kursus bootcamp coding

5 Materi Dasar Pada Kursus Bootcamp Coding Jakarta

Posted on

Kursus Bootcamp Coding – Kita hidup dimana teknologi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, dan teknologi juga dengan pasti mengubah cara hidup kita. Saat ini perangkat lunak telah mengambil banyak bagian pekerjaan manusia, walau sebenarnya perangkat lunak itu adalah buatan manusia itu sendiri.

Teknologi mengajarkan kita bahwa profesi manusia akan mengalami banyak perubahan, pekerjaan yang tidak kita pikirkan saat ini dimasa mendatang akan ada banyak profesi baru lagi, dan beberapa profesi yang masih kita lihat saat ini akan hilang perlahan digantikan oleh teknologi.

Dan untuk itu, pekerja terampil dalam bidang teknologi akan selalu dibutuhkan dan juga dalam jumlah yang banyak. Pekerjaan yang akan terus ada dan juga harus ilmunya harus selalu di upgrade, salah satunya adalah bootcamp coding.

Apakah sebelumnya Anda sudah pernah mendengarkan bootcamp coding dan keuntungan apa yang akan didapatkan ketika mengikuti kursus bootcamp coding? Secara rinci akan kami jelaskan pada penjelasan berikut ini :

Apa Itu Bootcamp Coding ?

bootcamp
Bootcamp coding adalah program pelatihan secara teknis untuk pemrograman atau coding. Dan tujuan dari coding sendiri adalah untuk pengembangan satu web atau pengembangan programing pada android.

Coding bukan hal yang mudah untuk dipahami sehingga tak heran jika profesional dibidang coding sangat banyak dibutuhkan dalam pendidikan di bidang IT salah satunya kursus bootcamp coding dan juga di perusahaan-perusahaan besar.

Baca Juga:  8 Materi Pada Kursus Web Programming dan Web Developer

Bootcamp coding sebenarnya lebih ditujukan pada pemula, jadi jika tentang coding masih terlalu asing bagi Anda tidak masalah karena bootcamp memang ditujukan bagi Anda yang masih pemula. Apa saja materi dasar yang dipelajari pada bootcamp coding ?

4 Materi Pembelajaran di Kursus Bootcamp Coding

bootcamp jakarta
1. Bahasa pemrograman

Salah satu yang paling penting dalam pengembangan web maupun android adalah bahasa pemrograman, yaitu bahasa pemrograman yang memang dibutuhkan untuk pengembangan web dan android, karena bahasa pemrograman ada banyak jenis tentu dengan kegunaanya yang berbeda, sehingga pada bootcamp yang akan dipelajari adalah :

a. Ruby

Ruby adalah bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan, sehingga mudah untuk dipahami dan ruby ditempatkan sebagai bahasa pemrograman pada bootcamp coding yang pertama sekali dipelajari sebagai batu loncatan untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya.

Dan keunggulan dari Ruby adalah dimana para pengguna rubi di seluruh dunia baik yang sudah ahli atau pemula akan sangat aktif untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Untuk perusahaan besar yang saat ini menggunakan Rubi adalah Github, Basecamp, Groupon dan Airbnb.

b. Java Script

Javascript adalah salah satu bahasa pemrograman yang bisa dibilang cukup praktis untuk pengembangan satu web, dan perusahaan yang menggunakan Java script saat ini adalah netflix, Airbnb, Uber dan eBay.

Javascript adalah bahasa pemrograman yang memang ditujukan untuk pengembangan web yang digunakan untuk jangka panjang.

c. Pyton

Python adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan untuk pengembangan web yang berbasis data dan ilmiah, namun tak kalah populer juga dalam pengembangan aplikasi web.

Dan perusahaan-perusahaan yang menggunakan Python dalam pengembangan web dan aplikasinya juga adalah perusahaan raksasa yaitu Google, Mozilla, IBM, Yahoo dan Facebook.

Baca Juga:  Seberapa Penting Mengikuti Kursus Data Science?

2. Kerangka Pengembangan Web

Kerangka kerja ini bertujuan untuk mempermudah pengerjaan pengembangan web, karen fokus pada fitur dan hal lainnya yang dibutuhkan saja. Jadi kerangka kerja ini sangat dibutuhkan dan diwajibkan untuk pengerjaan pengembangan web. Pada bootcamp coding ada 3 kerangka kerja yang digunakan yaitu :

a. Ruby On Rails

Ruby on rails adalah kerangka kerja yang menggunakan bahasa pemrograman Rubi, kerangka kerja ini dikembangkan oleh David Heinemeier Hansson dalam pengembangan Basecamp.
Kerangka Ruby on rails ini sangat terkontrol dalam pengerjaannya sehingga sangat cocok untuk pengerjaan pengembangan web dalam bidang struktur dan fleksibilitas.

b. Express JS

Express JS adalah kerangka kerja yang sangat minimalis sehingga mempermudah pengerjaan, dan bahasa pemrograman yang digunakan untuk Express JS adalah Java Script. Hanya saja kelemahan dari kerangka kerja Express JS ini membutuhkan waktu yang lebih dari yang lain.

c. Django

Django adalah kerangka kerja yang berbasis Python, jadi sudah pasti bahasa pemrograman yang digunakan untuk kerangka kerja Django adalah Python, dan kerangka kerja Django ini cukup mirip dengan kerangka kerja Ruby on rails, namun bedanya dan sekaligus kelebihan dari Django adalah strukturnya yang terdefinisi dengan baik ke aplikasi yang menggunakan framework.

3. Kontrol Versi

Sebagai alat kolaborasi dalam pengembangan web menggunakan kontrol versi, jadi untuk mengengbangka satu web ke level profesional maka sangat dibutuhkan kontrol versi, dalam kontrol versi ini yang akan dibahas adalah :

a. Git

Git adalah perangkat dalam komputer yang mengelola kode sekaligus melacak perubahan pada kode, dimana pada hasil lacakan tersebut akan terlihat siapa yang mengedit atau mengubah, dan detail waktunya. Keuntungan dari Git adalah keamanan sangat terjamin, dan juga sangat mudah dan praktis digunakan.

b. Github

Github adalah platform untuk berkolaborasi dalam kode menggunakan program Git. Keunggulan dari kontrol versi menggunakan Github ini adalah pendaftarannya free dan platform dimana Anda bisa belajar sekaligus menunjukkan karya Anda dalam pengembangan satu web.

4. Server dan Hosting

Ada dua server dan hosting yang akan Anda pelajari pada Bootcamp coding yaitu :

a. Heroku

Heroku adalah sebuah platform untuk menampilkan aplikasi yang sudah dikembangkan, dan pada platform ini juga digunakan untuk mengkonversi kode sebagai URL yang akan dibagikan kepada orang lain.

Keunggulan dari Heroku adalah pada pengerjaan penempatan aplikasi Heroku akan menskala dengan baik semua konveks secara kompleks dengan skala yang sangat efisien.

b. Amazon AWS

Amazon AWS ini adalah kumpulan solusi dari trouble yang ada saat pengerjaan pengembangan web, trouble saat mengunggah gambar, hosting basis data, server, dan lain sebagainya.

5. Basis Data

Pada basis data ini ada tiga hal penting juga yang akan Anda kuasai yaitu :

a. Postgres

Postgres adalah basis data, pengembangan web yang berupa data, dan bisa dibilang lebih mirip ke pengelolaan data seperti Excel, namun untuk pengerjaan data tinggi. Sehingga saat ini postgres adalah data SQL yang paling kuat dan aman sehingga paling banyak digunakan dalam data pengembangan web.

Dan saat ini heroku masih mengAndalkan postgres untuk basis datanya, dan Heroku dan postgres adalah satu kesatuan yang intuitif dalam pengembangan web.

Baca Juga:  Kuasai Semua Bidang Web Dengan Kursus Web Master

b. My SQL

Mysql adalah basis database yang relasional, dan perusahaan besar yang menggunakan Mysql sebagai basis databasenya saat ini adalah platform facebook, dan yak hanya itu platform blogging terbesar seperti Drupal dan WordPress juga menggunakan Mysql.

c. Mongo

Mongo adalah basis database yang bertolak belakang dengan Mysql, dimana Mysql adalah database yang relasional sebaliknya Mongo adalah basis database yang non-relasional.

Yang menarik dari Mongo adalah Mongo bisa menjadi solusi dari trouble pada postgres dan Mysql, walau memang lebih populer pada penanganan dalam skala kecil.

Itulah materi dasar yang akan Anda pelajari pada kursus untuk Bootcamp Coding, jadi bisa dikatakan bahwa untuk belajar Bootcamp Coding bukan hal mudah, tetapi butuh kesabaran untuk memahami langkah demi langkah, dan paling penting jangan menganggap ada bagian yang tidak begitu penting, karena semuanya saling berkaitan.

Dimanakah Tempat Kursus Bootcamp Coding Jakarta?

Tempat Kursus Bootcamp Coding Jakarta
Jika Anda ingin menjadi seorang Bootcamp Coding pastinya harus dengan motivasi yang kuat, karena harus ada motivasi yang memaksimalkan proses belajar, dan memilih tempat kursus bootcamp coding juga harus dipilih secara cerdas, dan kami sarankan untuk mendaftar di tempat kursus Bootcamp Coding Jakarta adalah Codeva.

Codeva adalah tempat kursus untuk bootcamp coding untuk Anda yang masih pemula dan juga menuju profesional. Yang paling diunggulkan pada kursus Bootcamp ini adalah pembelajaran yang modern, sehingga tidak membosankan.

Pembelajaran yang dimulai dari pengenalan dasar-dasar komputer itu sendiri hingga ke pengembangan yang semuanya berbasis team, jadi belajar dan juga diskusi yang pastinya sangat membangun dan memabangkitkan kreatifitas.

Keunggulan lainnya di Codeva adalah tutor yang pastinya sudah senior dalam bidang bootcamp coding, dan jumlah satu group atau satu kelas adalah jumlah yang sedikit tidak lebih dari 15 orang sehingga sangat efektif dalam proses belajar.

Dan pembelajarannya berbasis proyek, artinya dalam setiap materi pembelajaran Anda akan langsung diterjunkan untuk mengerjakan proyek, jadi Anda bisa melihat sendiri hasil dari apa yang Anda pelajari, dan dengan cara itu keingintahuan akan lebih tinggi dan motivasi untuk lebih kreatif juga akan semakin dipacu.

Jika Anda berminat untuk mengikuti kursus bootcamp di Codeva, Anda bisa langsung kunjungi di kantor Codeva yang buka setiap hari kerja, yaitu di Jakarta Selatan, tepatnya di Bellagio Mall Lt UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, atau Anda bisa hubungi konsultan Codeva di 0811 9720 2000, atau kunjungi websitenya di codeva.co.id, pada pojok kanan bawah Anda bisa gunakan live chat atau tinggalkan nomor ponsel, nama dan juga program yang Anda inginkan, dan konsultan codeva akan segera menghubungi Anda di nomor yang terlampir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *