Tips Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris

Posted on

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris setiap orang tentu saja berbeda-beda, akan tetapi ada format baku yang mesti kalian ketahui saat memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Agar ketika anda berdiri, di depan podium, atau berada di dalam kelas, audiens yang menangkap maksud anda bisa mengerti tanpa harus bertanya berulang kali.

Cara memperkenalkan diri dalam bahasa inggris setelah disesuaikan dengan format baku, perlu juga didampingi dengan etika dan perilaku saat anda memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Jika anda berada di sebuah acara, kerumunan dan juga kegiatan akademik yang melibatkan mahasiswa asing, maka etika dalam memperkenalkan diri dalam bahasa inggris perlu anda ketahui (biasanya disebut dengan manner).

Nah, sebelum memasuki proses tips dan trik format baku dalam memperkenalkan diri dalam bahasa inggris, akan lebih baik kita bahasa dahulu manner (tata cara perilaku) saat memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Jika anda berada di podium, panggung, atau dalam posisi berdiri, maka akan lebih baik tidak membawa catatan besar/buku ketika anda memperkenalkan diri.

Kenapa disarankan demikian? Karena akan terkesan merepotkan dan terlihat sekali tidak siap, apalagi buku yang anda bawa merupakan buku petunjuk dalam memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Akan lebih baik hanya membawa catatan kecil maksimal satu lembar kertas. Biasanya hanya ditulis point-point tertentu sebagai pemandu ketika anda berbicara.

Pada proses selanjutnya, saat anda memperkenalkan diri dalam bahasa inggris di depan podium, akan lebih baik pandangan menatap audiens, jika anda tidak hafal teks teks yang anda bawa, cobalah untuk menyelingi antara menatap teks dengan menatap audiens, sehingga tidak melulu menatap teks kertas yang anda bawa. Karena akan terkesan tidak menghormati audiens ketika anda berbicara.

Baca Juga:  Perkenalan Bahasa Inggris Pada Saat Wawancara Kerja

Pada posisi yang berbeda, misalnya saat anda berada di sebuah komunitas, acara akademik atau diskusi kelompok, maka memperkenalkan diri biasanya akan sangat singkat. Usahakan hanya mengenalkan beberapa poin saja, kemudian gunakan tangan kanan anda untuk bersalaman dan tatap mata atau wajah lawan bicara anda. Ini akan menimbulkan kesan profesional, hangat dan juga ceria.

Selanjutnya, anda akan mengenali tips dan trik, atau mengetahui format baku ketika memperkenalkan diri dalam bahasa inggris. Tips ini terdiri dari beberapa poin yang disesuaikan dengan format acara anda, baik itu formal atau pun non formal. Format pertama, mengenalkan diri dalam bahasa inggris adalah pengantar. Pengantar ini bisa berupa ucapan selamat pagi, salam, panggilan kepada teman-teman, semacam introduction terima kasih telah diundang dalam acara tersebut.

Contoh kata pengantar dalam memperkenalkan diri dalam bahasa inggris versi formal. “Ladies and Gentlemen, Welcome, Good Morning, I would Like to introduce myself, my name is…. dan seterusnya”. sementara kata pengantar dalam sesi informal seperti ini, “Hai guys, thank you for inviting me to this project, especially my friend and my boss Anto, my name is….”

Format selanjutnya adalah memperkenalkan diri pada baground akademik, kemampuan atau posisi anda di jabatan perusahaan tertentu untuk memudahkan orang mengidentiifkasi anda. Misalnya “ I am graduated in IT from National University of Malaysia, and now in charge as information director”.

Format selanjutnya adalah perkenalan inti, semacam eksplorasi diri, tawaran kerjasama atau malah penutupan karena sesi yang sangat singkat juga bisa. Seperti ini, “I hope we can cooperate each other, atau nice to meet you” dan seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *