Makanan Khas Norwegia yang Patut Kamu Cicipi

Posted on

Makanan Khas Norwegia –Negara Norwegia adalah negara yang secara letak geografis terpisah dengan negara negara eropa daratan, sehingga secara budaya dan kultur kulinernya jelas-jelas jauh berbeda dengan negara-negara eropa yang berada di tepian eropa tengah. Karena berlokasi di semenanjung Skandinavia bersama dengan negara negara nordic lainnya seperti Swedia, Finlandia dan bahkan berbatasan dengan Rusia, maka jenis-jenis kebudayaan Norwegia memiliki ciri khasnya sendiri termasuk makanan khas Norwegia.

Negara norwegia sendiri, bersama dengan Finlandia dan Swedia merupakan negara negara Nordic, dinamakan Nordic karena diambil dari nama suku-suku asli di wilayah Skandinavian, dimana gaya hidup dan kebudayaan suku Nordic sangat terikat dengan budaya musim dingin, corak hidup dengan kehidupan laut dingin dan beradaptasi dengan lingkungan dingin yang berbeda dengan tetangga-tetangganya di eropa tengah atau selatan.

Corak hidup suku Nordic lebih deket dengan corak hidup suku-suku yang hidup di Denmark, Greenland dan juga kutub utara, mereka terbiasa menyantap olahan-olahan ikan laut, mengolah dengan cara hidup orang-orang laut dan menyimpan olahan daging ikan dengan pola penyimpanan tersendiri.

Karena pola hidup dan corak lingkungan inilah yang membuat makanan khas norwegia seringkali sulit diadapatasi oleh wisatawan asing karena tidak terbiasa makan makanan olahan laut, misalnya daging salmon. Akan tetapi bagi anda yang ingin tinggal lama di Norwegia jangan khawatir karena nanti biasanya lidah anda akan terbiasa makan makanan khas Norwegia.

Nah, berikut beberapa daftar makanan khas Norwegia yang terdiri dari berbagai olahan hewan-hewan khas peliharaan suku nordic seperti sapi, domba, biri biri, rusa dan bahkan ikan salmon.

Makanan khas pertama yang bisa kamu cicipi adalah Skrei/Cod Tongue, sesuai dengan namanya berasal dari olahan lidah sapi, tetapi biasanya ada beberapa warga lokal menggunakan lidah ikan yang digoreng dan dinikmati bersama-sama.

Baca Juga:  Universitas di Norwegia Peringkat Terbaik

Makanan khas kedua Norwegia yang bisa kamu cicipi selanjutnya adalah Hvalkjott/Whale, nah, sesuai dengan namanya bisa kamu tebak kan. Yapz, whale atau paus adalah salah satu sajian khas Norwegia yang diambil langsung dari daging Paus dan disajikan untuk hidangan makanan. Biasanya jenis paus yang diambil oleh para suku Nordic adalah jenis Minke Whale.

Makanan khas Norwegia yang bisa kamu cicipi selanjutnya adalah Moose steak, sesuai juga dengan namanya. Moose merupakan rusa asli Norwegia yang dijadikan steak atau diolah menjadi bakso, campuran daging dan disajikan layaknya di rumah makan-rumah makan.

Makanan khas norwegia selanjutnya adalah Gravlax yang diambil dari daging salmon yang telah diawetkan. Sesuai penjelasan di atas, daging salmon ini diawetkan dengan campuran garam dan gula, kemudian diiris tipis-tipis dan dilumuri saus atau mustar, disajika sebagai makanan pembuka didampingi roti atau kentang rebus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *