Magang di Jerman

Persyaratan dan Cara Magang di Jerman

Posted on

Magang di Jerman – Mendengar kata magang, seharusnya tidak akan asing lagi di kalangan mahasiswa, terutama yang sudah menjelang semester tengah ke semester akhir. Saat ini program magang tengah menjadi salah satu kegiatan yang penting dan wajib bagi mahasiswa agar bisa mendapatkan kemampuan yang dibutuhkan oleh industri saat ini.

Itulah sebabnya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan memperpanjang program magang hingga tiga semester. Hal tersebut tentunya akan menguntungkan mahasiswa.

Baca juga : Program MBA dan Program Master, Mana yang Lebih Baik?

Disamping menguntungkan, mahasiswa pun akan memiliki kesempatan lebih lama untuk mengasah kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Sekaligus juga bisa menguntungkan perusahaan tempat diselenggarakannya magang tersebut, karena bisa mendapatkan kandidat yang sudah teruji kompetensinya.

Bagi kalian yang ingin melakukan magang, tapi bingung harus memilih tempat magang. Kalian tidak perlu khawatir lagi, sebab kalian bisa mengajukan magang di perusahaan atau organisasi manapun baik di dalam negeri maupun luar negeri, termasuk program magang di Jerman dan negara maju lainnya. Sebelum melakukan magang alangkah baiknya untuk menyimak info magang berikut ini.

Magang di Jerman

Pengertian Magang

Magang atau biasa dikenal dengan internship adalah serangkaian proses untuk memahami suatu pekerjaan dengan melakukan praktek kerja secara langsung di industri tertentu sesuai dengan bidang yang dipelajari kemudian diakhiri dengan penerimaan hasil skillset maupun networking yang menunjang karir di masa yang akan datang.

Magang juga merupakan suatu proses yang dijalani seseorang khususnya mahasiswa untuk memahami ruang lingkup, cara kerja dan sistem kerja. Dengan begitu, magang bisa dijadikan sebagai wadah untuk melatih diri kalian agar bisa menyesuaikan dengan dunia kerja yang sesungguhnya. Sehingga kalian pun bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama tujuh semester sebelumnya, dengan melatih diri melalui program magang ini.

Baca Juga:  7 Daftar Universitas di Jerman Terbaik Ini Perlu Diketahui

Tujuan Magang

Sebelum magang, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa tujuan sebenarnya dari program magang ini. Sebab, banyak dari perusahaan di Indonesia yang menyalahgunakan program magang dengan memperlakukan pekerja magang tidak seperti seharusnya.

Misalnya, menugaskan pekerja magang di luar kewajibannya hingga memberlakukan lembur. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengetahui tujuan magang beserta aturannya sebelum melakukan magang di suatu perusahaan. Berikut ini adalah tujuan magang yang harus kalian tahu, diantaranya:

1.     Untuk Menambah Wawasan Baru

Sebagai seorang mahasiswa tentunya kita hanya mendapatkan 80% teori bahkan lebih di tiap perkuliahan. Memahami teori saja tidak cukup untuk bisa memperluas wawasan. Kalian pun harus menambah wawasan kalian melalui program magang. Dengan melakukan magang, yang notabenenya harus bekerja dan mempraktikkan ilmu secara langsung di suatu perusahaan, kalian pastinya akan menyesuaikan diri dengan perusahaan tersebut. Dimana, penyesuaian yang dilakukan akan menambahkan wawasan baru yang belum pernah diajarkan secara teori di perkuliahan.

2.     Untuk Meningkatkan Kompetensi

Dengan mengikuti program magang, secara tidak langsung akan menambah ilmu baru. Sebab, dalam pekerjaan yang sebenarnya kalian pasti akan menemukan permasalahan maupun kendala-kendala di setiap pekerjaan. Tentunya hal tersebut akan melatih kalian untuk memecahkan permasalahan tersebut dengan menemukan solusi yang didasari oleh teori yang sudah dipelajari.

Magang di Jerman

3.     Untuk Menciptakan Kerja sama

Di dalam dunia kerja, penting sekali untuk membangun sebuah relasi. Dengan mengikuti program magang relasi pun akan tercipta, baik untuk pihak kampus dengan perusahaan penyedia tempat magang, maupun kalian sebagai pekerja magang dengan perusahaan dan orang-orang penting didalamnya. Tentunya relasi yang terjalin ini akan menguntungkan kedua belah pihak.

Info Magang di Jerman

Jerman adalah salah satu negara yang membuka program magang di berbagai perusahaan maupun organisasi secara Internasional. Hal tersebut dikarenakan, saat ini negara Jerman sedang kekurangan tenaga kerja akibat dari menurunnya jumlah penduduk di sana.

Baca Juga:  Kenali Iklim di Jerman untuk Waktu Berlibur yang Tepat

Tentunya hal ini adalah peluang yang besar bagi masyarakat khususnya mahasiswa Indonesia yang sangat membutuhkan info magang. Bagi kalian yang ingin memulai program magang di luar negeri, kalian bisa memilih Jerman sebagai tujuan kalian.

Salah satu program unggulan yang bisa kalian lakukan  untuk  magang di Jerman adalah Aisbildung. Perlu kalian ketahui, Aisbildung merupakan program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman. Program magang Jerman ini serupa dengan pendidikan D3 atau pendidikan vokasi lainnya di Indonesia. Beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang magang di Jerman yaitu:

1.     Jenis Program Magang di Jerman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa program magang di Jerman diselenggarakan melalui program Aisbildung yang terbagi menjadi dua yaitu :

•      Duale Aisbildung, merupakan program magang Jerman yang lebih menekankan untuk melakukan pekerjaan. Itu berarti jika kalian mengikuti program ini, akan lebih banyak praktek kerjanya ketimbang kegiatan belajar mengajar di kelas.

•      Schulische Ausbildung, merupakan program magang di Jerman yang lebih menekankan teori dibandingkan praktek kerja pada proses pembelajarannya. Itu artinya kalian akan lebih banyak diam di kelas dan mendapatkan teori dari pengajar. Tentunya, kalian juga tidak akan mendapatkan gaji selama mengikuti program ini.

2.     Manfaat Mengikuti Program Magang di Jerman

Dengan mengikuti program magang di Jerman kalian akan mendapatkan beberapa manfaat yang sangat berarti bagi kalian diantaranya adalah sebagai berikut :

•      Mendapatkan insentif bulanan, mulai dari 900 euro – 1300 euro

•      Mendapatkan asuransi kesehatan, yang dipotong dari gaji setiap bulannya

•      Menambahkan relasi teman, terutama orang asing

•      Mendapatkan pengalaman baru selama bekerja di Jerman

•      Memiliki kesempatan untuk direkrut di perusahaan tempat kalian magang

Baca Juga:  Beasiswa S2 di Jerman dan Cara Mendapatkannya

•      Mempunyai kemampuan bahasa Jerman yang akan menunjang kompetensi kalian di masa depan

3.     Cara Mengikuti Program Magang di Jerman

Mengikuti program magang di luar negeri tentunya akan lebih sulit dari mengikuti program magang di Indonesia. Jika kalian ingin mengikuti magang di luar negeri khususnya di Jerman,   pasti akan membutuhkan beberapa persyaratan tambahan diantaranya :

•      Pendidikan terakhir harus minimal SMA/SMK. Bagi kalian para mahasiswa pun tidak menutup kemungkinan untuk mengikuti program magang ini.

•      Tidak ada batasan usia, program magang di Jerman ini tidak memiliki batasan usia, bahkan orang yang sudah berusia 50 tahun saja pernah mengikuti program ini.

•      Sertifikat bahasa Jerman, untuk mengikuti program magang ini disyaratkan untuk mempunya sertifikasi bahasa Jerman level A1. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan sertifikat A2.

Adapun persyaratan dokumen yang harus dipenuhi:

•      Bukti pengalaman kerja di bidang sosial (jika ada)

•      Transkip nilai

•      Daftar riwayat hidup (Lebenslauf)

•      Surat motivasi (Motivation Letter)

•      Paspor

•      Dokumen dari perusahaan yang sudah diterima (berupa konrak kerja)

Sebelum menyerahkan dokumen tersebut, pastikan kembali apakah Semua dokumen di atas sudah di ubah kedalam bahasa Jerman karena hal itu sangatlah wajib untuk dilakukan.

Nah, itu dia info magang di Jerman yang perlu kalian ketahui jika ingin melakukan magang di luar negeri khususnya Jerman. Jangan lupa persiapkan diri belajar bahasa Jerman terlebih dahulu jika kalian berencana untuk magang di negara Jerman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *