Letak Astronomis Perancis

Letak Astronomis Perancis di Peta Eropa

Posted on

Letak Astronomis Perancis¬† –¬†Perancis adalah salah satu negara besar dengan sistem republik yang berada di belahan eropa, tepatnya di eropa barat, berbatasan dengan beberapa negara besar seperti Belanda, Austria, Belgia dan juga Jerman. Sistem republik perancis ini memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan perubahan sejarah politik di eropa pada kurun tahun 1700-an hingga perang dunia kedua di akhir 1943.

Perancis pada awalnya berdiri dari sebuah suku suku yang bergabung ke dalam kerajaan kecil-kecil yang kemudian membesar menjadi imperium perancis. Sistem awal negara perancis adalah kerajaan yang bersifat monarki absolut, pada awal sejarahnya raja raja perancis bersifat absolut dan tahta kerajaan diturunkan dengan sistem garis keturunan. Anda tentunya masih ingat bahwa raja raja perancis kala itu sangat berkuasa dan bahkan bisa menghukum mati seseorang sesuka hatinya.

Perubahan sistem negara perancis baru terjadi ketika terjadi revolusi sosial antara kelas pekerja melawan kelas bangsawan. Para bangsawan yang sering mengeksploitasi para pekerja (karena bersekongkol dengan para aristokrat raja) kemudian terdesak dan membuat sistem negara perancis berubah menjadi monarki konstitusional. Perubahan monarki konstitusional ini ditandai dengan hadirnya parlemen yang berisi kalangan utusan golongan kelas pekerja, kelas bangsawan dan orang-orang yang ditunjuk oleh raja.

Baca Juga : Daftar Perusahaan Jerman di Indonesia yang menjadi tempat berkarir para alumni jerman

Pada episode selanjutnya, Revolusi Perancis yang ditandai dengan penyerbuan rakyat perancis ke Penjara Bastille (yang menjadi simbol kesewenang-wenangan raja perancis) membuat sistem monarki runtuh dan menjadi republik. Revolusi ini juga membuat raja Louis dan istrinya kemudian didakwa dan dihukum pancung dengan alat goulitten karena melakukan korupsi dan hidup bermewah-mewahan. Ini adalah revolusi yang membuat perancis berubah menjadi negara republik hingga kini.

Baca Juga:  Mana Saja Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis ?

Di sepanjang perubahan sistem negara perancis dari era kerajaan, kerajaan absolut, kerajaan monarki konstitusional hingga demokrasi (republik) kita menjumpai banyak nama nama besar seperti raja louis, kaisar napoleon bonaparte dan beberapa presiden perancis terbaru hasil bentukan sistem pemilu demokrasi republik.

Kini di era modern, sistem pemerintahan perancis berbentuk republik dengan seorang kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh presiden. Jika anda sering membaca berita mengenai peran perancis dalam uni eropa maka anda akan sering menjumpai presiden perancis dalam jajaran pemimpin besar eropa lainnya seperti jerman dan belanda.

Letak Astronomis Perancis

Sejarah perancis sendiri erat kaitannya dengan sejarah eropa, dan sejarah negara-negara tetangganya. Letak astronomis perancis yang berada di 42 derajat lintang utara sampai 51 derajat lintang utara dan 5 derajat bujur barat dan 9 derajat bujur timur membuat perancis berbagi laut dengan swiss, italia, belgia dan juga jerman. Nama nama negara ini akan membuat anda familiar ketika membaca buku buku sejarah dunia bukan? Yapz, perancis baik dalam soal penduduknya, pekerjaan penduduk, suku, etnis dan bahkan kebudayaannya erat berkaitan dengan negara negara tetangganya.

Mata pencaharian penduduk perancis pada awalnya adalah petani, nelayan dan juga peternak, sesuai dengan karakter suku suku perancis awal yang sangat menggantungkan hidup dengan pertanian, peternakan domba dan biri biri serta beberapa nelayan di pantai pantai utara perancis. Seiring dengan berjalannya waktu, maka revolusi industri kemudian mengubah sebagian besar profil pekerjaan penduduk perancis menjadi masyarakat industri.

Munculnya revolusi industri mengubah sistem pertanian yang tadi nya manual menjadi sistem otomatis, mengubah mental penduduk desa untuk bekerja di pabrik-pabrik perkotaan serta memunculkan industri-industri baru seperti industri kain, industri otomotif dan industri parfum yang lebih modern dengan produksi mesin-mesin besar nan canggih.

Baca Juga:  Contoh Dialog Bahasa Perancis 2 Orang Sesi Perkenalan

Pada masa modern saat ini, profil pekerjaan penduduk perancis dapat dibagi ke dalam tiga kategori: kategori pertama adalah penduduk perdesaan yang masih beternak, bertani dan bahkan menjadi pengusaha industri pertanian. Kemudian yang kedua adalah industriawan yang memiliki usaha usaha pabrik penggilingan, pabrik industri otomotif, pabrik parfum. Serta bagian ketiga adalah profil penduduk yang merupakan bagian dari modernitas yaitu mereka yang bekerja sebagai bankir, pegawai negara, pengusaha milenial dan juga pengusaha ekspor impor.

Letak astronomis perancis yang berdekatan dengan negara negara besar tadi disatu sisi menguntungkan bagi ekonomi perancis, dan di satu sisi pada sejarah perancis kita bisa melihat juga saat itu juga tidak menguntungkan. Sisi menguntungkannya adalah perancis dikelilingi negara negara besar dengan industri dan ekonomi yang maju dan sama sama menopang perekonomian perancis. Misalnya di sebelah kirinya terdapat Belanda, sementara di sebelah kananya terdapat jerman, anda mesti tahu kan peran kedua negara terhadap ekonomi dunia?

Akan tetapi letak astronomis perancis yang berada di tengah tengah negara eropa barat ini juga pernah menjadi pembawa malapetaka. Perancis menjadi ajang penyerbuan Nazi Jerman pada perang dunia kedua untuk membuka pertempuran di front barat. Hal ini menyebabkan separuh besar negara perancis dikuasai oleh Hitler dan menjadi titik balik serangan sekutu terhadap kekuasaan Hitler.

Jika anda pernah membaca sejarah perang dunia kedua, maka kehancuran Hitler diawali dengan penyerbuan Sekutu terhadap pantai Normandia di Perancis utara, sehingga sekutu berhasil memaksa Jerman mundur ke garis negaranya dan selang sembilan bulan kemudian jerman kalah perang. Posisi ini membuat perancis menjadi ajang pertempuran antara negara negara sekutu dengan negara jerman.

Baca Juga:  Tips Belajar Bahasa Perancis Untuk Pemula

Letak astronomis perancis yang berada di eropa barat dan garis lintang sub-tropis juga menjadikan perancis sebagai negara empat musim yang mengalami cuaca dan kondisi ekstrem tertentu pada beberapa musim. Misalnya perancis pernah mengalami hawa panas yang sangat tinggi pada musim panas dan beberapa badai salju di musim dingin pada daerah-daerah tertentu. Jika anda berencana lama tinggal di perancis pelajari kondisi dan keadaan ini.

Pada bagian terakhir, letak astronomis perancis yang berdekatan dengan negara negara industri liberal seperti jerman dan belanda juga membawa dampak karakter penduduk perancis yang terbuka dengan nilai-nilai dari luar dan juga nilai nilai kebebasan. Hal ini selain soal letak geografis dan astronomis dengan negara negara tetangganya, juga dipengaruhi faktor sejarah perancis yang berjuang memperoleh kebebasan dari revolusi kelas pekerja, revolusi industri, revolusi hijau, penghapus monarki dan pendirian republik perancis.

Beberapa karakter sosial budaya masyarakat perancis di daerah perkotaan yang mesti anda ketahui (terutama ketika anda berkuliah) adalah sifat egaliter, terbuka, liberal dan mempunyai nilai-nilai kebebasan dan hak asasi manusia yang tinggi. Ini artinya ketika anda berkuliah atau bekerja di perancis harus bisa menyesuaikan nilai nilai kebebasan ini salah satunya dengan tidak banyak mengurusi urusan orang lain. Karena masyarakat perancis berpendirian bahwa urusan orang bukanlah urusan publik yang perlu dibicarakan, kecuali urusan yang bersifat publik maka semau orang berhak dan berkewajiban untuk membicarakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *