MBA adalah

Program MBA dan Program Master, Mana yang Lebih Baik?

Posted on

Anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan jenjang sarjana, mungkin ada yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program pascasarjana. Jika ingin melanjutkan ke program pascasarjana terdapat beberapa pilihan yang bisa diambil yaitu program MBA, program Master, dan program profesi atau spesialisasi.

Baca juga : Konten Adalah, Pengertian dan Peranannya dalam Marketing

Pada pembahasan kali ini, akan dibahas mengenai program MBA dan program Master. Apa yang membedakan antara keduanya? Mana yang lebih baik untuk dipilih antara Program MBA dan Program Master? Berikut adalah penjelasannya.

Pengertian Program MBA adalah

MBA adalah singkatan dari Master of Business Administration atau Magister Bisnis Administrasi. MBA adalah gelar yang akan didapat jika sudah menyelesaikan jenjang pendidikan pascasarjana atau S2 dengan bidang ilmu manajemen bisnis.

Gelar MBA adalah gelar yang dirancang untuk menyediakan para ahli dengan kemampuan manajemen. Bahkan, gelar MBA dapat diambil oleh pendaftar dengan berbagai disiplin ilmu dan tidak ada batasan dengan latas belakang pendidikan sebelumnya.

Gelar MBA adalah dianggap sebagai sebuah gelar Master Profesional dan juga gelar akademis. Tetapi, para lulusan MBA biasanya tidak bisa melanjutkan ke tingkat Ph.D. Sekolah yang memberikan penawaran program MBA biasanya dikenal dengan sekolah bisnis.

Berdasarkan sejarah singkatnya, MBA adalah gelar yang berasal dari Amerika Serikat khusus untuk yang mengambil bisnis manajemen. Pada waktu itu, Amerika Serikat sebagai negara industri dan perusahaan-perusahaannya mulai mengadakan pendekatan ilmu dalam manajemen. Sekolah bisnis Amerika pertama yang menggunakan gelar MBA adalah Sekolah Bisnis Wharton School of the University of Pennsylvania yang sudah diresmikan sejak tahun 1891.

Mengapa Memilih Program MBA?

Terdapat beberapa alasan yang menjadikan beberapa orang lebih memilih mengambil program MBA dibandingkan dengan program Master lainnya, yaitu:

Baca Juga:  Contoh Kalimat Passive Voice yang Mudah Untuk Dipelajari

1. Mendapatkan Penghasilan Lebih Baik

Jika Anda mendapatkan gelar MBA, maka Anda akan mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan karyawan yang lulusan program Master dari jurusan lainnya. Bisa dikatakan jika Anda bekerja dengan program MBA selama kurang lebih 3 tahun, itu sama saja artinya dengan mengembalikan biaya kuliah Anda selama menempuh kuliah MBA.

2. Mendapatkan Kesempatan Karir yang Lebih Bagus

Dengan Anda memilih program MBA, maka Anda dapat mengembangkan karir di bidang manajemen bisnis. Para lulusan dari program gelar MBA sebagian besar dapat bekerja sebagai manajer dari suatu bidang, menjadi pengajar profesional, hingga menjadi seorang pengusaha.

MBA adalah

3. Relasi dan Kesempatan Kerja yang Luas

Dengan sistem pembelajaran yang banyak menggunakan studi kasus, sudah pasti mahasiswa yang memilih program MBA akan tahu mengenai dunia bisnis dan bagaimana berpikir seperti pengusaha bisnis. Anda akan berkesempatan untuk bisa bertemu dengan para pengelola bisnis yang lainnya.

4. Mendapatkan Pengalaman Lebih Banyak

Bagi sebagian orang yang memutuskan utnuk melanjutkan pendidikan program MBA maka ia akan berhenti dari pekerjaan sebelumnya dalam beberapa waktu. Setelah menyelesaikan program MBA, maka ketika bekerja kembali mereka akan mempunyai keahlian baru yang lebih unggul dibandingkan dengan karyawan lainnya.

Perbedaan Gelar MBA dengan Gelar Master

Walaupun antara program MBA dan program Master sama-sama merupakan gelar pendidikan pascasarjana, tetapi keduanya tetap memiliki perbedaan. Gelar MBA pada bidang bisnis sudah diakui memberikan nilai tambah yang baik untuk menunjang karir khususnya di bidang ilmu manajemen bisnis.

Bahkan, menurut survey yang pernah dilakukan, terdapat 4 dari 5 perusahaan yang menyatakan bahwa lebih menyukai lulusan MBA dan akan mendapatkan gaji yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan gelar Master dari jurusan lain. Berikut adalah beberapa tolok ukur yang menjadikan perbedaan antara gelar MBA dan gelas Master jurusan lainnya.

Baca Juga:  Cara Membuat Dialog Bahasa Inggris Secara Tematik

1. Syarat Pendaftaran

Dimulai dari mengenai persyaratan pendaftaran yang menjadi langkah awal jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana. Rata-rata progam MBA mewajibkan para calon mahasiswanya untuk memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun jika ingin mendaftar.

Hal ini karena tujuan dari program MBA sendiri adalah untuk meningkatkan keahlian yang sudah dimiliki oleh para mahasiswa untuk mendapatkan peningkatan. Sedangkan program Master hanya untuk meningkatkan latar belakang yang berhubungan dengan akademik dari mahasiswa atau bisa dikatakan bahwa program Master diperuntukan untuk memperdalam ilmu mahasiswa.

2. Kurikulum

Kurikulum yang terdapat pada program MBA adalah biasanya lebih umum jika dibandingkan dengan S2 yang memberikan ilmu mengenai jurusan atau spesialisasi yang lebih terperinci. Oleh sebab itu, pada program S2 mengajarkan lebih banyak ilmu yang ingin dipelajari daripada program MBA. Bahkan, tidak sedikit para lulusan program MBA juga melanjutkan program Master untuk semakin memperdalam ilmu yang sudah mereka dapat pada program MBA.

3. Sistem Pembelajaran

Karena tujuan dari program MBA adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa khususnya dibidang bisnis, maka sistem pembelajaran yang diberikan biasanya dalam bentuk studi kasus atau pemecahan masalah yang dihadapi di dunia kerja nyata.

Walaupun tetap ada kelas kuliah pada umumnya yang mengajarkan teori, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Para mahasiswa di program MBA akan lebih banyak belajar dengan cara berdiskusi, bereksplorasi, dan bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan kasus atau tugas yang diberikan.

Berbeda dengan program Master yang sistem pembelajarannya seperti perkuliahan biasa, dimana mahasiswanya datang untuk menghadiri kelas tatap muka, kelas tutorial, mengumpulkan makalah atau tugas, dan melakukan presentasi.

Walaupun begitu, bukan berarti mahasiswa S2 hanya belajar teori saja karena pada kurikulum mereka sudah banyak yang melibatkan aktivitas yang mendorong mahasiswa untuk lebih aktif dan kritis seperti kerjasama kelompok, presentasi, dan kesempatan untuk bekerja di lowongan yang sesuai dengan bidang studi mereka.

Baca Juga:  Tiga Trik Belajar Mudah Bahasa Inggris

Mana yang Lebih Baik Antara MBA dan Gelar Master?

Antara MBA dan Gelar Master keduanya sama-sama memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing tergantung apa tujuan Anda kedepannya. Anda harus tahu ke mana Anda ingin mengembangkan karir.

Jika Anda ingin mengembangkan karir yang lebih khusus atau mempunyai spesifikasi, maka gelar Master sangat cocok untuk Anda karena dalam program ini akan membahas mengenai suatu bidang yang lebih terperinci. Berbeda dengan gelar MBA yang menggunakan metode pembelajaran studi kasus dan pemahaman yang diberikan masih umum belum terperinci.

Anda juga harus memperhatikan latar belakang pendidikan Anda sebelumnya serta kualifikasi akademik yang diminta. Biasanya, program-program MBA memberikan persyaratan masuk yang lebih ketat jika dibandingkan dengan program Master.

Jika Anda ingin mengambil program MBA, maka beberapa hal yang harus Anda perhatikan seperti skor GMAT atau GRE, pengalaman kerja, serta prestasi akademik. Dalam hal ini Anda juga harus mempertimbangan latar belakang pendidikan akademik serta menentukan program apa yang dapat membantu Anda dalam mengasah potensi yang Anda miliki dengan maksimal.

Itulah beberapa informasi mengenai program MBA dan program Master yang harus Anda ketahui sebelum melanjutkan pendidikan pascasarjana. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam menentukan pilihan program apa yang tepat untuk Anda ambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *