kuliah gratis di jerman

Syarat Syarat Harus Disiapkan Untuk Bisa Kuliah Gratis di Jerman

Posted on

Kuliah Gratis di Jerman – Banyak siswa internasional yang berduyun-duyun untuk kuliah gratis di universitas negeri di Jerman. Negara ini adalah negara yang ramah dan aman secara politik. Biaya hidup di Jerman juga relatif lebih terjangkau dibanding negara-negara Eropa lainnya.

Negara ini juga menawarkan peluang karir yang baik dan tingkat ekonomi tertinggi di Eropa. Jerman juga dikenal sebagai negara terdepan dalam penemuan bidang science dan inovasi teknologi.

Mengapa Studi ke Jerman?

Kuliah gratis di Jerman adalah alasan nomor satu mahasiswa belajar di sana. Jerman menawarkan kurikulum yang sangat baik dan universitas berkualitas tinggi. Terdapat sekitar 450 universitas yang menawarkan 17.600 program studi. Semakin banyak program studi yang perkuliahannya menggunakan bahasa Inggris.

Baca Juga:  4 Universitas Di Jerman Yang Gratis Uang Kuliah yang Perlu Diketahui

Alasan lainnya adalah karena German Academic Exchange Service (DAAD) memberikan begitu banyak program beasiswa pada para mahasiswa asing. Selain itu, gelar pendidikan Jerman dikenal karena kualitasnya dan sangat dihargai di dunia kerja.

Biaya pendidikan Jerman

Biaya yang dikeluarkan untuk kuliah di Jerman terdiri dari biaya kuliah, biaya hidup dan asuransi. Biaya kuliah tergantung dari jenis universitasnya, negeri atau swasta.

Hampir semua universitas negeri di Jerman membebaskan biaya kuliah (tuition fee) dan mahasiswa hanya diharuskan membayar biaya administrasi sekitar 100-250 euro per semester. Biaya itupun sebenarnya dikembalikan ke mahasiswa dalam bentuk fasilitas olahraga, kafetaria, serta layanan transportasi.

Baca Juga:  Kesempatan Emas, Ini 3 Beasiswa Kuliah di Jerman yang Bisa Didapatkan

Adapun biaya hidup rata-rata bagi mahasiswa asing adalah € 700 per bulan. Biaya ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti akomodasi (sewa kamar), makan, transportasi, biaya kuliah, dll.

Syarat Syarat Harus Disiapkan Untuk Bisa Kuliah Gratis di Jerman

syarat kuliah gratis di jerman
Karena pendidikan gratis, kompetisi untuk bisa masuk universitas di Jerman sangat tinggi sehingga hanya siswa yang kompeten dan serius yang mendapatkan kesempatan kuliah gratis di Jerman. Siswa yang ingin mendaftar kuliah gratis di Jerman juga harus memenuhi kriteria yang sulit. Berikut ini 2 syarat utama

1. Persyaratan bahasa

Persyaratan bahasa ini tergantung dari bahasa pengantar yang digunakan di perkuliahan. Jika program yang kamu masuki menggunakan bahasa Jerman, maka kamu harus memiliki sertifikat bahasa Jerman yang diakui. Biasanya universitas akan meminta sertifikat kemampuan bahasa, minimal pada level B1.

Sebagai persiapan tes bahasa, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu. Pilih program kursus yang tepat, serta pilih lembaga kursus yang menyediakan informasi dan konsultasi gratis tentang pendidikan Jerman.

2. Bukti ketersediaan keuangan

Pemerintah Jerman tidak menerapkan biaya tinggi untuk memproses visa belajar. Mereka hanya ingin memastikan siswa memiliki jaminan biaya hidup selama tinggal di Jerman. Sehingga semua pelajar yang mengajukan visa belajar harus menunjukkan bahwa mereka memiliki dana yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup pada tahun pertama tinggal di Jerman. Ini bisa dilakukan dengan 3 cara berikut ini.

Baca Juga:  Cara Dapatkan Beasiswa Di Jerman Sarjana Dan Pasca Sarjana

1.Menunjukkan bukti deposit uang jaminan sebesar € 8640 dan setuju untuk tidak menarik lebih dari € 720 per bulan. Deposit tersebut sebagai bukti bahwa kamu memiliki sumber dana untuk membiayai biaya hidup setahun

2.Menunjukkan bukti bahwa kamu memperoleh beasiswa

3.Ada warga lokal Jerman yang memberikan jaminan biaya hidup setahun

Cara mendaftar kuliah gratis di Jerman

Untuk mendaftar kuliah gratis di Jerman, kamu harus sudah diterima universitas di Jerman serta memasukkan dokumen berikut untuk mengajukan visa pelajar

•Form aplikasi yang sudah diisi dan pas foto terbaru

•Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan

•Sertifikat sebagai Bukti kemampuan bahasa Jerman

•Bukti diterima di Universitas di Jerman

•Ijazah dan transkrip nilai

•Bukti asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi yang diakui dengan perlindungan minimal € 30.000 per tahun

•Bukti kemampuan membiayai selama tinggal di Jerman

Baca Juga:  Cara Kuliah di Jerman Serta Persyaratan yang diperlukan

Kamu bisa mengajukan aplikasi visa tadi dengan datang langsung ke kantor kedutaan besar Jerman di Jakarta. Nah, ingin tahu lebih jelas tentang kuliah gratis di Jerman? Dapatkan informasi lengkapnya dengan menghubungi Virtu Education di nomor (021)-300-19-979/ 0812-89-8000-26 atau klik www.virtueducation.org dengan mengklik baner di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *