Cara Kuliah di Korea dengan Beasiswa Pemerintah Korea

Posted on

Kuliah di Korea – Negara-negara asia timur seperti jepang dan korea memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Selain eksotisme kebudayaan dan pariwisata, dunia pendidikan di jepang dan korea juga sangat maju. Bahkan dunia pendidikan di jepang dan korea memiliki tingkat mutu yang jauh lebih tinggi dibandingkan pendidikan di Indonesia, itulah mengapa banyak mahasiswa Indonesia melanjutkan kuliah di korea dan juga di jepang pada jenjang master dan doktoral.

Untuk Info lebih lengkapnya bisa isi Biodata Disini

Kuliah di korea sendiri biasanya jauh lebih mudah ketimbang kuliah di jepang, hal ini karena disebabkan sistem professor lab di jepang yang kadangkala agak rumit dibandingkan kuliah di korea. Karena kuliah di korea, terutama kuliah di korea selatan tidak membutuhkan syarat-syarat tersebut, hanya pada beberapa program studi dan jurusan saja yang mensyaratkan persetujuan professor lab. Secara keseluruhan, kuliah di korea selatan lebih mudah dibandingkan dengan kuliah di jepang.

Kuliah di korea secara aturan juga jauh lebih mudah ketimbang kuliah di jepang, dimana sebagian besar beasiswa kuliah di jepang mensyaratkan penguasaan bahasa inggris dan juga bahasa jepang. Sementara kuliah di korea, ada beberapa jurusan yang hanya mensyaratkan bahasa inggris saja, sementara yang lainnya mensyaratkan kemampuan bahasa inggris dan juga kemampuan bahasa korea.

Ini artinya dalam beberapa hal, kuliah di korea jauh lebih mudah ketimbang kuliah di jepang. Tetapi bagi beberapa orang kuliah di jepang juga jauh lebih mudah ketimbang kuliah di korea selatan. Semuanya tergantung kepada anda mau memilih yang mana. Kuliah di korea dan jepang sama-sama unggul dalam bidang teknik, industri, teknologi dan juga bisnis. Industri-industri nomor wahid di dunia sendiri juga banyak didominasi industri dari korea dan jepang.

Baca Juga:  Pelajari Ucapan Selamat Malam dalam Bahasa Korea

Di bandingkan dengan jepang, kuliah di korea selatan harus memiliki tujuan yang jelas, hal ini tentunya mengingat situasi politik di semenanjung korea antara korea selatan dan korea utara yang beberapa kali sering bersengketa. Tetapi sebenarnya ini tidaklah terlalu signifikan, korea selatan memiliki sekutu terdekat amerika serikat yang ikut menjaga stabilitas kawasan di semenanjung korea. Sementara jepang sendiri tidaklah memiliki perbatasan langsung dengan saudaranya yaitu korea utara.

Walaupun demikian anda tidak perlu takut untuk kuliah di korea selatan, pemerintah korea selatan adalah pemerintahan terbaik di asia timur, memiliki sistem politik yang efektif dan sistem militer yang mumpuni. Mungkin and ajika kuliah di korea selatan nantinya akan lebih tertarik dengan Korean pop ketimbang isu-isu politik. Yapz, Korean pop sendiri juga menjadi daya tarik seseorang untuk melanjutkan kuliah di korea. Karena selain bisa mengenal budayanya lebih dekat, di korea selatan juga memiliki jurusan seni dan koreografi yang dekat dengan industri industri Korean pop.

Lalu bagaimana cara kuliah di korea selatan? Ada banyak jalur menuju roma begitulah kata pepatah. Jika anda ingin kuliah di korea terdapat dua jalan yaitu jalan biaya mandiri atau beasiswa kuliah di korea dari pemerintah korea ataupun dari pemerintah Indonesia. Tentu saja beasiswa-beasiswa ini tidak bisa didapatkan dengan mudah, harus bekerja ekstra keras, disiplin dan juga harus memenuhi syarat-syarat yang diminta oleh pemberi beasiswa.

Sampai saat ini beasiswa kuliah di korea yang menjadi jalan belajar masyarakat Indonesia lebih banyak dari pemerintah korea, baru kemudian disusul dari pemerintah Indonesia dan sisanya kemudian biaya mandiri. Kenapa beasiswa kuliah di korea lebih banyak mengincar beasiswa pemerintah korea? Ini tak lain karena adanya fasilitas yang lebih semisal mendapat asrama, uang saku dan juga tawaran jurusan yang jauh lebih banyak.

Baca Juga:  Pelajari Ucapan Selamat Malam dalam Bahasa Korea

Sementara beasiswa kuliah di korea dari pemerintah Indonesia biasanya terbatas untuk kalangan dosen, pegawai negeri, praktisi dan kalangan diplomat yang akan kuliah di korea selatan. Jadi, jalan satu-satunya yang paling mudah adalah dengan melamar beasiswa pemerintah korea atau disebut dengan Korean government scholarship yang dibuka setiap tahunnya. Walaupun begitu, bagi anda yang berstatus mahasiswa atau masyarakat umum juga bisa melamar beasiswa khusus pemerintah Indonesia yang bernama LPDP untuk kuliah di korea selatan.

Cara kuliah di korea dengan beasiswa pemerintah Indonesia mengikuti aturan-aturan beasiswa yang anda lamar. Misalnya jika beasiswa yang anda lamar khusus untuk dosen seperti Beasiswa Unggulan Luar negeri, maka harus mnegikuit aturan seperti permintaan IELTS 7, berkas-berkas administrasi yang dipersiapkan dari atasan-atasan di kampus dan juga letter of accepted yang dinyatakan telah diterima di kampus tujuan.

Begitu juga dengan cara melamar beasiswa kuliah di korea selatan dengan beasiswa khusus lpdp untuk kuliah di korea. LPDP saat ini cukup ketat dengan mensyaratkan nilia TOEFL dan IELST yang cukup tinggi bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah di korea. Kabar baiknya adalah lpdp tidak mewajibkan sertifikat bahasa korea selama jurusan yang anda ambil menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris, jadi cermati lebih mendalam kampus-kampus yang ditawarkan lpdp dan juga jurusan-jurusan yang akan anda ambil.

Pada bagian terakhir, cara kuliah di korea yang paling bergengsi adalah menggunakan beasiswa kuliah di korea yang dibiayai oleh pemerintah korea. Hal ini akan memberikan prestisius sendiri karena selain syarat-syaratnya yang ketat, tentu saja anda harus fasih bahasa inggris dan bahasa korea dong. Nah, tentunya akan menambah nilai tawar anda ketika balik ke Indonesia dengan segudang pengalaman dan kemampuan berbahasa yang double.

Baca Juga:  Pelajari Ucapan Selamat Malam dalam Bahasa Korea

Bagaimana cara melamar beasiswa kuliah di korea dari pemerintah korea selatan? Nah beasiswa tersebut bernama Korean Government Scholarship. Dibuka untuk jenjang sarjana, diploma dan juga master dan doktoral. Beasiswa ini dibuka sekitar akhir tahun dari bulan agustus hingga oktober setiap tahunnya. Satu hal yang mesti diperhatikan adalah beasiswa kuliah di korea selatan ini mengikuti jadwal penerimaan di kampus. Jadi rajin-rajinlah untuk mengecek jadwal seleksi penerimaan mahasiswa baru di kampus-kampus korea.

Beasiswa Korean Governenment Scholarship ini menawarkan banyak fasilitas seperti uang saku full, biaya kuliah dan biaya hidup, serta kursus bahasa korea selama satu tahun di program perkuliahan yang akan kita ambil. Jadi jika anda mengambil program sarjana maka akan memakan waktu lima tahun (4 tahun kuliah plus 1 tahun kursus bahasa korea), begitu juga dengan program master dan juga doktoral sama-sama mendapat tambahan satu tahun untuk belajar bahasa korea.

Berikut rincian beasiswa kuliah di korea selatan dari pemerintah korea, meliputi tiket pulang pergi korea Jakarta, biaya kuliah, biaya hidup dan akomodasi. Biaya hidup sebesar 800.000 won, bantuan riset mencpai 200.000 owon, biaya kursus bahasa 800.000 won, biaya asuransi pengobatan mencapai 20.000 won dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *