Letak Geografi dan Luas Wilayah Jerman

Posted on

Luas Wilayah Jerman – Jerman terletak di wilayah Eropa tengah yang memiliki perbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara di antara negara Belanda dan Polandia. Jerman memiliki luas 356.989 kilometer persegi.

Luas tersebut membentang 853 kilometer dari perbatasan utara Denmark ke Pegunungan Alpen di selatan. Perbatasan paling luas adalah di perbatasan Belgia Jerman yaitu 650 kilometer di barat hingga Polandia di timur.

Wilayah bekas Jerman Timur menyumbang hampir sepertiga wilayah Jerman bersatu dan seperlima dari populasinya. Setelah adanya pemungutan suara tertutup pada tahun 1993 Bundestag majelis parlemen Jerman memilih untuk memindahkan ibukota dari Bonn di barat ke Berlin.

Apabila dilihat dari topografinya luas wilayah Jerman memiliki bentuk yang tidak teratur dan memanjang. Jerman memiliki bagian yang sangat baik dari bagian bentang alam berulang yang ditemukan di seluruh dunia.

Terdapat dataran yang dipenuhi danau, padang rumput, rawa-rawa, dan tempat peristirahatan mulai dari laut hingga daratan. Dataran tersebut memiliki lanskap perbukitan yang dilintasi oleh sungai dan lembah.

Bukit-bukit mengarah ke atas secara bertahap membentuk dataran tinggi dan hutan hingga akhirnya mencapai puncak gunung yang spektakuler. Pada pertengahan tahun 1990 sekitar 37% dari wilayah Jerman ditanami, 17% adalah padang rumput, 30% adalah hutan. Sisanya yaitu 16% difungsikan untuk lainnya.

Geografi dari Jerman dibagi menjadi empat wilayah topografi yang berbeda yaitu dataran rendah di Jerman utara, dataran tinggi di Jerman Tengah Jerman Selatan dan Alpine Foreland atau Alpen.

Apabila dilihat dari geografisnya maka luas wilayah Jerman Adalah 267.022 km persegi. Luas tersebut dibagi menjadi dua yaitu luas tanah 248.672 km persegi dan air 8.350 km persegi. Kepadatan penduduk di Jerman tertinggi terdapat pada kota Berlin yang juga merupakan ibukota negara.

Baca Juga:  Tempat Wisata Paling Keren di Ibukota Jerman

Berlin yang memiliki luas wilayah 892 km2 ini ditempati oleh 3.670.600 populasi dengan tingkat kepadatan penduduk 4.100. Sedangkan kita nomor dua adalah Hamburg dengan kepadatan penduduk 2.366.

Alam yang terdapat di dalam negara Jerman telah memberikan banyak sekali sumber daya. Sumber daya alam yang hingga kini masih dimanfaatkan adalah batu bara, gas alam, bijih besi, tembaga, nikel, uranium, garam, kayu., tanah yang subur.

Penggunaan tanah yang tersedia dibagi menjadi tanah pertanian sebesar 48%, tanaman permanen 0,6%, padang rumput permanen 13,3% dan hutan 31,8%. Sisanya adalah 20,2% digunakan untuk lainnya. Melihat luasnya padang rumput dan hutan, negara Jerman tentu memiliki udara yang lebih sejuk.

Iklim yang terdapat di negara Jerman adalah iklim kontinental dengan curah hujan yang melimpah. Pada musim hujan bisa memiliki waktu mendung yang panjang. Temperatur lebih rendah dengan hujan salju cukup tinggi di bagian timur dan selatan.

Jerman sangat rentan terhadap variasi cuaca yang cepat dari penggabungan Gulf Stream dan kondisi iklim timur laut yang ekstrim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *