kursus data science

Seberapa Penting Mengikuti Kursus Data Science?

Posted on

Kursus Data Science – Saat ini kursus data science terbaik cukup pesat perkembangannya di kota-kota besar, yang tentunya karena tingginya kebutuhan ahli data science di berbagai bidang. Lalu apa sebenarnya data science dan seberapa penting untuk mengikuti kursus data science terbaik di Jakarta, simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Data Science?

kursus data science indonesia

Data science adalah salah satu bidang ilmu yang mempelajari data yang dimulai dari proses pengumpulan data, hingga pada hasil data dan kesimpulan yang dapat diambil dari satu data.

Dalam bahasa ilmiahnya, data science adalah satu proses pengolahan data yang merangkum beberapa keterampilan mulai dari pemrograman, statistik, teknis visualisasi dalam satu bisnis atau institusi.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa data science membutuhkan banyak bidang disiplin yang berkaitan, dan apa saja?

a. Matematika

Matematika adalah salah satu bidang disiplin ilmu paling dekat dengan data science karena terkait dengan perhitungan matematika yaitu paling utama adalah aljabar. Disiplin ilmu matematika saat ini juga sudah ada yang berfokus pada pengolahan data yaitu matematika statistik.

Baca Juga:  8 Materi Pada Kursus Web Programming dan Web Developer

b. Ilmu Teknologi

Ilmu teknlogi dalam bidang data science sudah pasti sangat diperlukan, karena pengolahan data sekarang bukan lagi tulisan-tulisan yang harus dihitung secara manual tetapi dengan cara teknologi, untuk itulah bidang ilmu teknologi sangat banyak dibutuhkan di dunia.

c. Analisis Bisnis

Setelah data terkumpul dan perhitungan data sudah dilakukan dengan rumus matematika statistik dan dikelola dengan teknologi, maka akan dibutuhkan analisis bisnis, apa kesimpulan yang bisa diambil dari sebuah data yang sudah di proses.

Apa Kegunaan Data Science?

kursus data science indonesia

Sejak dulu yang namanya data sangat membutuhkan pengelolaan yang harus penuh ketelitian. Bedanya pada saat dulu pengolahan data hanya bisa dilakukan secara manual, bedanya saat ini data bisa didapatkan dengan teknologi dan juga untuk pengolahan data juga sudah dilakukan dengan teknologi.

Dalam sebuah bisnis sangat dibutuhkan yang namanya data, berapa banyak pembeli dalam kurun waktu tertentu, peminat untuk satu produk dari umur berapa hingga umur berapa dan data tersebut penting untuk perkembangan satu bisnis, untuk meningkatkan pangsa pasar maka pengolahan data sangat dibutuhkan.

Tidak hanya untuk bisnis, tetapi juga untuk penelitian akademik dan juga sosial masyarakat, dan untuk itulah data science sangat dibutuhkan. Sehingga tidak heran jika saat ini seorang data science jadi salah satu profesi dengan bayaran tinggi dan paling banyak dicari, karena hampir semua instansi atau perusahaan membutuhkannya.

Mengapa Mengikuti Kursus Data Science Itu Penting?

kursus data science jakarta

Untuk Anda yang mempunyai minat dalam pengolahan data, secara matematika, teknologi dan juga bisnis analytic, sangat disarankan untuk memfokuskan ke disiplin ilmu data science karena :

1. Karir Menjanjikan

Sudah pasti kita bermimpi tentang karir yang menjanjikan, dan menjadi data science itu adalah karir menjanjikan dengan bayaran mahal dengan berbagai alasan dan salah satunya karena data perusahaan biasanya bersifat sangat rahasia. Dan perusahaan yang membutuhkan seorang data science adalah perusahaan-perusahaan besar dengan pangsa pasar yang bahkan mendunia.

Karena pengolahan data yang mereka butuhkan bukan lagi data kecil, tetapi data yang dikumpulkan dari banyak negara untuk meningkatkan peluang bisnis mereka, jadi jika Anda bisa profesional dibidang data science saja, itu sudah bisa menjamin karir Anda.

Dan saat ini perlu Anda ketahui bahwa data science sangat jarang ditemui, sangat jarang universitas yang memang memfokuskan pada bidang data science secara keseluruhan. Bidang disiplin yang biasa kita temukan adalah, matematika statistik, IT, dan juga analisis bisnis, sementara pada data science ketiga bidang ilmu tersebut disatukan, dan sangat jarang ditemukan yang bisa menguasai ketiga ilmu tersebut.

Namun jika Anda adalah lulusan dari salah satu bidang disiplin tersebut maka sudah sangat mudah Anda untuk mempelajari bidang ilmu lainnya yang berkaitan dengan data science tersebut.

Untuk menjadi data science mungkin saat ini masih lebih ditujukan pada mereka lulusan S3 data analis dari luar negeri, namun sebenarnya keprofesionalan tersebut tidak harus dengan gelar S3, jika Anda memang konsisten dalam belajar, dengan kursus data science juga bisa profesional.

2. Ilmu Yang Akan Selalu Diperlukan

Pengolahan data akan selalu diperlukan di semua bidang, jadi data science itu tidak ada batas masa aktifnya dan bahkan semakin banyak diperlukan.

Dan itu bisa kita buktikan saat ini, untuk Indonesia sendiri masih sangat kekurangan orang yang profesional dibidang data science, masih banyak perusahaan besar yang merekrut lulusan statistik, karena kurangnya orang yang bisa profesional dibidang data science.

Jika Anda tidak mempunyai minat untuk menjadi seorang data science di sebuah perusahaan atau instansi tertentu, Anda bisa memilih menjadi seorang pengajar, dimana ilmu data science merupakan ilmu terapan yang dimana setiap waktu ilmunya akan terus meningkat sehingga akan selalu ada perubahan.

Itulah alasan kenapa Anda harus mengikuti kursus data science, dan yang paling diperlukan untuk bisa profesional dibidang data science adalah dengan cara latihan yang efisien, karena untuk bisa mahir dalam mengolah data tidak bisa hanya dengan belajar selama satu bulan, tetapi dibutuhkan latihan secara terus menerus, dan bahkan ketika Anda sudah bekerja juga masih butuh latihan secara terus menerus karena akan selalu ada ilmu baru yang harus Anda pelajari.

3. Pola Pikir

kursus data science terbaik

Kemudian yang ketigaadalah pola pikir Anda. Data science itu adalah ilmu terapan artinya Anda memang harus punya pola pikir yang siap belajar hal baru setiap saat. Jika Anda mempunyai pola pikir bahwa yang sudah Anda pelajari sudah cukup maka itu bisa sangat fatal.

Kemudian pola pikir untuk berani mengambil tindakan, karena dalam data science tidak sebatas pengolahan data saja tetapi juga analisis bisnis, dimana manajemen, administrasi sudah termasuk didalamnya. Bagaimana sebuah bisnis bisa dikembangkan pastinya seorang data science harus bisa memberikan ide-ide dari hasil data yang sudah didapatkan.

Namun untuk bisa sampai di tahap itu, pada kursus data science juga Anda akan banyak dilatih, dengan gabungan 3 disiplin ilmu tentunya butuh belajar dengan tingkat keseriusan yang tinggi. Dan pada kursus materi yang akan diberikan biasanya real dataset, dan pada materi ini Anda akan diajari bagaimana pengolahan data secara real, tentunya dengan menggunakan ilmu IT, dan rumus matematika aljabar dan juga logaritma.

Baca Juga:  Kursus Digital Marketing Serpong Paling Mutakhir

4. Komunikasi

Kemudian akan ada lagi materi yang berbasis project jadi, pada data ini akan lebih banyak berhubungan dengan grafik-grafik, yang dihasilkan dari pengolahan data yang sudah diproses di real data set. Untuk data projek ini biasanya digunakan untuk presentasi dalam perusahaan jadi harus benar-benar dibuat dalam bentuk grafik yang menarik dan mudah dipahami.

Dan pada data project inilah komunikasi juga harus ditingkatkan, Anda tidak hanya bisa bekerja dengan pikiran dan tangan saja, tetapi harus belajar bagaimana penyampaian yang benar untuk hasil data yang sudah Anda kelola, bagaimana analisis Anda, dan pendapat Anda untuk pengembangan satu bisnis, dan itu harus disampaikan dengan cara komunikasi yang benar. Jadi selama pelatihan untuk data science, Anda juga akan dilatih persentase untuk skala besar.

Untuk Anda yang masih pemula dan ingin mengikuti kursus dibidang data science tidak perlu ragu dan berpikir bahwa data science mustahil untuk dikuasai, karena selagi Anda benar-benar mengikuti dan menguasai semua materi yang diberikan di tempat kursus dan perbanyak latihan, dan juga membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan data analisis, maka menjadi seorang data science bukan hal mustahil untuk Anda raih.

Sekian untuk pembahasan mengenai data science dan apabila kalian berminat untuk mengikuti kursus data science terbaik maka Codeva.co.id bisa menjadi salah satu tempat kursus paling rekomendasi, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *