Kursus Desain Grafis

Apa Saja Yang Dipelajari Pada Kursus Desain Grafis?

Posted on

Kursus Desain Grafis – Zaman millenial sekarang kursus desain grafis bukanlah satu hal yang asing bagi Anda, namun yang sering jadi pertanyaan apa saja yang akan dipelajari pada saat kursus desain grafis?

Namun untuk menjawab pertanyaan tersebut pertama sekali Anda harus paham dulu apa itu desain grafis secara keseluruhan, dan pada artikel ini akan kita kupas satu persatu.

Apa Itu Desain Grafis?

belajar desain
Desain grafis secara singkat diartikan sebagai sebuah keahlian atau kreatifitas untuk mebuat satu kontent visual untuk menyempaikan sebuah pesan. Pesan disini bisa berupa peringatan, himbauan atau bahkan juga iklan. Jadi jika Anda sedang menonton satu iklan berupa video itu sudah merupakan satu hasil dari desain grafis.

Sebenarnya pengertian grafis ini dari waktu ke waktu bisa berubah, karena sebenarnya desain grafis ini juga sudah ada dizaman kuno, bedanya pada zaman kuno hanya berupa lukisan di gua-gua yang merupakan tempat tinggal manusia pada zaman dahulu.

Baca Juga:  Apa itu Spam? Mengenal Jenis-Jenis Spam di Internet

Namun seiring berkembangnya zaman, maka desain grafis juga mengalami banyak perubahan, yang dimulaidari munculnya zaman percetakan, dimana desain grafis itu dihasilkan berupa koran, majalah, kemudian iklan di televisi, hingga saat ini sering kita temui dismartphone kita sendiri.

Desain grafis juga disebut sebagai karya dari luapan emosi, sehingga sebuah hasil desain grafis bisa diterima oleh alam bawah sadar manusia, walupun terkadang saat ini kita sudah sering melihat audiovisual berupa iklan yang tidak bisa diterima secara logika tetapi bisa kita terima dalam segi hiburan.

Apa Saja Yang Dipelajari Pada Kursus Desain Grafis?

kursus desain grafis
Untuk menjawab pertanyaan apa saja yang dipelajari pada kursus desain grafis, berikut ini akan kami lampirkan terlebih dahulu apa saja jenis-jenis dari desain grafis tersebut. Dimana dari jenis grafis berikut akan jadi materi yang akan Anda pelajari secara mendalam pada kursus desain grafis.

1. Advertising Design

Advertising design atau disebut sebagai desain iklan merupakan desain grafis dibidang periklanan, baik iklan media cetak dan visual. Dan ini merupakan awal dari perkembangan desain grafis di dunia.
Dan hingga saat ini advertising design merupakan bagian design grafis yang paling besar karena merupakan salah satu yang paling banyak digunakan.

Tidak hanya iklan pada satu produk barang, tetapi juga berbagai layanan jasa yang memutuhkan design grafis sebagai cara untuk mengiklankan jasa yang disediakan. Dan pada advertising design ini juga dibutuhkan seorang ilustrator yang akan membuat satu ide cerita yang bisa menjelaskan tujuan iklan atau gambaran iklan yang dimaksud, jadi pada kursus desain iklan juga materi ilustrator ini akan dipelajari.

2. Environmental Design

Environmental design atau desain lingkungan merupakan jenis desain grafis yang merupakan gabungan dari arsitektur, interior dan lansekap dibagian industri. Anda mungkin pernah mengunjungi tempat yang dengan desain 3D atau 3 dimensi, dan ini merupakan salah satu hasil dari Environmental design.

Environmental Design juga tediri dari 2 jobdesk, yaitu associate designer dan drafsman, dimana perbedaan dari keduanya ini adalah associate designer bertugas untuk desainer grafis entry level.

Biasanya untuk para pemula atau freshgarduate, sedangkan untuk seorang draftsman sudah bekerja menggabungkan hasil desain yang berupa ilustrator ke arsitek dan insinyur atau sudah masuk pada pengerjaan secara teknik, dan keduanya ini akan dipelajar secara bertahap pada kursus design grafis.

Baca Juga:  Apa itu Copywriting? Strategi Kreatif dalam Pemasaran

3. Publication Design

Publication Design atau disebut sebagai desain publik adalah desain grafis untuk suart kabar atau majalah-majalah yang bukan bagian periklanan. Misalnya seperti majalah politik dan lain sebagainya.

Yang untuk saat ini Publication design tidak hanya untuk media cetak lagi tetapi juga softcopy untuk surat kabar online atau majalah-majalah yang bisa diakses secara online.

Dan terdiri dari tiga jenis jobdesk yaitu art production, art layout, Art DTB (desktop publishing) dimana art production bertugas untuk membuat ilustrator berupa softcofy yang akan dicetak oleh art production, dan seorang art DTB bertugas untuk mempublish dalam bentuh digital atau media cetak.

4. Motion Design

kursus desain

Motion Design atau biasa disebut sebagai desain gerak adalah desain untuk menyusun potongan-potongan hasil video, rekaman suara atau juga hasil desain menjadi sebuah video, biasanya Motion design ini akan menghasilakn karya seperti games online, aplikasi, teks animasi, spanduk internet atau lainnya yang merupakan motion desgin atau design bergerak.

Untuk bekerja sebagai motion gerak biasanya berbentuk team, jadi bagi Anda yang mempunyai minat dalam game, sangat disarankan untuk melatih skill menjadi seorang motion designer, karena Anda bisa membuat satu produk yang bisa Anda jual, dan pemasukan akan tetap ada selagi aplikasi dan games yang Anda buat masih dipakai.

Anda bisa lihat di playstore, ada jutaan aplikasi, dari aplikasi belajar, market place, games, camera, editing video, semuanya adalah hasil karya dari motion designer, dan setiap orang download an akan menghasilkan uang. Dan motion design sangat banyak dicari dalam banyak industri.

5. Company design

Company design atau desain perusahaan adalah desain grafik untuk kebutuhan perusahaan, bisa untuk membuat logo sebuah perusahaan, membuat kartu nama atau nawala bisnis lainnya yang berbeda dari perusahaan lain dan bisa mencerminkan motto dari perusahaan tersebut.

Seorang company design pada umunya memang freelance tetapi dengan bayaran paling mahal, karena akan membentuk satu citra baik dalam satu perusahaan, motto perusahaan dengan design logo harus benar-benar matching.

6. Web Design

Web design atau desain web adalah bagian dari desain grafik untuk sebuah website, dimana seorang web designer bertugas untuk membuat satu webiste memiliki nilai estetika yang bagus. Penyusunan letak gambar dan ukuran gambar pada satu halaman, dan memilihkan background yang tepat, sehingga nyaman dan enak untuk dilihat siapapun yang mampir ke halaman tersebut.

Web Design cukup banyak digemari saat ini karena dengan satu laman yang dikelola dengan baik saja sudah bisa menjadi salah satu mata pencaharian atau profesi tetap bagi seseorang, sementara bisa juga bekerja untuk perusahaan untuk menjadi seorang web disgn, semakin kreatif maka kesempatan akan semakin terbuka lebar.

7. Packaging Design

Packaging design atau desain kemasan adalah salah satu desain grafis yang sudah ada sejak dulu. Kita bisa tertarik membeli satu produk karena desain kemasannya sangat bagus dengan pilihan warna dan gambar yang menarik. Dan itu merupakan hasil kaya desain dari seorang Packaging design. Bisa dikatakan bahwa seorang Packaging design berlaku dimana-mana, karena banyak industri yang membutuhkannya.

Jika kita membandingkan design produk terkenal dengan produk yang jarang didengar pasti dari segi desain kemasannya saja sudah sangat berbeda. Itu merupakan salah satu nilai jual yang tinggi untuk satu industri make up.

Itulah 7 jenis desain grafis, dan 7 design grafis yang bisa Anda dapatkan ditempat kursus design grafis. Menjadi seorang design grafis sangat membuka banyak peluang karir cemerlang, terlebih jika Anda selalu meng-update ilmu dengan design-design terbaru.

Baca Juga:  Cara Kerja Web Browser di Internet

Semua industri didunia membutuhkan design grafis, dan bahkan pemerintahan sekalipun memmbutuhkan design-design grafis yang profesional. Jadi jika Anda mempunyai keinginan untuk mengikuti kursus design grafis, jangan ditunda-tunda lagi dan segera mendaftar kursus desain grafis terbaik di Codeva.co.id.

Namun kami sarankan untuk memilih satu kelas design yang memang Anda minati, apakah itu Advertising design, Environmental design, Publication design, Motion design, Company design, Web design atau Packaging design.

Karena dengan fokus pada satu jenis desain grafis akan memaksimalkan Anda pada bidang tersebut, memang tidak ada yang salah jika memperlajari beberapa jenis design tetapi hasilnya tidaks semaksimal jika Anda fokus pada satu dan setelah menguasainya bisa mempelajari jenis desain grafis yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *