Mengatasi Laptop lambat

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop lambat

Posted on

Mengatasi Laptop lambat – Jika laptop yang Anda gunakan sudah lambat tentunya Anda tidak bisa lagi bekerja dengan laptop Anda secara maksimal, karena sudah lebih banyak menunggu loading untuk setiap proses. Laptop yang sudah lama menjai lambat memang sering terjadi, namun bagaimana jika laptop Anda masih tergolong baru.

Baca juga : Apa Itu Media Sosial, Jenis dan yang Sering Digunakan

Laptop yang masih baru dan lambat ada beberapa hal yang menyebabkan dan pada masalah ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengapa laptop menjadi lambat dan bagaimana cara mengatasi laptop lambat dengan cara paling gampang diikuti, simak berikut ini.

Penyebab Laptop lambat

1. Program Startup Terlalu Banyak

Anda mungkin mendownload banyak program di laptop Anda, dan tentunya memakan banyak kapasitas laptop Anda, terlebih jika Anda membuka beberapa program diwaktu yang bersamaan, sudah bisa dipastikan laptop Anda akan lambat.

Untuk itu sebaiknya hapus dan disable program startup yang tidak begitu Anda butuhkan atau saat membuka program jangan membuka beberapa program diwaktu yang sama.

2. Terinfeksi Malware

Terinfeksi malware bisa menjadi salah satu penyebab dari laptop lambat, virus ini bisa dari pemindahan data dari file lain yang tidak aman, baik dari ponsel maupun flashdisk, atau dari file yang Anda download dari internet.

Untuk menghapus malware dari komputer Anda, klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar Anda. Kemudian ketik Keamanan ke dalam kotak pencarian dan klik Buka . Selanjutnya, pilih Virus & perlindungan ancaman dan kemudian klik Pindai cepat/Quick scan.

3. Terlalu Banyak File Sementara

File sementara atau temporary file yang ada di laptop and abisa menjadi penyebab laptop lambat, untuk itu hapus  temporary file tersebut. Caranya klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar Anda. Kemudian ketik Defrag di bilah pencarian dan klik Open .

Baca Juga:  Apa yang dimaksud dengan iklan? Yuk, Kenali Lebih dalam.

Di jendela pop-up, klik Analisis untuk memeriksa berapa banyak ruang yang diambil oleh file terfragmentasi pada hard drive Anda. Jika ada banyak file terfragmentasi, klik Optimalkan. Terakhir, tunggu hingga drive mencapai 0% terfragmentasi sebelum Anda mulai menggunakan program atau membuka file lagi.

Itulah 3 pemicu atau penyebab laptop lambat dan berikut ini adalah cara mengatasi laptop lambata akibat dari penyebab diatas atau karena penyebab-penyebab lainnya.

Mengatasi Laptop lambat

Cara Mengatasi Laptop lambat

1. Beli Kartu SD

Mengatasi Laptop lambat – Jika file dan program di laptop Anda sebagai penyebab laptop Anda lambat, maka sebaiknya Anda membeli kartu SD dengan kapasitas tinggi, sehingga file yang ada dilaptop Anda bisa Anda pindahkan ke kartu SD, sewaktu-waktu jika butuh Anda masih punya file tersebut, dan laptop Anda akan kembali lancar seperti semula.

2. Bersihkan Hard Drive Secara Otomatis

Windows 10 menawarkan opsi untuk secara otomatis membebaskan ruang. Misalnya, pengguna tidak lagi harus mengosongkan sampah sendiri atau menghapus file sementara dengan tangan. Untuk melakukan ini, aktifkan opsi “Optimalisasi memori ” . Ini dapat ditemukan di pengaturan. Untuk mengakses fungsi, tekan tombol Windows dan ketik ” Memory optimization “.

Jika tidak, Anda juga bisa lakukan pembersihan hard drive dengan cara :

* Tekan tombol Windows atau klik ikon Windows di baki sistem (biasanya di kiri bawah).

* Tekan ikon roda gigi, ini akan membuka pengaturan Windows.

* Klik pada ” Sistem “.

* Temukan menu ” Penyimpanan “. dan klik

* Di sini Windows menawarkan opsi ” optimasi memori “. Aktifkan pengaturan.

* Dalam menu ” Ubah pelepasan ruang penyimpanan otomatis ” Anda dapat mengatur file mana yang harus dihapus dan kapan Windows.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Internet untuk Pemula

Atau, Anda dapat menghapus file tertentu dengan mengklik ” Kosongkan ruang penyimpanan “. Perhatian: File dari versi Windows sebelumnya dapat ditemukan di sana. Ini dapat menempati beberapa gigabytes memori. Windows menyimpan file-file ini untuk sementara waktu sehingga pengguna dapat kembali ke versi sebelumnya. Hapus saja file-file ini jika Anda ingin menyimpan versi Windows saat ini.

3.  Keluar Dari Program Autostart

Jika laptop Anda masih tetap lambat dengan 3 cara diatas maka cobalah untuk mengembalikan laptop seperti semula, atau ke pengaturan pabrik, sehingga file Anda akan dikosongkan. Ini berfungsi melalui ” autostart “. Untuk mengelola program autostart, lakukan sebagai berikut:

* Tekan Ctrl-Shift-Escape untuk membuka Task Manager. Atau, Anda juga dapat menekan Ctrl + Alt + Ent dan kemudian pilih “Task Manager”.

* Klik pada tab “Autostart” di atas.

* Di sini Windows mencantumkan program yang dimulai saat sistem dimulai. Untuk menonaktifkannya, pilih program yang diinginkan dan klik ” Nonaktifkan ” di kanan bawah.

Sekian untuk artikel penyebab laptop lambat dan juga cara mengatasi laptop lambat, semoga bermanfaat bagi laptop Anda yang lambat sehingga bisa beroperasi seperti semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *