Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Materi Dasar Belajar Bahasa Inggris – Pada pembahasan ini kita akan menjabarkan beberapa Materi dasar Belajar Bahasa Inggris yang sering di pelajari dalam pendidikan kita, berikut adalah materi dasar dan penjabarannya.

Simple Present Tense, part 1 ( is,am,are )

Dalam bahasa inggris kita mengenal istilah “ verb be’ atau kata kerja “be”. Dalam Simple present tense, kita mengenal ada 3 macam verb “be” yaitu is, am dan are, bagi pemula pemakaian verb be ini memang agak membingungkan. Halini di karenakan verb be bisa berfungsi sebagai kata kerja utama dalam sebuah kalimat juga bisa berfungsi sebagai kata kerja bantu seperti present continuous tense. Untuk memudahkan Belajar Bahasa Inggrisq lihat penjabaran sebagai berikut :

Belajar bahasa inggris

Simple present tense

Arti simple adalah sederhana dan present adalah sekarang jadi bisa dikatakan bahwa simple present tense adalah bentuk sederhana nama lainnya adalah bentuk 1, yang berfungsi sebagai :

  • Fakta permanen : kalimat- kalimat yang menyatakan fakta yang selalu berlaku/benar mis: Bengawansolo river is in Solo
  • Fakta sekarang : kalimat – kalimat yang menyatakan fakta yang benar untuk saat sekarang mis : I am at Office
  • Tindakan kebiasaan : kalimat – kalimat yang menyatakan kegiatan atau hal yang dilakukan mis : Aya goes to her school every morning.

Jika kita perhatikan contoh – contoh diatas kalimat tersebut ada yang menggunakan verb be da nada yang tidak, hal ini dikarenakan simple present tense dapat di buat dalam bentuk nomial dan dalam bentuk verbal. Bila simple tense tersebut memakai verb be berarti berbentuk nomial sentence, bila tidak mengunkan verb be melainkan verb seperti go,eat, run, dll, berarti berbentuk verbal.

 

Verb “be” dalam Simple Present tense

Sebagaimana kita ketahui syarat sebuah klimat dalam bahasa inggris harus mempunyai subject dan verb, bilamana tidak mempunyai verb berarti bukanlah kalimat misalnya : I tall ( saya tinggi ) , contoh tersebut salah karena tidak mempunyai  verb, pada contoh tersebut “I” adalah subjectpronoun dan “ tall” adalah adjective ( kata sifat ), jadi kalimat tersebut tidak mempunyai verb, untu membuat kalimat yang benar maka harus memenuhi syarat yaitu harus mempunyai subject dan verb, maka kalimat yang benarnya adalah “ I am tall”.

Kalimat untuk menujukan benda ada tunggal / singular noun , uncountable noun maka memakai verb be “is” bila subjek pada kalimat tersebut jamak / prlural noun maka mengunakan verb be “are” contoh ‘my father is in his room” adalah kata keterangan / adverb, contoh berikutnya “ the cat are funny” ini adalah kata sifat / adjective.

 

Baca Juga:  Kesulitan Menguasai Bahasa Inggris? Coba Ikuti Tips mudah bahasa inggris Berikut!

Simple Present Tense, part 2

Untuk bahasan ini kita akan membahas simple present tensedalam kalimat verbal, dalam hal ini kita mengunakan kata kerja bentuk pertama berikut adalah formulanya :

  • Kalimat positif = Subject ( I, you, we,they ) + V1 + O
  • Kalimat negative = S + DO Not + V1 + O
  • Kalimat Introgatif :  Yes/No question = DO + S + V1 + O + ? , WH Question = WH Question + DO + S + V1 + O + ?

Dengan contoh kalimat sebagai berikut :

  • Kalimat positif : I  go to Office everyday
  • Kalimat negative : I do not go to Office everyday
  • Kalimat Introgatif : Do you go to Office everyday ? yes, I do / No, I do not, dan untuk WH Question (when,who,where,what,why, etc) : What do you eat every morning? I eat bred every morning.

Apabila subject kalimat tersebut orang ketiga tunggal ( she, he, it) berikut adalah formula kalimatnya :

  • S + V1 + es/s + O, contoh : She goes to office every morning
  • S + Does not + V1 + O, contoh : She does not go to office every morning
  • Does + S + V1 + ? , contoh : Does she go to office every morning? Yes, she does / no, she does not.

Dari contoh tersebut jelas penambahan s/es hanya dalam kalimat positif saja, tidak pada kalimat negative dan kalimat Tanya. Apabila kalimat introgatif tersebut mengunakan WH Question atau pertanyaan tersebut adalah information Question, maka kata kerja pada jawabannya harus mengunakan s/es, contoh : where does your father usually go in the morning? He usually goes to his office,

Kentuan penambahan es/s  adalah apabila kata kerja tersebut berakhiran “ sh, ch ,O ,ss dan X” maka kata kerja tersebut ditambahkan “es” misalkan wash > washes, go > goes, box >Boxes, kiss > kisses. Dan apabila kata kerja berakhiran “y’ dan huruf sebelum “y” tersebut adalah huruf konsonan, maka “y” di ganti dengan “ies” contoh : study > studies, fly > flies, dan lain sebagainya. Bila kata kerja tersebut berakhiran “y” dan sebelum huruf “y” tersebut adalah huruf vocal, maka tinggal menambahkan “s” saja, contoh : play > plays, say > says dann lain sebagainya

  • Have dan Has

Have dan Has, sebagai kata kerja mempunyai arti yang sama yaitu “mempunyai”, ini penjelasan singkat pemakaian have dan has dalam simple present tense.

  • Have

I have …. Contoh kalimatnya “ I have a pen”, dan untuk membuat kalimat negative yang menanyakan “tidak mempunyai” di perlukan “do not” contoh “ I do not have a pen. Jika dalam kalimat tanya  “ do you have a pen? Yes, I do/No, I don’t

  • Has

Has hanya digunakan untuk subject – subject seperti She has … he has … dan tidak boleh di gunakan dalam kalimat  I has …, you has …, dll, contoh kalimathas yang baik dan benar sebagai berikut : untuk kalimat positif : she has a pen, he has 2 pens, untuk merubah kalimat menjadi negatif kita memerlukan  “does not/doesn’t” kemudian has harus diubah menjadi have dengan kata lain has hanya di pakai dalam kalimat positif saja, da akan di ubah menjadi have jika dalam kalimat negative dann kalimat introgatif.

  • Demonstrative

Demonstrative adalah kata tunjuk dalam bahasa Indonesia, ada beberapa kata tunjuk, antara lain kata “ini” dan “itu”. Dlaam bahasa Inggris ada beberapa kata demonstrative yaitu : that, this, these, dan those. Kata demonstrative bisa berfungsi sebagai pronoun / kata ganti benda dan sebagai kata adjective / kata sifat. Demonstrative yang berfungsi sebagai kata ganti benda / demonstrative pronouns sangat berbeda dengan demonstrative yang berfungsi sebagai adjective / demonstrative adjective.

Demonstrative pronoun berdiri sendiri sedangkan demonstrative adjective di ikuti oleh kata benda, dengan contoh sebagai berikut : demonstrative pronoun = “these are expensive car, those are my books” perhatikan kata that dan those pada kalimat tersebut ,kata-kata tunjuk / demonstrative nya berdiri sendiri dan tidak di ikuti kata benda, oleh karena itu mereka berfungsi sebagai pronoun. Demonstrative adjective = “that car is expensive / this book is mine / these cars are expensive / those books are mine” contoh kalimat tersebut semua kata demonstrative yang di ikuti kata benda / noun, oleh karena itu mereka berfungsi sebagai kata sifat.

  • This dan These

Penggunaan this dan these.kata this dan these mempunyai arti “ini”, pemakaian this dan these sangat berbeda, this diikuti oleh kata benda tunggal / singular noun dan these diikuti oleh kata benda jamak / plural noun. Kata this dan these digunakan sebagai kata tunjuk benda yang dekat, contoh nya “this is my house, this is a car, dll”.

Perlu diingat bahwa verb be yang dipakai sesudah kata this adalah “is” jadi tidak bisa mengatakan “this are a book”  dan untuk pengunaan these bisa digunakan pada kalimat berikut “ these are my books, these are pens” kata these selalu mengunakan verb be “are”.

Konten di atas adalah sebagian dari materi dasar dalam belajar bahasa Inggris, dengan mempelajari dasar–dasar tersebut  kita akan lebih mudah untuk menyatukan kalimat dan berbahasa Inggris dengan baik dan benar, selamat mencoba.

Selanjutnya silahkan baca juga artikel terkait : Berikut tips terbaik belajar conversation bahasa inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *