3 pilihan Kerja di Jerman

Posted on

Kerja di Jerman – Bagi kamu anak muda yang ingin mencari pengalaman bekerja atau tertarik dengan kehidupan masyarakat Jerman, tentu akan lebih jika datang ke negara tersebut secara langsung. Sambil belajar mengenai bahasa atau kebudayaan di Jerman, kamu bisa mencari kerja di Jerman.
Berikut ini adalah beberapa jenis kerja di Jerman yang cocok bagi anak muda berusia 20 tahunan. Namun, pekerjaan berikut bukan pekerjaan yang menjanjikan secara gaji atau pun tingkatan karir. Ini hanya untuk pengalaman saja, ya.

1. Ausbildung

Ausbildung merupakan sejenis kerja magang yang diberikan kepada anak muda berusia 18 tahun sampai 27 tahun. Seorang azubi (sebutan untuk pekerja aurbildung) bukan tergolong sebagai pekerja sosial, melainkan berstatus sebagai berufschule(sebuah jenjang pilihan pendidikan di Jerman).

Pendidikan jenjang khusus berufschule adalah sebuah jenjang pilihan yang memungkinkan jadwal belajar di dalam kelas hanya dua hari saja. Sementara itu, tiga hari lainnya dapat digunakan untuk bekerja atau magang di perusahaan tertentu.

Dengan arti lain, pekerjaan yang nantinya diambil akan berbeda-beda sesuai minat setiap orang dan keberuntungannya untuk diterima. Oleh karena itu, ausbildung bisa jadi pilihan paling menguntungkan.
Hal itu karena selain mendapat pendidikan, azubi juga akan mendapatkan gaji sebanyak 370 euro setiap bulannya. Gaji tersebut akan naik 10% setiap tahunnya.

Seperti magang pada umumnya, sertifikat kerja sebagai ausbildung juga akan sangat berguna sebagai portofolio. Bahkan, sertifikat ausbildung tersebut bernilai sekala internasional di wilayah Eropa.

2. Aupair

Aupair dapat dikatakan sebagai sebuah pertukaran budaya bagi anak muda di atas 18 tahun hingga 26 tahun. Walaupun dapat disebut sebagai sebuah pertukaran budaya, tetapi yang sebetulnya adalah hanya anak muda dari negara lain yang belajar kebudayaan Jerman.

Baca Juga:  Tips Belajar Bahasa Jerman Sehari-hari Tanpa Kursus

Aupair juga menyerupai homestay, yang memungkinkan seseorang untuk tinggal bersama sebuah keluarga atau gast familie di negara Jerman. Nantinya, seluruh kebutuhan hidup seperti makan, tempat tidur, dan asuransi kesehatan akan ditanggung oleh keluarga tersebut.

Sebelum berangkat ke Jerman, bisanya seorang aupair juga akan mendapatkan fasilitas untuk les belajar bahasa Jerman dasar. Tentu akan menjadi lebih mudah jika kamu sudah mengenal dasar bahasa Jerman dan berniat memperdalamnya di sana.

Selain fasilitas les bahasa, pekerja aupair juga akan memperoleh uang saku sebesar 260 euro setiap bulan.
Karena alasan tersebut, banyak orang yang memilih aupair untuk kerja di Jerman sambil belajar bahasa Jerman.
Tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh seorang aupair terbilang sangat ringan. Karena biasanya gastfamilie yang menerima aupair sudah memiliki anak kecil, maka tugas aupair tidak akan jauh dari kebutuhan anak-anak, seperti mengantar sekolah, menyiapkan makanan anak-anak, menemani saat bermain, dan membersihkan tempat anak.
Karena konsepnya seperti homestay, tentu ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan, sama seperti di dalam rumah orangtua sendiri. Misalnya, kita juga harus membersihkan lantai atau halaman.

Yang jelas, pekerjaan aupair tidak sama dengan apa yang ditangani oleh pembantu rumah tangga. Semuanya hanya hal-hal yang berhubungan dengan anak dan bukan mengenai orangtuanya.

3. Freiwilliges Soziales Jahr

Freiwilliges Soziales Jahr atau disingkat FSJ adalah jenis kerja di Jerman dalam bidang sosial. Sebenarnya ada banyak cabang yang tergolong FSJ ini, namun khusus untut auslander atau seseorang yang berasal dari luar Jerman, hanya tersedia dua pekerjaan FSJ ini, yaitu pelayan di panti jompo dan pelayan bagi anak disabilitas.

Seseorang yang bekerja FSJ ini akan diberi fasilitas tempat tinggal di luar panti atau tempat bekerjanya. Para pekerja sukarela ini akan digaji sebesar 300 euro hingga 500 euro setiap bulannya.

Baca Juga:  Syarat Utama Diterima Sebagai Mahasiswa Kampus Di Jerman

Nantinya, pekerja FSJ juga akan memiliki kartu identitas khusus yang dapat digunakan untuk masuk musem atau wisata di sana secara gratis. Ada juga fasilitas mengikuti 25 kali seminar di Jerman atau di negara sekitar Jerman, dan tentu saja akan diberi biaya asuransi kesehatan bulanan.

Itu tadi adalah beberapa kerja di Jerman yang cocok bagi anak muda. Kamu bisa mendapatkan informasi lebih banyak di laman virtueducation.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *