kursus android

Yuk Ikutan Kursus Android dari Pemula untuk Menjadi Expert

Posted on

Kursus Android – Saat ini merupakan era dimana Android menjadi sistem operasi yang menyelami hampir di seluruh sudut kehidupan manusia. Menurut data yang dilansir dari Statista.com dan Marshable.com, pemasaran smartphone berbasis sistem android menguasai 80% penjualan di dunia. Ada begitu banyak android developer yang profesional dan bersertifikat dicari daripada teknologi mobile yang lainnya.

Buat kamu yang mungkin saat ini sedang bingung untuk memilih keahlian apa yang harus dipelajari, maka android developer adalah kesempatan terbaikmu. Alasan mengapa android developer begitu banyak dibutuhkan juga karena peranan Google Play Store yang begitu meningkat pemasarannya.

Sejak Google membuat play store, pengalaman penggunaan smartphone pun meningkat berkali lipat. Melalui Google play store, sebuah smartphone android bisa mengakses berbagai macam aplikasi dengan lebih mudah oleh siapapun. Tak hanya banyak dicari, android developer yang profesional juga memiliki gaji yang cukup tinggi. Jadi tidak heran, bahwa anak muda jaman sekarang banyak yang belajar pemrograman android.

Tentunya kamu tak boleh ketinggalan dengan teman-teman dan anak muda lainnya dalam meraih kesempatan besar ini. Ilmu yang akan kamu pelajari ini nantinya akan terus berkembang, membuatmu tidak akan bosan mempelajarinya. Untuk bisa belajar, kamu bisa mengikuti kursus android terbaik di kotamu.

Apa Itu Pemrograman Android? Darimana Harus Belajar?

Pertama kali dibuatnya platform android adalah dari Open Handset Alliance (OHA) yang memiliki misi awalnya adalah ‘membangun ponsel yang lebih baik’. Kepopuleran android meningkat setelah Google meluncurkan play store. Luasnya kemampuan aplikasi android, sering disamakan dengan sistem operasi desktop.

Android merupakan program berlapis yang dibangun diatas dasar kernel Linux dan mencakup fungsionalitas yang kata. Subsistem antarmuka pengguna mencakup semua yang Anda harapkan dari lingkungan sistem operasi yang matang termasuk jendela, tampilan, dan widget untuk menampilkan elemen umum seperti kotak edit, daftar, atau daftar drop-down.

Baca Juga:  5 Materi Dasar Pada Kursus Bootcamp Coding Jakarta

Sebuah aplikasi android mampu menjelajah web secara umum dan tersedia untuk ditanamkan langsung ke aplikasi Anda sendiri. Aspek penting dari pembuatan aplikasi android adalah bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java.

Namun kini bahasa pemrograman yang digunakan dari Google yaitu Kotlin. Kedua jenis bahasa pemrograman inilah yang akan menjadi dasar untuk belajar.

Bagi kamu yang ingin memulai kursus android, akan lebih baik untuk mengikuti kelas dasar tentang Kotlin terlebih dahulu. Selain Kotlin pelajari juga prinsip dasar pemrograman. Kedua pemahaman ini dibutuhkan sebagai ilmu dasar yang sangat penting.

Materi dalam Kursus Pemrograman Android

belajar pemrograman android

Pada saat memilih tempat kursus android Jakarta, akan lebih baik jika kamu mencermati materi apa saja yang akan dipelajari.

Materi ini bisa dibandingkan untuk mengetahui mana tempat kursus yang terbaik. Apa saja materi yang seharusnya didapatkan dalam sebuah tempat kursus? Berikut ini macam-macamnya:

1. Java

Seperti yang dijelaskan bahwa bahasa pemrograman yang digunakan untuk aplikasi android adalah Java atau Kotlin. Sebuah tempat kursus akan menyediakan kelas bahasa pemrograman ini secara terpisah sebelum masuk ke kelas android.

Untuk bisa menjadi programmer yang sukses membuat aplikasi android, kamu harus terbiasa dengan konsep, daftar ,variabel hingga struktur kontrol dari bahasa pemrograman.

Oleh karena itu materi mengenai Java dan Kotlin juga harus tersedia. Keuntungan jika menggunakan Java adalah bukan hanya digunakan untuk bahasa pemrograman android saja tetapi juga dalam pembuatan website dan program lainnya.

2. SQL

Kamu juga akan mendapatkan materi mengenai SQL yang fungsinya untuk manajemen database dalam aplikasi android.

SQL adalah bahasa yang digunakan untuk mendapatkan informasi dari database yang dibuat. kamu bisa menulis sehingga tidak ada data yang tidak bisa dicari di dalam database. Semua bisa didapatkan dengan lebih mudah.

3. XML

pembuatan aplikasi android

Materi selanjutnya adalah XML dan selalu dipelajari oleh semua android developer profesional. XML berfungsi untuk mendeskripsikan data,. XML syntax memiliki peranan penting untuk membantu android developer dalam mendesain user interface (UI) layout and memberikan tanda dari internet.

Kamu perlu belajar mengenai XMLL yang bisa digunakan melalui Android Studio, tetapi secara konstruktif bisa memanfaatkan bahasa pemrograman dasar. Semua materi belajar buat aplikasi android ini bisa kamu dapatkan di tempat kursus.

Baca Juga:  Kuasai Semua Bidang Web Dengan Kursus Web Master

4. Android Software Development Kit (SDK) and Android Studio

Salah satu materi yang sangat penting untuk membuat aplikasi android adalah alat berupa software yang gratis dan mudah untuk didapatkan. Android SDK adalah salah satu tools yang gratis dan mudah untuk di download sama seperti Android Studio. Biasanya para pemula akan menggunakan Android Studio yang menjadi program utamanya.

Kamu bisa memanfaatkan tools ini untuk membangun berbagai halaman aplikasi dan dari perpustakaan. Sedangkan Android SDK sudah termasuk contoh kode, perpustakaan software hingga berbagai fitur yang membantu untuk membangun hingga pengetesan.

5. Mengupload Aplikasi ke Google Play

Ketika aplikasi yang sudah kamu buat berhasil maka tindak lanjutnya adalah mengunggahnya ke Google Play. Cara mendaftarkan aplikasi pun akan diajarkan dalam kursus android studio Jakarta jadi kamu tak perlu khawatir dan bingung untuk melakukannya.

Software Pembuatan Aplikasi Android

kursus android jakarta
Selain Android SDK dan Android Studio yang menjadi software paling banyak direkomendasikan, ada beberapa lagi software yang bisa menjadi pilihanmu. Tidak ada salahnya jika setelah selesai mengikuti kursus membuat aplikasi android kamu belajar menggunakan software lain sebagai pengembangan.

Beberapa memiliki fitur yang sama, sedangkan lainnya memiliki fitur tambahan yang akan mempermudahmu untuk membuat aplikasi android. Berikut ini beberapa jenis software yang bisa menjadi pilihanmu.

1. Eclipse

Bahasa pemrograman yang digunakan pada software ini adalah Java, Pada pengembangannya, Eclipse juga menggunakan bahasa pemrograman lain seperti C++, Php, Perl, dll. Sebelum Google merilis android studio.

Eclipse adalah software yang paling banyak dipilih. Saat ini Eclipse digunakan sebagai pengembangan aplikasi android tertentu. Sifat software ini open source serta membutuhkan banyak plugin.

2. Xamarin

Bahasa pemrograman yang digunakan untuk Xamarin adalah C#, jadi jika kamu mempelajari Java atau Kotlin maka harus belajar lagi bahasa pemrograman C#. Software ini bukan hanya digunakan untuk aplikasi android tetapi juga ios dan windows phone. Aplikasi yang dibuat ini memiliki kualitas baik seperti native iOS dan Android.

Ada dua jenis Integrated Development Environment (IDE) yang digunakan dalam Xamarin. Pertama adalah yang terintegrasi dengan visual studio dan Xamarin studio.

Baca Juga:  Menjajal Kursus Web Master Serpong

3. Adobe Flash

Adobe flash juga bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi android. Fungsi utamanya adalah untuk membuat gambar vektor atau animasi, tapi pada pengembangannya bisa digunakan untuk aplikasi berbasis gambar tersebut.

4. Unity

Jika kamu ingin membuat aplikasi game maka Unity adalah pilihan yang terbaik. Sebelumnya software ini hanya bisa digunakan pada Mac OS namun kini telah berubah. Baik itu game 2D dan 3D bisa kamu buat menggunakan software ini. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Javascript, C#, dll.

Tertarik untuk mempelajari berbagai software tersebut? Kamu bisa memulai training android Jakarta dari sekarang. Mulailah belajar bersama dengan Codeva yang akan memberikanmu kelas khusus aplikasi android. Hanya bermodal laptop setelah mengikuti kelas dijamin kamu pasti akan menjadi android developer yang handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *