Letak Astronomis Jerman di Belahan Eropa Barat

Posted on

Letak Astronomis Jerman – Jerman merupakan salah satu negara maju di belahan bumi eropa, tepatnya secara letak geografis berada di eropa barat bersebelahan dengan negara polandia, austria, belgia, perancis dan bertetangga dengan belanda. Jerman juga berbagi laut dengan negara-negara skandinavia seperti finlandia dan swedia. Letak geografis jerman yang bersebelahan dengan negara-negara superpower eropa ini menempatkan jerman menjadi salah satu negara terpenting di kawasan eropa.

Mau tahu sepenting apa jerman di kawasan ini? Anda tentunya tahu kan dengan uni eropa? Nah, organisasi yang menjadi naungan negara negara seluruh kawasan eropa ini mempunyai beberapa pemimpin terkuat yang mengendalikan jalannya organisasi. Salah satu pemimpin terkuat uni eropa adalah jerman dan perancis. Kenapa dua negara ini? Karena jerman telah selesai dengan internal negaranya yang mempunyai sistem federal republik parlementer yang kuat sehingga minim konlik di internalnya, sehingga membuat kanselir-kanselir jerman mempunyai kekuatan untuk memperkuat dan menjalankan uni eropa.

Faktor lain yang memperkuat jerman di uni eropa adalah peran jerman di bidang ekonomi yang menjadi negara G20 (negara negara dengan produk domestik bruto terbesar ke 20 sedunia), tentu saja Jerman termasuk ke dalam sepuluh besar dunia. Sehingga membuat jerman mempunyai peran lebih besar dalam mengendalikan negara negara di sekitarnya dalam kawasan uni eropa.

Selain itu juga, faktor lain yang cukup penting membuat jerman begitu disegani di kawasan uni eropa adalah faktor sejarah. Jerman adalah pemain penting dalam perang pra-perang dunia pertama, perang dunia pertama, perang dunia kedua hingga perang dingin yang melibatkan amerika dan uni soviet. Jerman menjadi negara besar setelah klan-klan yang bertikai di jerman bersatu, jerman juga menjadi kekaisaran yang terlibat dalam perang salib, juga menjadi negara yang terlibat dalam perang dunai pertama dengan kekisruhan bersama negara polandia.

Baca Juga:  Beasiswa S1 Jerman Full, S2 dan S3 untuk Kuliah di Jerman

Selain itu, adanya Nazi Jerman juga membuat jerman terkenal akan dominasinya untuk menguasai eropa kala itu. Pada perang dunia kedua, jerman bersama italia dan jepang membentuk poros aliansi sendiri melawan sekutu yang dipimpin oleh Inggris dan Amerika. Peran jerman juga semakin penting saat menjadi bagian dari korban perang dingin antara amerika dan uni soviet dimana jerman mengalami pembagian menjadi kedua negara: jerman barat dan jerman timur. Bahkan kemudian dibangun sebuah tembok berlin yang membagi kedua negara. Jerman timur kemudian mewarisi pembentukan blok pertahanan militer negara negara komunis yang disebut dengan Pakta Warsawa. Sementara jerman barat dan beberapa negara seperti amerika dan inggris mempelopori berdirinya aliansi militer bernama NATO (North Treaty Atlantic Organization), organisasi pertahanan militer negara negara atlantik utara untuk menandingini berdirinya pakta warsawa.

Penjelasan-penjelasan di atas adalah jerman ditinjau dari letak geografisnya, sementara letak astronomis jerman di belahan eropa barat sendiri berada di posisi 47 Lintang Utara sampai dengan 55 Lintang Utara. Letak astronomis jerman di lintang utara ini tentu saja di atas garis khatulistiwa dan berada di negara sub tropis. Sementara astronomis di sisi garis bujur yaitu 6 Bujur Timur sampai dengan 15 bujur timur. Berarti jerman berada di sebelah kanan atau sebelah timur dari Garis Greenwich yang membagi dunia menjadi dua bagian.

Nah, apa konsekuensi letak astronomis jerman berada di lintang utara dan bujur timur, konsekuensi utamanya adalah iklim jerman sangat terpengaruh pada iklim sub-tropis. Negara jerman mempunyai empat musim yaitu semi, panas, gugur dan dingin. Iklim ini akan berpengaruh banyak pada jadwal kuliah, jadwal kerja hingga sistem transportasi. Misalnya yang berkaitan dengan jadwal kuliah, pada musim panas biasanya bertepatan dengan hari liburan panjang, nah ini akan berimbas pada tiket transportasi yang cukup mahal. Berbeda dengan musim dingin yang orang malas keluar rumah serta musim dingin membuat harga listrik dan pemanas naik.

Baca Juga:  Inilah 8 Merek Mobil Asal Jerman Yang Paling Mendunia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *