7 Alasan Kenapa Kalian Harus Kuliah di Australia

Posted on

Kuliah di Australia – Kuliah di Eropa atau negara western sering menjadi impian pelajar Indonesia. Tapi terkadang jarak yang teramat jauh atau budaya yang sangat berbeda bisa membuat seseorang enggan kuliah di luar negeri. Bagi yang ingin kuliah di negara berbahasa Inggris tapi tidak terlalu jauh dari Indonesia, Australia bisa menjadi pilihan utama.

Apalagi pendidikan di Australia tidak kalah berkualitasnya dengan negara-negara Eropa. Nah buat kalian yang sedang mempertimbangkan negara tujuan studi, berikut ini beberapa alasan yang mengharuskan kaliah untuk kuliah di Australia.

1.Australia tempatnya universitas kelas dunia

Australia menjadi salah satu negara tujuan studi bagi pelajar dari seluruh dunia. Ini menjadi bukti bahwa sistem pendidikan di Australia mendapat pengakuan secara internasional. Makanya tidak heran kalau ada banyak universitas di Australia yang masuk dalam peringkat atas universitas dunia.

Beberapa universitas di Australia yang masuk dalam 100 besar peringkat dunia diantaranya University of Melbourne, Australian National University, University of Sydney, University of Queensland, Monash university, maupun University of New South Wales.

Berada di lingkungan universitas terbaik akan membuat kalian terpacu untuk mengeluarkan kemampuan terbaik. Karena kalian akan bersaing dengan bakat-bakat terbaik dari seluruh dunia.

2.Fasilitas penelitian modern

Kuliah di Australia berarti kesempatan bagus bagi kalian untuk menikmati fasilitas penelitian yang sangat maju dan modern. Bagi universitas, fasilitas riset yang baik sudah menjadi kebutuhan pokok. Karena akan mendukung mahasiswa dalam menghasilkan hasil penelitian yang hebat.

3.Letaknya tidak jauh dari Indonesia

Ini dia alasan utama mahasiswa Indonesia kuliah di Australia. Secara Geografis, letak Indonesia sangat dekat dengan Australia. Terbang dari Bali ke Perth hanya memerlukan sekitar 4 jam perjalanan. Bahkan banyak yang melakukan pelayaran dari Kupang NTT ke Darwin dan sebaliknya.

Baca Juga:  3 Beasiswa Australia dari Pemerintah yang Wajib Diikuti

Jarak yang tidak terlalu jauh ini membuat kalian bisa lebih hemat biaya tiket. Selain itu, kalian juga bisa segera pulang ke Indonesia kalau ada keperluan keluarga yang mendesak.

4.Banyak komunitas Indonesia

Tinggal di luar negeri bisa menimbulkan homesick dan kangen tanah air. Tapi kalau kalian kuliah di Australia, kangen dengan suasana Indonesia bisa terobati dengan banyaknya orang Indonesia yang tinggal di sana. Bahkan di beberapa kampus terdapat organisasi dan komunitas yang bertujuan untuk lebih mengenal Indonesia.

Lebih lagi kalau kalian kuliah di Melbourne atau Sydney. Dua kota ini terdapat paling banyak warga Indonesianya. Orang Indonesia yang tinggal di kota Sydney mencapai sekitar 5300 orang. Dengan penduduk kota Sydney yang berjumlah sekitar 512 ribu jiwa, maka warna Indonesia sudah menyumbang 2,5 persen dari keseluruhan populasi.

Begitu juga dengan di New South Wales, Australia Barat, Queensland, dll. Kalian tidak akan sulit menemukan orang Indonesia yang hidup di Australia, baik yang sudah berganti kewarganegaraan maupun WNI.

5.Suasana muktikultural

Australia merupakan contoh negara multikultural yang aman dan ramah. Penduduknya berasal dari berbagai bangsa dan etnis seperti Inggris, Italia, Jerman, Tiongkok, Timur Tengah tapi tetap bisa saling menghormati satu dan lainnya.

Mahasiswa yang datang ke Australia juga datang dari berbagai penjuru dunia. Tinggal dan belajar di negara multikultural seperti Australia membuat kalian tidak merasa terasing. Kalian juga bisa belajar beraneka ragam budaya dan kebiasaan mahasiswa dari negara lain.

6.Masa studi lebih singkat

Waktu yang dihabiskan untuk kuliah di Australia umumnya lebih pendek daripada Indonesia. Normalnya mahasiswa Australia menyelesaikan kuliah S1 dalam watu 3 tahun saja. Kalau kalian bisa selesai kuliah S1 di usia 21 tahun, kalian memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan langkah selanjutnya.

Baca Juga:  Biaya Hidup di Australia Untuk Mahasiswa Asing

7.Peluang memulai karir di Australia

Begitu lulus kuliah di Australia, kalian berkesempatan untuk bekerja di sana. Apalagi pemerintah setempat memang mengizinkan alumni universitas di Australia untuk bisa tinggal lebih lama. Bekerja di negara maju seperti Australia menjadi kesempatan untuk membentuk jiwa profesionalisme.

Selain itu, kalian juga bisa memanfaatkan untuk mengumpulkan pundi-pundi Dollar Australia atau membangun koneksi bisnis dengan pengusaha Australia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *