, di jepang orang-orang akan bekerja lebih keras, lebih disiplin dan aturan-aturan publik yang jauh lebih ketat dan tentunya lebih teratur.

Sistem penggajian yang ada di jepang pun tentunya berbeda dengan sistem penggajian yang ada di Indonesia. Jika dirupiahkan memang mata uang yen tidaklah terlalu besar, tetapi rata rata gaji yang diberikan bagi eksptariat maupun tenaga kerja Indonesia yang kerja di jepang jauh lebih tinggi ketimbang gaji normal di Indonesia.

Selain itu, kerja di jepang juga akan memberikan jaminan sertifikasi yang baik bagi masa depan anda ketika anda memutuskan pulang ke Indonesia. Misalnya setelah bekerja di pabrik di jepang, bekerja di institusi akademik di jepang atau menjadi perawat di jepang, maka anda biasanya akan mendapat nilai tambah ketika pulang ke Indonesia.

Kenapa bisa begitu? Karena pola pikir orang Indonesia bagi mereka yang sudah kerja di jepang akan mendapat sisi sisi positif dari budaya kerja orang jepang. Ketika kerja di jepang, anda akan ikut aturan aturan publik jepang yang terkenal dengan keteraturannya.

Mialnya jam kereta api maupun trem yang sangat disiplin, jam kedatangan kantor dan pulang kantor juga disiplin serta tekanan kerja yang berat dan disesuaikan dengan sistem penggajian yang ada, tentunya akan membuat anda mempunyai nilai lebih dibandingkan bekerja di negara lain.

Baca Juga:  Cara Kuliah di Jepang dengan Mudah

Misalnya jika anda bandingkan dengan sistem kerja di jepang dengan sistem kerja di jerman. Jika di jepang, anda bisa masuk langsung dari Indonesia untuk bekerja di sektor-sektor industri, pendidikan atau sektor jasa secara langsung, maka di jerman anda harus mengikuti program magang terlebih dahulu.

Proses pemagangan yang ada di jerman ini dinamakan ausbildung yang bertujuan menjadi adaptasi bagi anda yang ingin masuk ke industri industri di jerman. Sistem ausbildung ini menjadi semacam transisi dari anda yang lulusan sekolah menengah atau sarjana, kemudian mengikuti transisi sistem kerja di jerman dan baru bisa masuk ke dalam sistem industri jerman.

Program ini mendapat pengeculian untuk dunia akademik yang biasanya merekrut dosen-dosen dari negara uni eropa langsung menjadi pengajar di kampus-kampus disana . tetapi anda perlu paham, bahwa sistem pendidikan di jerman sangatlah berkualitas dan berat, itu berarti jerman hanya menarik dosen-dosen berkualitas untuk mengajar di kampus-kampus mereka.

Lalu bagaimana dengan sistem kerja di jepang? Jepang jauh lebih mudah secara administratif dan juga jauh lebih secara proses, jika dibandingkan keseluruhannya dengan cara kerja di jepang. Jepang menerima proses transfer pekerja pekerja di bidang keperawatan secara government to governement dan busisness to business, ini artinya pemerintah jepang dan Indonesia mempunyai kerjasama untuk mengirim perawat secara tetap setiap tahunnya.

Kerjasama ini didasari semakin sedikitnya pekerja usia produktif di jepang dan meningkatnya warga jepang berusia lanjut usia, sehingga membutuhkan perawat pekerja di segala bidang, baik di rumah tinggal maupun di rumah sakit. Selain perawat, pekerja-pekerja dari Indonesia seperti guru, pegawai industri, tambang minyak hingga swasta juga mudah untuk bekerja di jepang.

Baca Juga:  Belajar Huruf Jepang

Cara kerja di jepang sesuai dengan prosedur bisa diawali dengan memasukkan aplikasi via kantor ketenagakerjaan, kedutaan besar jepang (jika membuka lowongan), atau mengikuti seleksi sistem kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah jepang, atau jika ada perusahaan anda yang ingin mengirim anda ke jepang juga bisa.

Cara selanjutnya adalah mengurus visa kerja di kedutaan besar di jakarta atau konsulat jenderal jepang di surabaya dan juga medan. Visa kerja ini bisa anda dapatkan melalui perusahaan anda atau anda mengurusnya sendiri. Jika anda bekerja di jepang melalui perusahaan anda maka lebih disarankan untuk mengurus visa kerja melalui perusahaan anda.

Jika anda bingung untuk memulai proses visa atau proses bekerja di jepang, anda bisa mencari bantuan dari konsultan pendidikan yang juga berpengalaman dalam membantu banyak orang untuk kerja di jepang. Konsultan pendidikan yang berpengalaman mendampingi mahasiswa indonesia kuliah dan kerja di jepang, atau para pekerja yang ingin bekerja di jepang adalah Virtu Education.

Virtu education adalah konsultan pendidikan untuk kuliah di jepang, kuliah di eropa, atau kerja di jepang dan juga kerja di eropa. Virtu education akan membantu anda menyelesaikan urusan administrati sesuai dengan prosedur yang legal, baik dan juga terurus hingga proses anda berangkat dan diterima di jepang.

Anda bisa membuka website Virtu Education di: www.virtueducation.org untuk mendapatkan bantuan pendampingan kerja di jepang secara menyeluruh dan bahkan dimulai dari nol bagi mereka yang belum tahu sama sekali prosesnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *