4 Aplikasi Cara Kompres Foto Tanpa Ribet

Posted on

Kompres Foto –¬†Penahkan anda dalam urusan berkas administrasi kantor diminta untuk mengupload foto dengan persyaratan tertentu? Seperti resolusi foto harus sekian-sekian, file dengan ukuran maksimal sekian-sekian. Sementara foto yang anda punya, adalah foto terbaik dari studio foto atau kamer DSLR yang mampu memberikan foto terbaik anda tetapi memiliki ukuran yang sangat besar. Lalu anda pusing bagaimana mengupload foto sesuai dengan permintaan berkas tadi? Jangan khawatir, semua ada solusinya yaitu kompres foto tanpa ribet.

Cara kompres foto secara sederhana bekerja dengan mengecilkan (resize) foto pada bagian ukuran filenya saja tanpa mengecilkan resolusi foto itu sendiri, jadi foto yang anda punya tetap memiliki kualitas terbaik tetapi dengan ukuran yang kecil. Ini sama seperti sebuah logika bahwa apel anda yang berkualitas bagus dapat diperkecil dan dimasukkan ke dalam gelas, bisa dipahami ya?

Kebutuhan kompres foto sendiri merupakan kebutuhan utama di dunia digital administrasi bisnis, mengapa demikian? Pertama-tama anda harus mengetahui bahwa file file foto yang berukuran besar dalam kapasitas, tentunya akan memenuhi ruang yang banyak, apalagi jika anda bekerja menjadi hrd atau tim yang mengumpulkan data. Kalikan saja berapa banyak foto memenuhi ruang hard disk komputer atau penyimpanan eksternal anda, tentu sangat memakan tempat bukan?

Nah, ini menjadi jawaban kenapa setiap aplikasi wawancara, beasiswa, ataupun program-program seleksi selalu melampirkan persyaratan untuk mengupload foto dengan ukuran kecil dan tetap mempertahankan resolusi yang tinggi. Yang dimaksud dengan mempertahankan resolusi tinggi adalah, ketika foto anda telah diperkecil ukurannya, resolusi gambar tetap bagus, cirinya ketika gambar diperbesar tidak pecah, dalam artian pixel gambar tetap baik.

Cara kompres foto ini harus anda kuasai, karena selain kebutuhan untuk banyak melakukan mengecilkan ukuran foto untuk kepentingan administrasi seperti yang telah disebutkan di atas. Pengetahuan atas cara kompres foto akan menghemat biaya anda, ketimbang harus ke tempat servis atau jasa layanan digital yang tentunya akan membuat anda kehilangan sepuluh ribu atau dua puluh ribu.

Baca Juga:  Tiga Aplikasi Penguat Sinyal di Pasaran

Ya kalau sekali dua kali tidak apa apa, bagaimana jika puluhan kali? Tentunya akan membuat kantong anda jebol bukan? Padahal kan mempelajari aplikasi kompres foto di internet sangat mudah dan tidak memerlukan pengetahuan khusus. Biasanya hanya soal upload dan download saja, teknologi telah begitu maju dan memudahkan kita semua.

Kompres foto atau biasanya disebut dengan kompres gambar, bisa dilakukan melalui website online, jadi anda tidak perlu mendownload software khusus di laptop, netbook atau komputer anda. Selain memudahkan pekerjaan anda dengan cepat, mendownload sofware foto atau aplikasi memperkecil ukuran foto di komputer anda bisa membuat komputer anda lemot karena terlalu banyak software-software yang hanya sekali pakai.

Cara kompres foto dengan menggunakan aplikasi kompres foto bisa anda lakukan jika anda terhubung dengan internet, selain itu, cobalah siapkan beberapa foto terbaik anda dalam folder khusus. Kenapa dalam folder khusus, karena ini akan memudahkan anda nantinya ketika harus mengupload foto ke dalam website aplikasi mengecilkan ukuran foto tanpa harus ribet-ribet mencari kesana-kemari dalam proses browse.

Setelah menyiapkan foto untuk kompres foto dengan aplikasi kompres foto, beberapa hal yang mesti anda pahami, bahwa sebelum kompres foto anda bisa cek ukuran foto dengan men-set foto agar bisa dilihat kapasitasnya dengan klik kanan atau langsung dilihat di folder, biasanya kebanyakan foto bagus mempunyai kapasitas 300 mega byte ke atas. Beberapa foto dengan resolusi bagus akan mempunyai kapasitas 500 mega byte ke atas.

Setelah proses kompres foto nantinya, anda harus melihat kapasitas foto hasil kompres gambar, jika mengalami penurunan, berarti proses anda berhasil, anda bisa langsung cek kualitas resolusi gambar apakah berubah atau tidak. Karena biasanya aplikasi memperkecil ukuran foto yang bagus dapat menurunkan/ kompres gambar dari ratusan mega byte menjadi hanya seratus mega byte saja, dengan resolusi yang tetap sama.

Baca Juga:  Lima Cara Menulis Footnote untuk Karya Ilmiah

Nah, berikut beberapa aplikasi mengecilkan ukuran foto yang bisa anda coba dengan tetap memastikan komputer, notebook atau laptop anda sudah tersambung dengan internet:

Pertama, aplikasi memperkecil ukuran foto bernama Riot, anda bisa mengaksesnya di http://luci.criosweb.ro/riot, aplikasi ini merupakan kepanjangan dari nama Radical Image Optimization Tools. Karena dinamakan radikal, maka aplikasi kompres gambar ini bisa mengkompres langsung sesuai dengan keinginan anda sampaik file terkecil. Tools tools dan penampilan website yang disediakan pun sangat sederhana, mudah dipahami oleh orang-orang baru dan tentunya tidak merepotkan anda harus tanya kesana kesini.

Kedua, aplikasi kompres gambar bernama JPEGMini, sesuai ukuran dan namanya, aplikasi ini mampu mengkompres foto dengan ekstensi JPEG dan membuatnya mini. Kelebihan aplikasi ini mampu mengkompres foto hingga 70% lebih dari file aslinya dengan tetap memberikan pixel resolusi yang tinggi. Sehingga hasil kompres gambar tidak akan rusak ketika diperbesar, diupload di media sosial, website ataupun anda upload ke website seleksi beasiswa atau kantor. Anda bisa langsung mengunjungi website aplikasi kompres foto ini ke: www.jpegmini.com

Ketiga, aplikasi mengecilkan ukuran foto bernama PNGGauntlet, nah, sesuai dengan namanya juga, aplikasi kompres foto ini akan menghasilkan gambar donwload berekstensi PNG, tetapi input foto bisa berekstensi PNG, JPEG atau yang lain-lain. Kelebihan utama yang ditawarkan aplikasi kompres foto ini adalah sangat mudah bagi pemula karena memiliki beragam tools tools yang bisa anda coba sesuka hati. Tampilan websitenya pun ringan dan anti ribet club. Anda bisa mengunjungi langsung websitenya di: www.pnggauntlet.com. sayannya, jika anda ingin menggunakan aplikasi ini harus sudah memperbaharui aplikasi microsoft framework 4.0

Keempat, aplikasi kompres foto bernama Kraken.Io. Namanya mungkin diambil dari legenda mitos lautan dalam film Pirates anda Caribbean, hehe. Tapi fokus utamanya bukan disitu, karena aplikasi kompres foto Kraken ini memiliki segudang multiguna bagi anda. Aplikasi kompres gambar ini, mampu input dengan segala jenis ekstensi baik jpeg, png, daan bahkan gif, dan kemudian memberika hasil ouput yang bisa mempertahankan kualitas gambar dengan tetap baik.

Baca Juga:  Mengenal Jurusan Aktuaria yang dibutuhkan dunia kerja

Selain itu, ada dua jenis teknik kompres foto yang ditawarkan Kraken, yang pertama adalah kompres foto dengan tetap mempertahankan resolusi gambar, biasanya teknik kompres foto ini digunakan untuk kompres gambar formal untuk lamaran kerja, upload website perusahaan hingga seleksi kerja. Dimana anda hanya diminta mengkompres gambar dalam ukuran saja, dengan tetap mempertahankan kualitas gambar, teknik ini dinamakan Lossless.

Sementara teknik kedua, yaitu mengkompres foto dengan memperkecil ukuran foto, sekaligus memperkecil ukuran resolusi pixel, biasanya teknik ini digunakan bagi anda yang mendesain website atau blog agar gambar bisa mengecil baik ukuran dan resolusi agar loading website anda bisa cepat ketika diakses. Teknik ini dinamakan lossy.

Anda bisa langsung mengunjungi websitenya Kraken untuk mencobanya langsung di: https://kraken.io/web-interface. kabar baiknya adalah, Kraken bisa dipasang menjadi tools di google chrome dan mozilla frefox sehingga memudahkan bagi anda yang sehari hari berkutat dengan kompres foto atau kompres gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *