Cara Kuliah di Jepang dengan Mudah

Posted on

Kuliah di Jepang – Siapa sih yang tidak ingin mendapat kesempatan untuk kuliah di jepang? Jangankah mendapatkan kesempatan untuk kuliah di jepang, jalan jalan ke negara matahari terbit saja sudah senangnya bukan main kan? Jepang memang memberikan banyak pesona bagi masyarakat Indonesia. Selain budaya dan bahasanya, jepang juga terkenal dengan mutu pendidikan yang tinggi, teknologi yang mutakhir, kedisiplinan kerja hingga jaminan pendidikan yang membuat banyak orang iri.

Jepang juga memberikan banyak pesona bagi ekonomi Indonesia, jepang sendiri tercatat ke dalam lima besar investor yang banyak membangun proyek-proyek infrastruktur di Indonesia, jepang juga membuka banyak lowongan pekerjaan dengan membawa masuk banyak perusahaan-perusahaan besar.

Potensi ini membuka banyak kesempatan mahasiswa indonesia untuk kuliah bahasa jepang di kampus-kampus dalam negeri, lalu bermodalkan kemampuan bahasa jepangnya mereka bisa bekerja di perusahaan-perusahaan jepang. Kebanyakan kuliah bahasa jepang menelurkan alumni-alumni yang bekerja di perusahaan jepang yang berada di Indonesia mulai dari posisi penerjemah, pegawai hingga bahkan menjadi asisten direktur karena kepiawainnya berbahasa jepang.

Selain itu juga, mereka yang kuliah bahasa jepang di Indonesia, banyak juga yang melanjutkan bekerja di jepang menjadi pegawai konsulat, pegawai perusahaan jepang, atau menjadi perawat. Beberapa dari mereka juga menguasai bahasa jepang karena mengikuti kursus intensif bahasa jepang selama beberapa bulan.

Nah, pada bagian kedua ini, mereka yang mengikuti kursus intensif bahasa jepang merupakan golongan non-kuliah bahasa jepang yang ingin melanjutkan kuliah di jepang. Peluang kuliah di jepang sendiri jauh lebih besar, jika dibandingkan dengan kuliah di jerman. Perbandingan ini untuk melihat seberapa besar animo masyarakat indonesia kuliah di jerman dan juga kuliah di jepang.

Baca Juga:  Cara Kerja di Jepang Sesuai Prosedur

Jepang dan jerman menduduki sepuluh peringkat negara tujuan mahasiswa Indonesia studi ke luar negeri. Tetapi jika dibandingkan dengan jerman, kuliah di jepang lebih menyedot animo karena kedekatan ekonomi, budaya dan juga ekonomi kreatif. Anda bayangkan saja, berapa banyak kartun jepang mewarnai hidup masyarakat indonesia, begitu juga anime dan juga film-filmnya.

Belum lagi dengan hubungan ekonomi perusahaan jepang yang jauh lebih banyak di Indonesia ketimbang perusahaan jepang. Selain itu juga, beasiswa kuliah di jerman tidaklah sebanyak beasiswa kuliah di jepang. Kuliah di jerman rata rata mengandalkan beasiswa dari uni eropa, beasiswa dari kampus di jerman, atau anda membiayai sendiri ujian masuk lalu mendapatkan fasilitas gratis biaya pendidikan ketika sudah dinyatakan diterima di kampus di jerman.

Bandingkan dengan kuliah di jepang, seluruh insan akademik di tingkat sekolah menengah atas elite pastinya mengenal beasiswa mombusho, atau biasa disebut dengan nama lengkap Monkugakusho. Beasiswa ini adalah beasiswa resmi dari pemerintah jepang untuk masyarakat Indonesia dengan berbagai skema.

Beasiswa untuk kuliah di jepang ini, sama dan mirip dengan beasiswa autralia awards dari pemerintah australia atau fullbright dari pemerintah amerika serikat. Perbedaannya adalah beasiswa kuliah di jepang ini memiliki banyak skema, misalnya beasiswa untuk kuliah bahasa jepang di negara jepang langsung, beasiswa diploma, beasiswa peningkatan skill hingga studi lanjut master dan juga doktoral.

Perbedaan banyaknya beasiswa kuliah di jerman dengan kuliah di jepang ini juga menjadi salah satu faktor penentu, baru mulai adanya beasiswa lpdp kementerian keuangan inilah animo belajar kuliah di eropa (termasuk ke jerman) semakin meningkat. Tetapi karena adanya faktor jarak, indoensia ke eropa yang lebih jauh dibandingkan dengan indonesia ke jepang, maka studi di jepang tetap menjadi prioritas.

Baca Juga:  Bahasa Jepang Sehari-hari untuk Akademik.

Lalu apa syarat-syarat utama kuliah di jepang? Jepang adalah negara asia yang kulturnya mirip dengan perancis atau jerman, dimana berbahasa lokal (dalam hal ini bahasa jepang menjadi syarat mutlak bagi pelajar internasional). jadi pekerjaan rumah pertama anda bagi yang ingin kuliah di jepang adalah menguasai bahasa jepang, ini adalah hal mutlak.

Apakah hal ini mutlak bagi pelajar internasional yang mengambil kelas internasional? Ya tentu saja, walaupun syarat universitas hanya meminta sertifikat toefl bahasa inggris. Anda harus mengetahui bahwa sistem laboartorium di jepang sangat bertumpu pada kekuasaan seorang profesor (atau biasanya disebut dengan sensei), berkomunikasi dengan sensei sejatinya lebih baik dengan bahasa jepang.

Selain itu juga, sebagai pelajar internasional di jepang, sudah sepatutnya anda berkomunikasi dengan masyarakat sekitar untuk menjalin kedekatan bukan? Nah itulah kenapa seluruh pelajar internasional yang ingin kuliah di jepang diwajibkan untuk menguasai bahasa jepang secara komprehensif.

Secara detail, berapa tingkatan bahasa jepang yang diminta universitas di jepang? Anda bisa langsung cek website universitas-universitas di jepang, karena setiap universitas, tiap jenjang, baik sarjana master atau doktoral memiliki persyaratan sertifikat bahasa jepang yang berbeda satu sama lain.

Kemudian selanjutnya syarat kedua adalah syarat administratif seperti visa dan passport yang bisa anda siapkan jauh-jauh hari untuk kuliah di jepang. Sementara syarat yang agak sulit bagi program pascasarjana adalah mencari supervisor. Bagi mahasiswa master, hanya mengirim berkas yang diminta seperti ijazah pendidikan sebelumnya, toefl bahasa inggris, sertifikat penguasaan bahasa jepang, proposal riset penelitian dalam bahasa inggris hingga ujian masuk (jika ada).

Sementara bagi mahasiswa doktoral harus mencari supervisor (profesor) yang mau mendampinginya sebagai dosen pembimbing, cara paling mudah adalah melihat lihat website universitas, fakultas dan departemen yang biasanya mencantumkan email para profesor pengajar disana.

Baca Juga:  Empat Alasan Sekolah Jepang akan mencerahkan masa depan anda

Jika anda masih membutuhkan pendampingan untuk kuliah di jepang, anda disarankan memilih konsultan pendidikan yang berpengalaman dalam mendampingi banyak mahasiswa untuk melanjutkan studi ke jepang. Konsultan pendidikan yang berpengalaman adalah Virtu Education, anda bisa mengunjungi langsung websitenya di www.virtueducation.org untuk melihat-lihat pengalamannya, konsultasi pendampingan untuk lolos universitas di jepang, pre-departure sebelum keberangkatan dan bahkan proses perijinan visa bisa diselesaikan oleh Virtu Education.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *