8 Tips Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Bagi Pemula

Posted on

Kosakata Bahasa Inggris – Berapa banyak kosakata bahasa Inggris yang kamu ketahui? Penguasaan kosakata sangat penting buat kamu yang ingin cepat mahir dalam percakapan. Kalau kita berbincang dengan orang barat, mereka akan memaafkan kesalahan tata bahasa dan masih memahami apa yang kita bicarakan asal kosakatanya benar.

Penguasaan kosakata bahasa Inggris juga membuat tulisan menjadi lebih jelas untuk mengungkapkan apa yang kita maksud. Untuk memperbanyak kosakata bahasa Inggris tidak selalu sulit. Nah, berikut ini beberapa tips meningkatkan kosakata yang bisa kita praktekkan tiap hari

1.Baca artikel berbahasa Inggris

Meskipun sekarang sudah ada smarthphone, tapi bukan berarti kita tinggalkan membaca buku. Cobalah membaca majalah, koran, artikel, buku, atau essai berbahasa Inggris setiap hari. Membaca buku fiksi maupun non fiksi akan memberikan banyak kosakata bahasa Inggris yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya. Saat menemukan kosakata baru, cobalah mencari artinya di kamus dan tulis. Menulis kosakata baru akan meningkatkan daya ingat kita.

2.Pelajari satu kata sehari

Untuk memperbanyak koleksi kosakata bahasa Inggris,usahakan untuk menambah satu kata tiap hari. Jangan membuat daftar kosakata secara acak, cobalah menyusun berdasarkan tema. Cara ini akan membantu menghapal kosakata dengan lebih cepat.

3.Mempelajari kosakata bahasa Indonesia yang diambil dari bahasa Inggris

Banyak kosakata bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Inggris. Mempelajari hubungan kosakata bahasa Inggris dengan bahasa Indonesia menjadi cara ampuh menghapal lebih banyak kata. Berikut ini beberapa contoh kosakata Indonesia yang diambil dari bahasa Inggris

Abstrak (dari kata abstract)
Akomodasi (accommodation)
Akting (acting)
Aktivis (activist)
Balon (balloon)
Bisnis (business)
Cek (check)
Depresi (depression)
Dimensi (dimension)
Domestik (domestic)
Edukasi (education)
Eksekusi (execution)
Ekspor (export)
Estimasi (estimation), dll

Baca Juga:  Pengertian Complement Dan Contoh Dialog Compliment

4.Pelajari kosakata yang sering digunakan

Untuk menghapal kosakata, mulai pelajari kosakata yang sering dipakai dalam kehidupan sehari-hari, lalu praktekkan kata yang sudah dihapal tersebut. Jangan buang waktu kamu untuk mempelajari kata-kata yang sulit yang tidak akan kamu gunakan.

5.Main game

Bukan sembarang game, tapi carilah game yang bisa memperluas kosakata bahasa Inggris. Contohnya game crossword puzzles, anagrams, word jumble, Scrabble, dan Boggle. Permainan game berbasis kata-kata akan menantang penguasaan kosakata kamu dan juga membantumu menemukan kosakata baru.

6.Menonton film berbahasa Inggris

Menonton film adalah cara bagus untuk mamahami perkataan penutur asli bahasa Inggris, sekaligus menambah kosakata dan memperkuat kosakata yang telah dihapal. Awalnya, kamu bisa menonton film berbahasa Inggris yang disertai subtitle bahasa Indonesia.

Tapi saat perbendaharaan kosakata sudah meningkat, kamu bisa menonton film berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Inggris atau bahkan tanpa subtitle. Membaca subtitle sambil melihat pembicaraan dalam film akan membantu meningkatkan kosakata bahasa Inggrismu.

7.Percakapan

Cukup berbicara bahasa Inggris dengan orang lain, maka penguasaan kosakata kamu akan meningkat. Temukan teman, atau saudara yang bisa diajak berlatih setiap hari. Sekarang ini tidak sulit menemukan orang bisa berbicara dalam bahasa Inggris.

Syukur-syukur kamu bisa mendapatkan native speaker. Kalau kamu bertemu dengan orang asing, jangan takut untuk mengajaknya berkomunikasi. Walau kosakata yang kamu miliki masih terbatas, mereka akan menghargai keberanianmu berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

8.Menulis artikel

Ketika bahasa Inggrismu sudah semakin baik, tidak ada salahnya untuk menulis artikel atau menerjemahkan tulisan berbahasa indonesia ke bahasa Inggris. Menulis tidak hanya membantu mengembangkan gaya penulisan, tapi juga meningkatkan kosakata kamu.

Semoga 8 tips tadi membantumu untuk menguasai kotakata bahasa Inggris sedikit demi sedikit. Yang lebih penting lagi, kamu enjoy dengan cara yang akan kamu pilih dan melakukannya dengan konsisten. Nah tunggu apalagi, ayo mulai berlatih dari sekarang. Let’s practice English everyday!!

Baca Juga:  6 Langkah Mudah Belajar Bahasa Inggris Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *