Empat Makanan dalam bahasa Jerman terkenal di dunia

Posted on

Makanan dalam bahasa Jerman – Pernahkah anda mendengarkan nama makanan di Indonesia yang cukup terkenal di meja meja makan warung warung bernama: perkedel? Pastinya tahu dong, makanan dari bahan kentang atau biasanya juga bisa dibuat dengan campuran telur ini merupakan makanan favorit yang disajikan dalam sarapan dan menjadi menu pendamping soto ayam atau soto sapi.

Menariknya adalah ternyata perkedel ini diambil dari bahasa Belanda saat belanda menjajah Indonesia, berangkat dari nama: frekedel yang berarti kentang yang ditumbuk dan kemudian dibaluri telur dan digoreng. Makanan perkedel ini ternyata sangat familiar di Belanda dan Indonesia dan bahkan di dunia karena orang orang belanda dan Indonesia dimanapun berada pastinya menyukai perkedel.

Selain Belanda yang mempunyai pengaruh soal makanan dengan negara negara jajahannya dan bahkan memberikan pengaruh kuliner ke negara negara eropa. Negara tetangga dekat seperti Prancis dan tetangga jauhnya seperti Jerman dan Austria juga memiliki pengaruh yang sama. Anda pernah mendengar kata kroket, atau biasanya di eropa dikenal sebagai roti croissant yang terkenal di negara Perancis dan Austria serta beberapa negara bagian di Jerman.

Lalu darimana sejarah roti croissant ini kemudian menghuni dapur kuliner perancis, austria dan beberapa negara eropa barat lainnya? Nah, roti croissant ini ditujukan sebagai peristiwa peringatan atas invasi atau agresi Turki Utsmani yang melakukan peperangan hingga sampai batas eropa tengah dimana menjadi kekalahan bagi Turki.

Akhirnya karena Turki kalah dalam peperangan di kota Wina Austria ini, masyarakat eropa menjadikan hari kekalahan ini dengan membentuk roti croissant. Lalu kenapa harus roti croissant? Karena roti ini berbentuk bulan sabit yang menjadi perlambang kesultanan Turki Utsmani, selain menjadi lambang juga merepresentasikan daerah kekuasaan Turki Utsmani di sepanjang benua eropa dan juga asia bagian barat.

Baca Juga:  Syarat Utama Diterima Sebagai Mahasiswa Kampus Di Jerman

Selain croissant, banyak dapur dapur kuliner negara eropa barat yang terkenal di seanter dunia dan bahkan di uni eropa sendiri. Jika kita berbicara mengenai jerman, maka di jerman sendiri terdapat makanan makanan khas dalam bahasa jerman. Makanan dalam bahasa jerman ini terkenal di dunia, selain di negeri jerman sendiri ternyata juga sangat familiar di lidah masyarakat indonesia.

Kenapa makanan dalam bahasa jerman yang diproduksi di jerman ini begitu familiar di Indonesia? Penyebabnya karena banyaknya pelajar pelajar indoensia yang sekolah di jerman, para diaspora dan ekspatriat yang bekerja di jerman mereka rindu dengan makanan jerman akhirnya membuat usaha di Indonesia. Beberapa dari mereka juga membuat sendiri makanan makanan khas jerman karena mewarisi ilmu kuliner dari keluarganya.

Berikut daftar lima makanan dalam bahasa jerman yang terkenal di indonesia dan bahkan dunia:

Pertama, adalah bratwurst, makanan dalam bahasa jerman yang terkenal karena olahannya yang dipanggang ini terasa enak jika didampingi dengan roti topping bawang atau keju, atau bahkan bisa didampingi dengan makanan lain bernama kartoffelsalat.

Kedua, adalah kartoffelsalat, makanan dalam bahasa jerman yang mirip sekali dengan salad (yaitu buah buahan yang dicampur dengan mayoinnase), tetapi makanan jerman ini berbeda. Karena variannya begitu banyak mulai dari sayur, kentang, tomat, bawang, susu, telur, daging sapi dan bahkan cuka dengan mayonnaise. Makanan ini sangat terkenal di jerman dan eropa serta terasa lezat sekali.

Ketiga, makanan bernama falscher hase adalah makanan jerman yang dibuat dari daging cincang yang dicampur dengan tepung, telur dan bawang. Disajikan dalam bumbu saus dan diiris tipis tipis, mirip dengan makanan steak.

Keempat, makanan bernama gulaschsuppe juga sangat terkenal di jerman, dibuat dari sup kuah kental dengan campuran daging babi atau daging sapi. Disajikan dengan roti dan hampir sama dengan sup merah di Indonesia.

Baca Juga:  Kembangkan Jiwa Sosial Dengan Program FSJ Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *