kuliah di jerman gratis

Tips Kuliah di Jerman Gratis Ini Bisa Kamu Coba Sekarang Juga

Posted on

Kuliah di Jerman Gratis – Sebagian besar orang berpikir kuliah di luar negeri sangat menguras kantong. Faktanya, tidak selamanya begitu karena ada beberapa negara yang memiliki tuition free atau uang kuliah yang cukup terjangkau. Salah satu negara termurah untuk kuliah di luar negeri adalah Jerman.

Kuliah di Jerman bukan sembarang murah, tetapi pendidikan di sana juga terjamin kualitasnya. Jika di negara lainnya ada perbedaan kualitas antara satu universitas dengan universitas lainnya, di Jerman sebaliknya. Semua universitas di Jerman berkualitas, tidak ada perbedaan kualitas yang mencolok antara satu kampus dengan kampus yang lainnya.

Jerman memiliki filosofi bahwa pendidikan tinggi harus terjangkau dan mudah diakses. Itu sebabnya pemerintah Jerman memberikan subsidi pada perguruan tinggi negeri di Jerman sehingga kuliah di Jerman gratis atau tuition free.

Baca Juga:  7 Daftar Universitas di Jerman Terbaik Ini Perlu Diketahui

Kuliah S1 di Jerman tidak dipungut biaya perkuliahan sedangkan mahasiswa S2 yang memilih jurusan yang masih berhubungan dengan gelar S1-nya bisa mendapatkan fasilitas bebas uang kuliah. Nah, untuk mahasiswa yang memilih jurusan berbeda dengan S1-nya biasanya harus membayar uang kuliah.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu tetap bisa kuliah gratis di Jerman dengan mendaftar beasiswa. Ada banyak beasiswa kuliah di Jerman yang tersedia seperti beasiswa dari pemerintah, beasiswa non pemerintah, serta beasiswa universitas. Keberadaan beasiswa – beasiswa tersebut dapat membantu kamu untuk kuliah di Jerman gratis.

Tips Kuliah di Jerman Gratis Ini Bisa Kamu Coba

 tips kuliah di jerman gratis

Salah satu beasiswa yang menjadi andalan para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah di Jerman gratis adalah beasiswa DAAD EPOS atau Development Related Postgraduate Courses. Beasiswa yang didanai oleh Kementerian Federal Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (BMZ) ini menyediakan beasiswa parsial dan penuh di universitas Jerman yang kamu pilih.

Beasiswa ini ditujukan untuk jenjang S2 dengan durasi 12 – 24 bulan dan jenjang S3 dengan masa studi 36 bulan. Tunjangan yang diberikan beasiswa ini sebesar 850 Euro tiap bulannya untuk program master. Sedangkan tunjangan sebesar 1200 Euro tiap bulan diberikan untuk program PhD.

Baca Juga:  5 Universitas Kedokteran di Jerman Terbaik yang Perlu Diketahui

Beasiswa EPOS juga memberikan tunjangan lainnya seperti kursus bahasa Jerman selama 6 bulan untuk program studi yang menggunakan bahasa Jerman sebagai bahasa pengantar dan juga asuransi kesehatan dan kecelakaan. Beasiswa ini diberikan untuk program studi:

• Economic Sciences/Business Administration/Political Economics

• Agriculture and Forest Sciences

• Engineering and Related Sciences

• Mathematics

• Development Cooperation

• Natural and Environtmental Sciences

Baca Juga:  Rekomendasi 4 Tempat Kursus Bahasa Jerman di Tangerang

• Media Studies

• Regional and Urban Planning

• Medicine and Public Health

• Social Sciences, Education and Law

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini, kamu bisa langsung mengirimkan aplikasi ke program S2 atau S3 yang diminati. Informasi lebih lanjut mengenai pendaftaran dan persyaratannya bisa kamu dapatkan di Virtueducation yang beralamat di Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatanatau kamu juga bisa mencari informasi selengkapnya dengan mengklik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *