Konten Adalah

Konten Adalah, Pengertian dan Peranannya dalam Marketing

Posted on

Konten Adalah – Konten akhir-akhir ini menjadi kata yang sudah tidak asing lagi dan sering diucapkan dalam ranah bisnis. Apa sih sebenarnya konten itu? Perkembangan teknologi dalam media adalah penyebab konten kini menjadi sangat penting. Mudahnya seseorang untuk mendapatkan informasi melalui media sosial atau berita melalui perangkat elektronik melahirkan banyak konten.

Baca juga : Mau Belajar Cara Membuat Blog? Ikuti 7 Langkah Mudah Ini

Daripada bingung tentang apa itu konten, yuk pelajari pengertiannya disini dan seperti apakah peranannya dalam dunia marketing.

Pengertian Konten Adalah Secara Umum

Apabila dilihat secara umum, dari KBBI konten adalah sebuah informasi yang bisa didapatkan masyarakat melalui media atau bisa juga produk. Sedangkan artinya dari Wikipedia, konten berasal dari bahasa Inggris yaitu content. Arti yang disampaikan oleh Wikipedia juga tak jauh berbeda yaitu informasi yang disampaikan melalui media bisa juga produk-produk elektronik.

Ada berbagai macam jenis media elektronik yang digunakan seperti televisi, konferensi, internet, radio, dan media lainnya. Jadi bisa dibilang bahwa konten adalah informasi apapun yang kita peroleh dari media. Konten sudah sejak lama kita peroleh, namun istilahnya baru booming akhir-akhir ini.

Arti konten lainnya adalah istilah yang digunakan untuk membedakan genre sebuah informasi sehingga memudahkan pembuatannya yang akan menjadi nilai tambah. Isi dari konten bukan sekedar memberikan informasi yang menghibur tetapi juga untuk menawarkan sebuah produk.

Bentuk dari konten yang disampaikan sangat bervariasi tergantung dengan jenis namun ada dua jenis yang pasti yaitu audio, teks dan juga gambar. Pada perkembangannya ketiga jenis tersebut lebih bervariasi lagi menjadi infografis, podcast, game, meme, kutipan, tutorial, dll. Misalnya saja media seperti Instagram, konten disajikan dalam bentuk gambar atau video dengan audio ditambah teks.

Peranan Konten dalam Marketing Online

Dalam ranah marketing online modern ini, Konten Adalah sangat vital. Sebuah konten bisa menciptakan konsumen pada produk tertentu. Hal ini menjadikan konten marketing begitu banyak dibutuhkan. Pengertian konten marketing menurut Forbes adalah salah satu strategi dalam marketing. Strateginya adalah membuat konten serta menyebarluaskannya, isinya harus bernilai dan memiliki relevansi.

Baca Juga:  Apa itu seo? Mengenal Strategi Pemasaran di Internet

Konten juga harus disebarkan secara konsisten supaya bisa menarik perhatian. Jadi konten bukanlah menyediakan informasi untuk audien yang membutuhkannya saja. Jika pengertian ini diterapkan dalam marketing, maka ada begitu besar peranan konten di dalamnya. Konten mampu memiliki peran penting dalam tahapan marketing seperti berikut:

1. Menyadarkan audien tentang sebuah produk

Dengan adanya konten, audien yang tadinya tidak mengetahui tentang produk baru menjadi tahu. Bukan sekedar memberitahu tetapi juga menyadarkan bahwa produk baru atau lama ini mampu melengkapi kebutuhan mereka selama ini. Karena sadar nantinya mereka akan tertarik.

2. Melengkapi informasi yang dibutuhkan calon konsumen

Audien tidak akan langsung begitu saja untuk membeli. Mereka memiliki sifat untuk melakukan riset terlebih dahulu. Disinilah konten berbicara, yaitu menceritakan semua kelebihan dan informasi lengkap mengenai harga, pengiriman, yang cocok dengan kebutuhan calon konsumen.

3. Membantu untuk mempertimbangkan pembelian

Masih ada satu tahapan lagi sebelum calon konsumen menjadi konsumen yaitu membandingkan produk satu dengan yang lainnya. Jika produk yang ditawarkan memiliki kompetitor maka calon konsumen akan membanding-bandingkannya. Tentunya mereka akan membeli produk yang sesuai kebutuhan, disinilah konten akan menggerakkan mereka untuk tetap memilih produk yang kamu tawarkan.

4. Mempermudah pembelian para konsumen

Melalui konten juga informasi cara pembelian akan didapatkan oleh para konsumen. Setelah melalui ketiga proses di atas mereka akan membeli sesuai dengan tata cara yang disampaikan dalam konten.

Apabila dilihat dari keempat tahapan ini, ada dua tujuan dari konten marketing yaitu membuat ketertarikan audiens dan mengajak mereka membeli sebagai konsumen. Karena semuanya dilakukan secara online, kamu tak perlu langsung bertemu calon konsumen. Semua bisa dilakukan dengan media seperti media sosial, blog atau website, channel youtube, dll.

Baca Juga:  Kursus Digital Marketing Serpong Paling Mutakhir

Tips Membuat Konten Marketing yang Berkualitas

Orang yang membuat konten dalam marketing disebut sebagai content marketer. Seorang content marketer harus memiliki beberapa skill seperti komunikasi, menulis, bercerita serta peka terhadap trend. Skill secara teknis untuk menggunakan media bisa diasah asalkan keempat kemampuan utama tersebut.

Konten memang mudah dibuat, tapi menciptakan konten marketing yang berkualitas itulah bagian tersulit. Memang tidak mudah untuk menarik perhatian audien melalui media, oleh karena itu konten yang dibuat harus unik serta berkualitas. Bagaimana cara membuatnya? Ikuti beberapa tipsnya berikut ini:

1. Riset Audien Secara Terperinci

Langkah pertama dalam membuat konten adalah melakukan riset. Hasil riset nantinya bisa digunakan sebagai bahan perencanaan untuk mencapai tujuan pembuatan konten. Riset audien yang dilakukan juga disesuaikan dengan produk. Misalnya produk yang dimiliki adalah pakaian anak-anak, maka sasaran audien adalah ibu rumah tangga.

Dari sasaran audien tersebut kamu bisa melakukan riset seperti umur, tempat tinggal, pekerjaan, hingga kebiasaan melihat media. Data riset akan mempermudah dalam pembuatan konten yang tepat sasaran.

Konten Adalah

2. Pilih Headline Menarik yang Menjawab Pertanyaan

Konten Adalah – Melalui hasil riset kamu akan tahu apa saja yang dibutuhkan oleh audiens dan permasalahan apa saja yang mereka hadapi. Nah untuk mengatasi masalah yang mereka hadapi maka produk yang kamu tawarkan bisa menjadi solusi. Masukkan hal ini ke dalam headline konten yang pertama kali akan audiens baca.

Headline menjadi kunci konten kamu akan dibaca, sedangkan headline yang tidak menarik akan terlewat begitu saja. Kamu bisa memberikan headline dalam bentuk pertanyaan atau langkah-langkah tutorial. Pastikan juga bahwa konten kamu asli bukan hasil jiplakan karena mereka akan audiens harus tertarik juga dengan isi konten dan buat mereka betah membaca.

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

3. Sisipkan Informasi yang Akurat

Pada sebuah konten tulisan, memberikan informasi akurat akan membangun kepercayaan. Saat ini sudah terlalu banyak konten yang dibuat tetapi yang menarik perhatian dan mampu membangun kepercayaan hanya beberapa persen saja. Hal ini disebabkan tak adanya sisipan tentang informasi akurat seperti hasil penelitian atau fakta ilmiah.

Kini sudah banyak audien yang pintar dalam memilah konten berkualitas, nah salah satunya adalah memiliki informasi mengenai bukti ilmiah. Informasi ini akan menjadi pendukung yang sangat kuat dan jangan lupa berikan tautan dari sumber aslinya.

4. Tak Perlu Panjang tapi Fokus Pada Inti Masalah

Konten Adalah – Kini banyak sekali konten yang dibuat panjang hingga ribuan kata tetapi sebenarnya bisa dibuat hanya dalam bentuk ratusan kata. Hal ini sering terjadi pada konten-konten blog yang sebaiknya dihindari. Audiens akan lelah membaca dan pergi jika kamu tak membuat isi konten lebih pendek dan fokus pada permasalahannya. Jadi konten yang panjang tidak menjamin blog atau website akan memperoleh banyak visitor.

Konten yang pendek dan fokus akan lebih menarik juga jika ditambahkan dengan gambar yang relevan. Jika perlu tambahkan juga video apalagi jika konten yang dibuat adalah konten tutorial.

Terakhir, selalu update konten secara konsisten sehingga semua konten akan mudah ditemukan oleh siapa saja yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *