7 Persiapan Kuliah di Inggris yang Harus Dicermati

Posted on

Kuliah di Inggris – Merencanakan untuk bisa sekolah di luar negeri seringkali dianggap sulit. Beberapa aspek yang mempengaruhi seperti budaya yang berbeda, bahasa yang sangat asing dan harus hidup mandiri di negara berbeda. Inilah yang sering menjadi hambatan seseorang untuk mempertimbangkan ulang kuliah di luar negeri.

Inggris yang menjadi salah satu favorit banyak mahasiswa di seluruh dunia untuk melanjutkan sekolah memiliki prospek yang besar dalam masa depan. Seseorang yang bisa menyelesaikan perkuliahan di Inggris akan memiliki pengalaman dan skill untuk digunakan dimana saja.

Tentu saja dibutuhkan persiapan yang matang untuk bisa mendapatkan hasil terbaik. Memilih tempat untuk belajar, menempuh akademik selama dua hingga tiga tahun bukanlah hal yang instan.

Banyak sekali persiapan yang harus dilakukan jauh-jauh hari bahkan berbulan-bulan. Mengetahui kebudayaan dan bahasa tempat tujuan belajar akan sangat membantu. Bagi Anda yang tertarik untuk bisa kuliah di Inggris, cermati apa saja yang harus dilakukan dalam mempersiapkan diri dengan matang.

Mencari universitas di Inggris dengan teliti

Di Inggris ada banyak sekali pilihan universitas terbaik oleh karena itu menemukan dengan teliti adalah langkah awal yang harus dilakukan. Mulailah dengan mencari universitas di London dengan mengecek QS World University Rankings dan mencarinya di internet.

Pilih dan seleksi secara detail berbagai universitas bisa melalui portal website mereka dan temukan akan apa saja program yang ditawarkan. Memilih subjek yang diinginkan harus sesuai dengan passion, pastikan jurusan yang tersedia sesuai dengan apa yang ingin Anda pelajari.

Meluangkan banyak waktu untuk mempersiapkan diri

Jika Inggris adalah tujuan utama untuk melanjutkan studi maka sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini adalah langkah tepat. Mulailah dengan pelajaran untuk mengikuti tes IELTS enam bulan sebelumnya. Penting untuk memiliki hasil tes IELTS sesuai yang dibutuhkan oleh universitas yang dituju.

Baca Juga:  Cara Download Kamus Bahasa Inggris Instan

Anda juga harus mendapatkan surat rekomendasi dari dua orang berpengaruh baik di pekerjaan atau di tempat kuliah sebelumnya. Siapkan juga motivation letter mengapa Anda tertarik masuk ke universitas tersebut.

Mempersiapkan dengan perbedaan kebudayaan

Kebudayaan menjadi penting untuk dipelajari sebelum Anda pindah ke Inggris untuk bisa belajar. Banyak sekali kebudayaan yang harus diperhatikan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja seperti para anak muda biasanya berinteraksi, makanan apa saja yang bisa dinikmati, iklim yang terjadi dan pakaian apa yang sebaiknya digunakan.

Aktivitas yang berhubungan dengan karir masa depan

Satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan ketika menjalani hari-hari perkuliahan bukan hanya menerima materi di kelas. Anda juga harus mengembangkan networking untuk mendapatkan karir masa depan yang cerah. Selain kegiatan perkuliahan Anda juga bisa mengikuti komunitas mahasiswa, mengikuti seminar dan juga workshop.

menciptakan networking yang luas akan membantu untuk mengembangkan karir. Mahasiswa yang berkuliah di Inggris berasal dari berbagai negara. Inilah yang akan membantu Anda untuk bisa menambahkan networking lebih mudah.

Mempersiapkan student visa

Untuk bisa masuk ke negara Inggris, Anda harus memiliki visa. Visa ini bisa dibuat dan diperoleh di Indonesia sebelum keberangkatan. Buatlah bisa di kedutaan besar Inggris di Indonesia dengan memenuhi berbagai syarat yang dibutuhkan. Pastikan visa yang dimiliki memiliki jangka waktu yang tepat sesuai dengan masa studi.

Asuransi

Penting untuk mendapatkan asuransi selama Anda menjalani perkuliahan di luar negeri. Beberapa asuransi yang dibutuhkan seperti asuransi perjalanan dan kesehatan. Penting untuk memiliki asuransi karena biaya ini lah yang akan menutup jika Anda tiba-tiba jatuh sakit.

Memperkirakan Biaya Kuliah di Inggris

Faktor terakhir dalam persiapan kuliah di Inggris adalah budget. Berapakah budget yang harus disiapkan untuk memenuhi kebutuhan? Biaya ini sangat bervariasi tergantung dimana Anda akan tinggal.

Baca Juga:  Perkenalan Bahasa Inggris Pada Saat Wawancara Kerja

Biaya kuliah dan biaya hidup harus diperkirakan dari sekarang. Jumlah biaya yang dibutuhkan biasanya adalah 14 ribu dollar. Biaya kuliah bisa Anda cover melalui beasiswa karena saat ini banyak tersedia beasiswa kuliah di Inggris yang bisa Anda dapatkan. Beasiswa ini bisa berasal dari pemerintah atau swasta.

Perlu usaha khusus untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. Artinya Anda harus memenuhi banyak syarat tidak hanya ujian masuk ke universitas. Biaya selanjutnya yang harus diperitmbangkan adalah akomodasi.

Kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi dan membeli barang lain setidaknya adalah 1.400 dollar per bulannya. Jumlah tersebut adalah rata-rata mahasiswa tinggal di kota London. Namun banyak sekali potongan harga yang didapatkan mahasiswa.

Diskon ini meliputi banyak hal misalnya seperti biaya transportasi, makan, dan juga berbagai toko lainnya di seluruh Inggris. Terakhir adalah akomodasi, jumlah ini lumayan tinggi yaitu sekitar 8 ribu dollar selama 9 bulan.

Jumlah yang cukup mahal, tetapi beberapa cara bisa dimanfaatkan untuk menurunkan jumlah biaya tersebut. Misalnya seperti tinggal bersama dengan teman atau tinggal di asrama.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *