kursus motion graphic

Apa yang Dipelajari di Kursus Motion Graphic? Kenali Disini

Posted on

Kursus Motion Graphic – Adanya gambar bergerak akan merangsang otak manusia untuk lebih cepat menangkap makna yang hendak disampaikan. Sebuah gambar bergerak, memiliki warna dan juga informasi akan menarik perhatian manusia.

Fungsinya akan sangat bagus dalam mempromosikan sebuah bisnis tertentu. Ada begitu banyak orang yang belajar edit video supaya bisa menampilkan audio visual yang menarik.

Jika kamu ingin bisa memproduksi sebuah gambar bergerak untuk bisnis sendiri atau orang lain maka belajar motion graphic dari sekarang adalah pilihannya. Motion graphic bukan hanya sekedar gambar bergerak dan video biasa yang telah kamu rekam. Kamu harus membuatnya dari awal dan bisa dibilang ilmu ini cukup menarik untuk dipelajari.

Tak perlu takut untuk belajar walaupun kamu belum memiliki pengalaman apapun mengenai video. Mengikuti kursus motion graphic nantinya akan membantumu untuk meningkatkan kreatifitas dan tentunya mengembangkan karir. Tidak sedikit juga orang yang memiliki pekerjaan sampingan atau bahkan berubah haluan karir menjadi motion graphic maker.

Mau tahu seperti apakah motion graphic itu, materi apa saja yang harus dipelajari serta bagaimana karir kedepannya? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Motion Graphic?

Apa Itu Motion Graphic?

Cobalah untuk mengingat kembali apakah video favoritmu dan apa yang membuatmu menjadi menyukainya? Jawabannya pasti akan sangat bervariasi dari semua orang mulai dari cerita hingga grafisnya. Semua susunan dirangkai menjadi sangat sempurna. Motion graphic adalah salah satu bagian dari animasi, hanya saja mayoritas komponennya adalah teks. Bisa juga dibilang sebagai animated graphic design.

Masih banyak diperdebatkan hingga saat ini mengenai batasan dari motion graphic dan juga animasi. Namun secara umum, motion graphic telah menjadi bagian dalam sebuah animasi. Motion graphic sendiri adalah salah satu cara yang digunakan untuk berkomunikasi dengan penonton dan menambahkan cerita yang dalam.

Bersamaan dengan musik maka seorang professional video editor motion graphic bisa menyampaikan sebuah pesan. Penggunaan motion graphic bisa dalam sebuah iklan, bagian judul dalam film, atau video yang fungsinya untuk menyebarluaskan informasi.

Baca Juga:  Kursus Motion Graphic Serpong Paling Direkomendasikan

Di tempat kursus editing video motion graphic kamu akan belajar dari dasar bagaimana cara membuatnya dengan kreatifitas sendiri. Ada begitu banyak template yang bisa digunakan untuk mempermudah pemula dalam belajar motion graphic. Jadi kamu tak perlu khawatir dan bingung bagaimana cara mempelajarinya dari awal.

Materi Pembelajaran di Kursus Motion Graphic

Materi Pembelajaran di Kursus Motion Graphic

Saat belajar motion graphic bukan hanya tamplete saja tetapi ada banyak materi lain yang akan dipelajari. Apalagi jika kamu mengikuti kursus motion graphic maka materi yang diberikan lebih bervariasi. kamu juga akan lebih mudah belajar karena semua materi telah disusun supaya mudah sebagai pembelajaran.

Ada begitu banyak tipe motion graphic dan semua itu ada teknik yang harus dipelajari terlebih dahulu. Nantinya setelah mempelajari materi ini kamu akan memiliki skill dasar yang bisa dikembangkan lebih jauh lagi. Apa saja materi pembelajaran yang harus dikuasai? Berikut ini macam-macamnya:

1. Tipografi

Motion graphic membutuhkan berbagai jenis teks sesuai dengan konsep yang hendak dibuat. Melalui teks maka ada banyak penonton mengerti pesan apa saja yang ingin disampaikan.

Oleh karena itu tipografi menjadi materi penting untuk dipelajari pertama kali. Kamu bisa mempelajari seperti apakah tipografi yang mudah dibaca tetapi memiliki estetika yang sesuai.

2. Teori Warna

Warna memberikan pengaruh yang sangat tinggi karena dari sinilah motion graphic kamu menarik untuk dilihat. Fungsi dari warna juga akan memberikan mood atau rasa pada penonton sehingga pemilihannya harus hati-hati. Kamu akan belajar mengenai apa itu teori warna sebagai bekal dasar.

Baca Juga:  Yuk Ikutan Kursus Android dari Pemula untuk Menjadi Expert

3. Desain Grafis

Desain juga menjadi sangat penting karena inilah dasar supaya kamu bisa membuat gambar bergerak. Grafis ini nantinya akan dipelajari menggunakan berbagai macam software. Artinya kamu akan lebih belajar pada teknik desain grafis mengandalkan teknologi.

4. Animasi

Motion graphic yang merupakan bagian dari animasi, membuat kamu akan belajar tentang animasi terlebih dahulu sebagai dasarnya. Bagaimana cara membuat elemen 2D hidup serta bergerak. Setelah menguasai animasi, kamu bisa mengembangkannya untuk pembuatan desain 3D.

Software untuk Belajar Motion Graphic

Software untuk Belajar Motion Graphic

Bagaimana cara belajar mengedit video motion graphic? Jawabannya adalah dengan menggunakan software. Kamu perlu mempelajari teknik membuat dan mengedit motion graphic dari sebuah software. Dari teknik nantinya akan dikembangkan melalui kreativitas.

Ada beberapa software yang bisa kamu gunakan sebagai pembelajaran yaitu sebagai berikut:

1. Adobe Illustrator

Software ini adalah yang paling terkenal di kalangan pemula hingga profesional. Jika kamu ingin mencoba membuat animasi vektor maka ini adalah software yang harus pertama kali dipelajari. Di software ini kamu juga bisa belajar tentang motion tweening yang merupakan jenis animasi simbol atau ikon.

2. Adobe Photoshop

Software dari Adobe memang sangat mumpuni untuk siapa saja yang baru belajar. SAlah satunya adalah Adobe Photoshop yang mungkin sudah tidak asing lagi. Bisa dibilang juga Adobe Photoshop adalah software dasar yang harus dipelajari sebelum masuk ke software video.

Disini kamu bisa mengolah foto yang ujung-ujungnya juga bisa membuat motion graphic yang cukup sederhana gerakannya.

3. Adobe Premiere

Masih juga dengan software keluaran dari Adobe. Fungsinya dalam pembuatan motion graphic adalah untuk cutting, color grading, dan menyatukan audio videonya. Hingga tahapan rendering dan hasilnya sudah bisa digunakan. Ada begitu banyak fitur yang bisa dimanfaatkan seperti pembuatan teks, grafis dan juga foto. Berbagai transisinya sangat menarik untuk digunakan.

Selain ketiga software dari Adobe tersebut, masih ada banyak lagi jenis software yang bisa digunakan. Seperti misalnya CorelDraw, Adobe After Effect, Adobe Flash Player, hingga Maxon Cinema 4D. Kamu bisa belajar di tempat kursus motion graphic semua software yang diinginkan satu per satu.

Dimana Saja Kamu akan Bekerja Setelah Menguasai Motion Graphic?

kursus editing video

Selesai mengikuti kursus videografi profesi apa sih yang kira-kira bisa kamu pilih? Setelah mempelajari sebuah ilmu baru tentu saja tujuan selanjutnya adalah karir. Kamu sudah susah payah untuk mempelajari teknik-teknik motion graphic tentunya bukan hanya untuk sekedar tahu saja.

Jika kamu sudah menguasai ilmu ini maka saatnya untuk mengembangkannya di bidang karir. Kamu akan menjadi motion graphic designer yang akan bekerja di berbagai macam bidang. Apabila kamu sudah mahir dalam membuat motion graphic, maka kamu bisa memutuskan untuk bekerja menjadi motion artist. Seorang motion artist bisa bekerja sama dengan pihak manapun sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan pilihan lainnya adalah untuk menjadi editor film, animator, branding consultant, illustrator game, graphic designer di berbagai bidang seperti periklanan, televisi, atau production house. Bisa dibilang karir yang luas ini membuat peluang bekerja menjadi lebih mudah.

Bagi kamu yang tertarik mengikuti kursus motion graphic secara lengkap dan cepat, ikuti kursus di Codeva. Kamu bisa mengikuti paket kurus sesuai yang dibutuhkan. Belajar motion graphic? Siapa takut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *