materi tes toefl

Biaya dan Materi Test TOEFL Untuk Daerah Jakarta

Posted on

Materi Tes TOEFL– Materi-materi TOEFL yang diujikan dalam berbagai test terdapat dua jenis soal. Soal pertama adalah jenis TOEFL yang diujikan dengan kertas. Atau biasanya disebut dengan TOEFL Paper based test. TOEFL Berbasis kertas disebut demikian karena ujiannya atau test nya menggunakan lembar jawaban kertas dan disajikan kertas-kertas soal setebal 10 sampai 15 halaman.

Jenis materiĀ  tes TOEFL paper based test (atau biasanya juga disebut Institusional Testing Program) berbiaya sangat rendah dibandingkan dengan jenis TOEFL satunya lagi. TOEFL berbasis kertas biaya test nya berada di kisaran 400 ribu sampai 500 ribu.

Anda wajib mendaftar dahulu di lembaga test atau konsultan pendidikan yang memiliki lisensi untuk mengadakan ujian test TOEFL ITP atau PBT (Paper based test).

TOEFL PBT atau ITP ini materi yang diujikan ada tiga bagian. Bagian pertama adalah mengenai pemahaman mendengar. Atau biasa disebut dengan listening.

materi tes toefl

Pada materi ini anda akan mendengarkan tiga tipe soal ujian. Tipe pertama adalah menjawab soal dari mendengarkan percakapan pendek. Semisal sebuah komentar hasil ujian atau kekaguman seorang teman karena temannya beli mobil baru.

Baca Juga:  Contoh Soal Toefl Untuk Dipelajari dan Kunci Utama Mengerjakannya

Sementara tipe soal kedua adalah percakapan lumayan panjang. Biasanya masih percakapan dua orang. Tetapi materi yang dibicarakan agak berat dan panjang. Biasanya seputar komentar atas perkuliahan, diskusi mengenai sebuah materi dalam kuliah.

Sementara pada tipe soal ketiga. Anda akan mendengarkan sebuah ceramah panjang. Biasanya dosen menerangkan materi biologi, sejarah atau sebuah peraturan. Soal yang mesti anda jawab pun ada dua atau tiga. Nah, menariknya.

Mengapa soal-soal pada bagian mendengarkan (listening) ini kebanyakan seputar materi kuliah? Karena memang TOEFL digunakan sebagai basis mengukur kemampuan dasar berbahasa Inggris dalam sebuah lingkungan akademik bernama perkuliahan. Walauapun demikian, tujuan utama TOEFL Bukan hanya untuk kuliah tetapi juga untuk dunia kerja.

Pada bagian soal kedua, setelah mendengarkan (listening). disebut bagian tata bahasa (grammar) atau structure. Dinamakan grammar atau structure karena menguji kemampuan kita soal tata bahasa dan struktur kalimat dalam bahasa Inggris.

Nah, pada bagian ini terdapat dua jenis tipe soal. Tipe soal pertama adalah anda akan diminta melengkapi sebuah kalimat dalam bahasa Inggris. Jadi ada satu kata yang sengaja dihilangkan. Anda bisa memilih dari 4 pilihan ganda yang telah disediakan. Pemilihan ini tentunya membutuhkan kemampuan mengenai tata bahasa Inggris.

materi tes toefl

Selanjutnya pada tipe soal kedua. Anda akan bertemu dengan soal-soal yang berbaris panjang dalam satu kalimat. Barisan soal ini telah mendapat garis bawah sekitar empat sampai lima kata. Anda diminta memilih satu kata yang salah atau tidak tepat dalam susunan struktur kalimat bahasa Inggris.

Bagi anda yang bingung menentukan tempat lembaga test TOEFL. Anda bisa mencoba di Westwoodprep berlokasi di alamat berlokasi di alamat Bellagio Mall Lt UG, Suite 26-27, Mega Kuningan Barat Kav. E4, Jakarta Selatan

Baca Juga:  Kegunaan Seertifikat TOEFL Untuk Studi Luar dan Dalam Negeri

Serta yang paling penting informasi seputar TOEFL, tujuan penggunaan TOEFL dan motivasi anda menggunakan TOEFL untuk apa. Di Westwoodprep juga menawarkan program kursus TOEFL. Sehingga bagi anda yang merasa belum belajar TOEFL, anda bisa bergabung ke dalam program kursus yang ada di Westwoodprep

Sementara TOEFL Jenis kedua, yaitu TOEFL internet based test. Anda ditambah ujian menulis (writing) dan berbicara (speaking). pada tipe soal internet based test ini. Untuk writing anda diminta mengemukakan sebuah argumentasi dalam bentuk sebuah paragraf untuk materi tes toefl.

Baca Juga:  Apa Itu TOEFL ITP? Dan Ada Berapakah Jenis Soal-Soalnya?

Sementara dalam berbicara, anda disuruh menjawab sebuah pertanyaan dalam bentuk lisan. Serta mengemukakan sebuah argumentasi. Nah, jika dibandingkan TOEFL Paper based test. TOEFL Internet based test ini biayanya sekitar 2 sampai 3 juta. Jadi, anda bisa siapkan jauh-jauh hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *