Media Sosial

Apa Itu Media Sosial, Jenis dan yang Sering Digunakan

Posted on

Media Sosial – Media sosial mengacu pada sebuah website dan aplikasi yang didesain untuk mempermudah banyak penggunanya dalam sharing content dengan cepat. Secara efisien konten disebarluaskan secara langsung bisa menggunakan smartphone. Karena itulah aplikasi telah dijadikan sebagai alat komunikasi berbasis internet yang memperbolehkan banyak orang bertemu di dunia maya.

Baca juga : Struktur dan Contoh Teks Berita Bahasa Inggris

Kemampuan utamanya yang sangat menarik adalah menyebarluaskan foro, opini, acara, dan semuanya mempengaruhi kehidupan salah satunya bisnis. Ada begitu banyak jenis sosial media yang tersebar dengan fungsi berbeda-beda. Banyak orang memanfaatkan kemajuan teknologi ini juga untuk tetap berkomunikasi dengan mudah. Baik itu antar individu atau komunitas.

Cara kerja masing-masing aplikasi berbeda, serta tidak semua media sosial banyak digunakan di Indonesia. Ada beberapa yang ramai digunakan tetapi ada juga yang tidak. Lalu apa itu pengertian dan jenis-jenisnya? Yuk kenali semuanya disini.

Pengertian Media Sosial Adalah

Bisa dikatakan bahwa sosial media adalah sebuah alat yang memudahkan penggunanya untuk cepat dalam membuat konten dan menyebarluaskannya secara publik. Ada begitu banyak jenisnya yang memiliki spesialisasi berbeda. Misalnya saja seperti Twitter yang memiliki spesialisasi dalam sharing link dan teks singkat.

Jenis lainnya adalah Instagram yang digunakan untuk membangun dan mengoptimalkan sharing foto dan video. Apa yang membuat media sosial begitu unik? Penyebabnya adalah ada begitu banyak pengguna dan termasuk tidak terlalu banyak pembatasan atau sensor. Kebanyakan aplikasi hanya melakukan pembatasan secara langsung dengan menghapus gambar yang menunjukkan kekerasan atau pornografi.

Pembatasannya sangat berbeda jika dibandingkan dengan media massa seperti koran, stasiun televisi atau stasiun radio yang melakukan pembatasan sebelum penayangan. Jadi bisa dibilang pengertian media sosial yaitu semua orang yang memiliki akses internet dapat masuk ke akun mereka dan sharing konten apapun yang diinginkan. Secara instan konten akan didapatkan oleh orang lain yang mengunjungi atau berteman dengan pengunggah.

Baca Juga:  Kenali Google Ads Express Sebagai Sarana Berbisnis

Bagaimana Media Sosial Bekerja?

Karena ada begitu banyak jenis sosial media dari berbagai web dan aplikasi, fungsinya sangat bervariasi. Namun kebanyakan cara kerjanya adalah dengan mulai membuat akun hanya dengan memasukan nama dan alamat email. Setelah akun selesai dibuat, pengguna bisa langsung membuat dan menyebarluaskan konten. Secara singkat salah satu aplikasi yaitu instagram, mempermudah pengguna untuk mengambil gambar, menambahkan caption sebelum dishare.

Tergantung dengan jenisnya, pengguna bisa follow, add friend dan subscribe untuk menambahkan pengguna lainnya menjadi teman atau pengikut akun. Perusahaan pembuat media sosial menggunakan algoritma sesuai dengan data pengguna untuk menentukan konten apa saja yang akan muncul yang disebut dengan feeds. Feeds ini juga termasuk konten dari pengikut atau followers serta feeds berbentuk iklan berbayar untuk mempromosikan konten.

Jenis-Jenis Sosial Media

Jika dilihat dari pengertian media sosial, peranannya dalam kehidupan sangat penting. Sebelum mengenal platform apa saja yang digunakan, baik web dan aplikasinya terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini beberapa jenis layanannya.

1. Blog

Blog adalah jenis pertama yang sudah lama berdiri dan digunakan. Di dalamnya berisi beragam jenis informasi baik tulisan, foto hingga video. Menarik tidaknya blog tergantung pengguna dan biasanya blog memiliki konten khusus yang fokus pada bidang tertentu misalnya hobi.

Platform blog sendiri ada yang gratis dan berbayar. Platform gratis seperti blogger sedangkan platform yang berbayar adalah WordPress. Pengguna blog disebut dengan blogger, yang seringkali menjadikan blog menjadi lahan bisnis. Bagi blogger terkenal, mereka akan menggunakan konten sebagai media promosi produk.

2. Jejaring sosial

Disebut juga sebagai social network yang cara kerjanya berbeda dengan blog. Melalui jejaring sosial semua pengguna dapat membagikan pesan, foto, serta video. Modelnya adalah para pengguna saling menambahkan teman, contohnya adalah platform Facebook.

Baca Juga:  Sudah Bisa Mengedit Foto? Saatnya Belajar Online Video Editor

Sama seperti blog, jejaring sosial juga digunakan untuk berbagi konten tetapi fokusnya bisa lebih meluas. Satu akun bisa digunakan sebagai branding suatu produk atau akun pribadi. Fitur yang diberikan pun sangat banyak seperti Facebooks Ads untuk mengiklankan jika Anda ingin berbisnis. Ada juga Facebook page, grup guna dijadikan tempat komunitas.

3. Berbagi Media

Media lainnya adalah media sharing dimana konten-kontennya mudah untuk dibagikan dan memiliki fokus tertentu. Misalnya saya Youtube yang berfokus dalam format konten video, Instagram dan Flickr yang kontennya berisi video singkat dan juga foto. Masing-masing media ini memiliki kelebihan dalam hal marketing.

Media Sosial

Secara visual produk barang atau jasa bisa dipromosikan dengan lebih mudah dengan media-media jenis ini. Konten menarik pun bisa lebih banyak diproduksi seperti infografik misalnya.

4. Forum

Media sosial yang satu ini sudah sangat jelas bentuknya dan sudah terbentuk sejak lama sama seperti blog. Di sinilah banyak orang bisa saling berdiskusi mengenai sebuah topik tertentu dan menjadi ruang pemasaran yang sangat jitu. Dalam ruang diskusi orang akan berkumpul dan mengemukakan pendapatnya, menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh seorang pengguna.

Contoh dari forum seperti Quora dan Kaskus yang hingga saat ini masih ramai digunakan. Jika membahas sebuah produk maka akan ada kelebihan dan kekurangan yang dibahas. Bahkan sering juga membandingkan satu produk dengan lainnya langsung dari pengalaman pengguna.

Semua jenis sosial media adalah yang saat ini banyak digunakan dan terbagi lagi menjadi berbagai macam platform. Jadi manakah yang kira-kira banyak digunakan di Indonesia?

5 Macam Media Sosial yang Banyak di Indonesia

Indonesia telah menjadi satu negara di mana banyak penduduknya menggunakan media sosial. Ada begitu banyak platform yang tersedia, tetapi ada beberapa yang meraih peringkat pertama banyak penggunanya. Menurut data yang didapatkan dari We Are Social pada tahun 2020, lima teratas media sosial adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Afiliasi Adalah, Pengertian Hingga Sistem Kerjanya

1. Youtube

Platform pertama ini memudahkan pengguna supaya bisa mengirim, berbagi serta dilihat video. Banyak informasi dalam bentuk video yang mudah diserap, oleh karena itulah banyak masyarakat Indonesia yang lebih memilih Youtube. Menurut data yang didapatkan, sekitar 132 juta orang atau 88% dari 150 juta menggunakan Youtube.

2. WhatsApp

Media sosial yang kedua adalah Whatsapp, dimana fungsinya adalah untuk chatting, berkirim video, foto, telepon dan video call. Satu aplikasi yang sangat multifungsi yang menurut data digunakan oleh 84% masyarakat Indonesia.

3. Facebook

Facebook mendapatkan peringkat ketiga dimana 82%  juta orang menggunakan platform ini. Kelengkapan yang membuatnya banyak digunakan adalah seperti fitur membagikan video, foto hingga membentuk komunitas melalui grup atau Facebook page. Ada juga fitur pengingat acara yang sangat menguntungkan.

4. Instagram

Pada peringkat keempat adalah Instagram dimana 79% orang menggunakan platform ini. Melalui platform ini para pengguna bisa mengunggah dan membagikan video serta foto bahkan membuat story di akun mereka.

5. Twitter

Terakhir adalah Twitter dengan catatan pengguna sebesar 56%, menggantikan Line di tahun 2019. Melalui Twitter para pengguna dapat membuat dan membagikan pesan teks singkat sebanyak 280 karakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *