kursus web master

Kuasai Semua Bidang Web Dengan Kursus Web Master

Posted on

Kursus Web Master – Saat ini seiring dengan berkembangnya teknologi, kita sering menemukan profesi-profesi yang sebelumnya tidak pernah kita dengar, dan pasti semakin berkembang lagi IT akan semakin banyak juga profesi-profesi baru lainnya.

Dibidang pengembangan Web, Anda mungkin sering mendengar Web designer, Web programming, Web animator maupun administrator, namun yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Web yang mengelola keempat jenis pengembangan web tersebut, yaitu web master.

Sebelum kita membahas artikel menguasai bidang web dengan kursus Web master, sebelumnya kita akan bahas dulu dengan lengkap apa itu web master dan apa saja cakupannya.

Apa Itu Webmaster?

web master

Web master adalah seorang yang bekerja untuk membuat dan mengelola satu web, mengelola server dan juga aspek pemrograman. Atau secara umum tanggung jawab seorang web master adalah :

a. Mendaftar dan mengelola domain beserta hosting pada web

b. Merancang tujuan website dibentuk dan juga mendesign website tersebut supaya lebih menarik

c. Memonitor perkembangan dan memperbaiki jika ada trouble pada web

d. Mengembangkan dan merawat supaya website lebih banyak diminati

Baca Juga:  Apa Saja Yang Dipelajari Pada Kursus Desain Grafis?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa seorang Web master harus mampu menguasai web designer, web programming, web animator dan juga web administrator, dan keempatnya akan dijelaskan secara rinci berikut ini :

a. Web Designer

Pada web designer harus bisa menguasai bagaimana caranya mendesain sebuah web supaya terlihat sangat menarik, terutama tampilan halaman depannya, dari segi posisi gambar, tulisan dan juga warna yang sesuai, dan untuk lebih rinci, tugas seorang web designer adalah :

* Mengikuti semua tahapan design mulai dari konsep hingga final.

* Mengkonsep ide-ide untuk website, tentunya bagaimana tampil menarik namun berbeda dari web lain, dan juga bagaimana penggunaanya lebih mudah diakses.

* Membuat rangkaian storyboard, peta situs dan juga prosesnya

* Mengembangkan dan mempromosikan pedoman desain.

Seorang web designer harus bisa menguasai alat desain berupa photoshop, adobe illustrator, mockplus, dan juga adobe after effects, menguasai adobe animate, desain grafis, desain responsif, desain UX dan sense desain.

Untuk keterampilan teknisnya juga seorang web designer harus bisa menguasai manajemen server, manajemen waktu, SEO, manajemen proyek, dan layanan pelanggan. Keterampilan tersebut harus benar-benar dikuasai dengan baik.

b. Web Programer

Web programer adalah bagian paling teknis dalam pengembangan semua website sehingga harus memahami pembuatan web dari paling dasar, yang dimulai dari bahasa-bahasa pembuatan sebuah web, misalnya java, java script, HTML, PHP, dan lain sebagainya. Dan rincian tugasnya adalah :

* Mengelola coding disesuaikan dengan jenis bahasa pemrograman yang dibutuhkan supaya bisa mengakses website di browser.

* Membuat sistem pengembangan situs web nya berjalan dengan lancar dan bisa memperbaiki jika Anda trouble baik dalam membuat content-content baru.

* Mengelola dan mengembangkan semua database sesuai yang direncanakan oleh web designer

Baca Juga:  8 Materi Pada Kursus Web Programming dan Web Developer

c. Web Animator

Web animator adalah yang bekerja dibidang pembuatan animasi, supaya sebuah website menarik untuk dilihat. Yang paling utama seorang web animator harus bisa mendesain animasi yang sesuai dengan tema sebuah website, sehingga mempercantik penampilan website tersebut.

d. Web Administrator

Web administrator adalah yang paling bertanggung jawab dalam sebuah web yang sudah terbentuk dari desain pemrograman hingga animasinya, jadi harus bisa menguasai web server yang ada, dan detail tanggung jawabnya adalah :

* Mengatur server dan juga menginstalnya juga merawatnya supaya berjalan dengan baik

* Menjaga keutuhan data dan keamannya yang ada pada web

* Mengatur domain yang bisa digunakan

* Mengatur user yang bisa mengakses dan juga mengamankan password dan content-content.

Pentingnya Mengikuti Kursus Web Master Agar Jadi Profesional

kursus webmaster

Itulah keempat web yang harus dikuasai oleh seorang web master, lalu bagaimana caranya supaya bisa menjadi seorang yang profesional dibidang Web master?

a. Kursus Web Master

Tidak seorangpun manusia yang bisa profesional tanpa melewati tahapan latihan, untuk itu mengikuti latihan maupun kursus web master adalah salah satu yang wajib Anda lakukan supaya bisa menguasai keempat jenis web tersebut.

Keseluruhan yang harus Anda kuasai adalah perangkat lunak, jadi pelatihan dengan terus latihan dimulai dari programming, dengan menguasai coding, dengan bahasa-bahasa programming untuk pengelolaan sebuah web hal yang wajib.

Untuk itu ikuti kursus web master di kota Anda, saat ini ada banyak tempat kursus yang tersedia dan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi , Tangerang, Surabaya, Bandung yang paling kami sarankan adalah tempat kursus Codeva, salah satu tempat pelatihan berbagai jenis kelas IT yang sudah terpercaya.

Di Codeva ada banyak yang baru yang akan Anda temukan tentunya dengan metode belajar yang menarik dan berbeda dengan yang lain. Karena sistem belajar yang dilakukan di Codeva adalah sistem belajar team dan dengan proyek nyata, jadi setiap murid harus membuat proyek sendiri, sehingga ketika masa pelatihan atau kursus sudah selesai Anda bisa buktikan dengan satu proyek yang sudah Anda selesaikan dari awal, jadi setiap tugas dan diskusi-diskusi semua berdasarkan praktek jadi lebih membantu untuk competent.

Selain itu di Codeva juga kelasnya bukan grup kelas besar, tetapi hanya diisi kurang dari 15 murid untuk satu group class, jadi Anda punya banyak waktu lebih banyak untuk diskusi dengan tutor dan sesama team belajar.

b. Dapatkan Pengalaman

kursus website jakarta

Jika Anda sudah melewati pelatihan dan bisa membuat proyek sendiri, mulailah menerapkan apa yang sudah Anda dapatkan selama pelatihan dengan bekerja, tentu selama bekerja akan Anda dapatkan lagi banyak pengalaman, dan itu pasti meng update kemampuan Anda.

Dan saat ini Anda tidak perlu takut untuk memulai karena media untuk belajar sangat banyak, dan juga banyak situs diskusi web yang bisa Anda ikuti untuk menambah pengalaman web master. Belajar dari kesalahan dan juga dari pengalaman-pengalaman orang lain juga akan sangat banyak membantu menuju keprofesionalan.

Sekian untuk artikel pengenalan apa itu web master dan juga cakupan bidang keprofesionalan, dan jika Anda berminat untuk mengikuti pelatihan web master dengan kursus di Codeva, bisa Anda kunjungi di semua cabang Codeva di kota Anda.

Untuk daerah Jakarta Anda bisa kunjungi kantor terdekat yaitu di Bellagio Mall Lt UG, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *