kursus web programming

8 Materi Pada Kursus Web Programming dan Web Developer

Posted on

Kursus Web Programming – Saat ini kita hidup di zaman era teknologi dan informasi yang semakin hari semakin berkembang. Setiap hari akan ada hal-hal baru yang ditemukan oleh para ahli-hali tegnologi. Jadi tidak heran jika peminat dan juga orang yang dibutuhkan dalam programming itu seakan tidak ada habisnya.

Ada banyak jenis pemrograman yang sering kita temui, yaitu dimulai dari program games, pemrograman aplikasi yang ada pada ponsel dan juga program web. Dan yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah Web Programming.

Anda mungkin punya ketertarikan pada dunia web programming, dan jika anda memiliki ketertarikan sebaiknya diseriusin dengan kursus Web Programming, karena selain untuk diri anda sendiri, seorang Web Programming juga saat ini banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

Apa itu Web Programming?

kursus pemrograman web
Secara IT web programming diartikan sebagai satu proses dalam pembuatan satu program yang berbasiskan web.

Ada banyak hal yang akan anda pelajari pada kursus web programming dan berikut ini akan kami jelaskan materi paling dasar pada kursus web programming, yaitu ada 5 bahasa web programming yang harus anda kuasai, simak berikut ini :

Materi Pada Kursus Web Programming

kursus web developer

1. Pyton

Pyton adalah jenis bahasa pada web programming yang paling tua, dimana Pyton ini pertama sekali ada tahun 1989 atau sekitar 31 tahun yang lalu. Namun begitupun saat ininpyton adalah bahasa pemograman yang paling banyak digunakan.

Pyton digunakan untuk berbagai platform terkenal seperti Windows, Mac Os, Ms.DOS dan juga UNIX dan Linux. Nilai unggul dari pyton ini adalah kecepatan pemrosesan sangat cepat dan bisa membuat program dari skrip yang kecil, namun kekurangnya adalah dimana hingga saat ini pyton sangat protected untuk privat dan publicnya.

2. Java

Java ditemukan 29 tahun lalu, 2 tahun lebih mudah dari progra bahasa Pyton, dimana Java ditemukan pada tahun 1991 dan berhasil menjadi bahasa pemrograman yang paling populer didunia. Dalam statistik pengguna java ada sekitar 9 juta pengguna untuk para pengembang programming dan 7 miliar yang menggunakan secara umum.

Java ini paling banyak digunakan untuk pengembangan atau pembuatan aplikasi android dan perangkat bisnis lainnya. Keunggulan dari Java sehingga bisa menjadi bahasa pemrograman populer di dunia karena kode sumbenrya jelas dan terpisaha antara HTML nya.

Studio visual dari Java bisa menghasilkan kode dan sangat simpel sehingga tidak perlu memakan banyak wkatu untuk penulisan kode, selain itu mudah untuk dipelajari, mudah untuk diconfigurasi, dan kompatibel untuk semua platform, bisa digunakan untuk Linux, dan IIS-Windows.

Baca Juga:  Apa Saja Yang Dipelajari Pada Kursus Desain Grafis?

3. Java Script

Untuk Java sript ini biasa digunakan untuk situs-situs modern, dan alasan paling utama menjadi idola pada situs modern karena tidak perlu mendowload perangkat lunaknya di PC, atau laptop dan sangat mudah untuk diikuti oleh para pemula.

Selain mudah Java script juga memiliki desain yang independen sehingga sangtat membantu untuk web programming pemula, dan sangat mudah digunakan untuk berinteraksi. Namun kelemahan dari Java Scrip
ini adalah tidak bisa menyimpan kode dengan aman dan hanya bisa diakses dengan browser yang memang mendukung Java scrip.

4. C++

C++ adalah bahasa pemrograman yang sudah ada sekitar 32 tahun lalu, dan merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunkan. Aplikasi yang menggunakan bahasa C++ adalah Microsoft Windows, Google Crome, PDF Reader, dan Photoshop.

Jadi jika anda menjadi seorang yang profesional dibidang web programming yang paham dengan bahasa programming C++, sudah bisa dipastikan bahwa job yang akan anda kerjakan adalah sudah sekelas google dan Facebook. Dan sampai sekarnag bahasa C++ masih tetap dikembangkan jadi sangat menjanjikan jika anda bisa menggunakan C++.

Keunggulan dari C++ adalah keywordnya tidak banyak jadi untuk pemula yang sering merasa bingung dengan keyword bahasa pemograman yang sangat banyak, maka C++ salah satu solusinya.

5. C #

C # adalah bahasa pemograman yang dikembangkan oleh Microsoft dengan platform NET, yang biasa digunakan untuk pembuatan aplikasi games yang ada di Windows dan salah satu keunggulan dari C # adalah lebih mudah lagi digunakan dibanding C++, walau memang logika dalam penoperasiannya hampir sama tetapi sintaksinya lebih mirip ke Java.

Keunggulan lainnya untuk C # komunitas onlinenya sangat ramai, jadi untuk berbagi ilmu dan mencari ilmu dari pengalaman para pengguna itu cukup mudah, dan bahasa yang digunakan juga cukup mudah dipahami.

Itulah 5 bahasa pemrograman yang wajib anda kuasai pada saat belajar web programming, karena untuk berangkat ke web pemograman 5 bahasa tersebut harus anda kuasai. Dan tidak hanya untuk web programming saja tetapi juga untuk web developer, dimana web develover ini adalah programming secara khusus mengerjakan untuk world wide web atau biasa disingkat dengan WWW, itu mengapa 5 bahasa pemrograman diatas juga wajib dikuasai, dan ditambah dengan bahasa pemrograman pengembangan lainnya.

Materi Kursus Web Developer

kursus full stack developer

Namun pada umumnya untuk web developer tidak ada untuk pendidikan formal tetapi jika anda ingin lebih mendalaminya ilmu web developer bisa dengan mengikuti kursus web developer, yang saat ini juga sudah banyak tersedia dikota-kota besar.

Pada kursus web developer materi yang akan anda pelajari cukup banyak, tapi yang paling harus anda kuasai adalah :

1. Front – End Developer

Front – End Developer adalah website bagian paling depan yang biasa diakses oleh para user. Biasanya untuk Front – End Developer harus menguasai bahasa pemrograman seperti HTML dan Java Script.
Pada Front – End Developer anda akan belajar bagaimana membuat website depannya menarik, dan juga kontent yang menarik. Jadi tidak hanya belajar secara teknis tetapi juga design.

2. Back- End Developer

Back- End Developer adalah website yang terdiri dari database, server dan aplikasi, dan Back- End Developer harus dikuasai supaya bisa membuat Front – End Developer. Ketika komponen atabase, server dan aplikasi yang sebenarnya akan membentuk Front – End Developer.

Biasanya untuk pengoperasian Back- End Developer menggunakan bahasa pemrograman berupa Pyton, Java atau .NET. Jadi biasanya pada kursus web developer keduanya ini akan anda pelajari. Karena saling keterkaitan.

3. Full – Stack Developer

Full – Stack Developer merupakan gabungan dari front – End developer dengan back – end developer jadi pada Full – Stack Developer yang akan dipelajari lebih complete untuk pembuatan sebuah website yang manarik, dimulai dari front – End developer dan back – end developer.

Yang intinya jika anda menjadi seorang full – stack developer artinya anda harus bertanggung jawab atas seluruh experience pengguna website, mulai dari tampilan website sampai dengan waktu loading website.

Keuntungan Mengikuti Kursus Web Programming

Keuntungan Mengikuti Kursus Web Programming

Itulah materi-materi yang akan anda dapatkan pada kursus web programming dan juga kursus web developer dan semuanya saling berkitan. Disini kami lebih menyarankan anda untuk mengikuti kursus karena ada beberapa hal yang memang harus anda pertimbangkan :

1. Fokus

Jika anda mengikuti kursus, anda lebih fokus belajar pemrograman itu, sedangkan saat anda memilih untuk belajar otodidak. Pembelajaran anda tidak bisa fokus pada satu tujuan, karena anda harus mencari materi demi materi yang akan membuat waktu juga banyak terbuang.

2. Dunia Programming Itu Dinamis

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa programming itu sudah ada sejak 30 – 32 tahun yang silam, yang setiap saat mengalami perkembangan, sehingga ilmu programming itu dinamis, jika anda paham untuk jenis anda akan ketinggalan untuk hal yang lebih baru lagi, jadi ilmu tetap harus di update, jadi bagian dasarnya harus benar-benar kuat dan anda pahami secara detail sehingga mengembangkan sendiri.

3. Selalu Dibutuhkan Didunia Kerja

Yang namanya programming akan selalu dibutuhkan dan akan semakin meningkat juga kebutuhannya pada dunia kerja, bahkan jika anda tidak berniat untuk bekerja di perusahaan tetentu yang membutuhkan programming, anda juga bisa mengembangkan untuk bisnis anda sendiri atau bekerja secara freelance dengan bayaran yang juga tinggi.

Yang terpenting adalah anda harus tetap meng-update ilmu anda dan mengikuti perkembangan-perkembangan dalam dunia programming, jadi tidak programming tidak untuk dipelajari untuk seminggu atau sebulan, tetapi tetap dipelajari dan di update.

Sekian untuk materi wajib yang akan dipelajari pada kursus web program dan kursus web developer yang juga dilengkapi dengan alasan mengapa anda penting untuk anda yang ingin mengikuti kursus web programming dan web developer maka ada tempat kursus yang memiliki kualitas terbaik yaitu di Codeva, untuk informasi lengkapnya bisa kunjungi websitenya di Codeva.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *