Mengenali Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler

Posted on

Mengenali Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler – Bakat merupakan kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang dengan potensi penguasaan lebih cepat dari orang lain secara umum. Bagaimana cara mengetahui bakat? Tidak semua orang tahu apakah dirinya berbakat.

Secara alami setiap orang memiliki bakat yang berbeda-beda, jika anda tidak menyukai suatu hal tetapi mampu melakukannya lebih baik dari orang lain, kemungkinan itulah bakat yang anda miliki, akan tetapi jika anda memiliki hobi yang justru anda sukai, belum tentu hal tersebut adalah bakat yang anda miliki.

Hal tersebut memaknai bahwa bakat merupakan kemampuan yang secara alami telah dimiliki oleh sesorang, namun bukan berarti bakat tidak perlu diasah atau dikembangkan. Pengembangan bakat perlu dilakukan untuk mencapai sebuah kecakapan dan keterampilan khusus, sehingga menjadi nilai lebih bagi pemiliknya.

Baca Juga:  Singkatan SAT Adalah Scholastic Aptitude Test, Ini Tesnya

Dalam dunia pendidikan seharusnya tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan secara umum yang penerapannya berupa pemahaman dan penghafalan saja, akan tetapi perlu memberikan sarana pengembangan bakat dan minat bagi para peserta didik.

Pengembangan bakat dapat dilakukan dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan nonakademis seperti ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu perangkat operasional  kurikulum yang perlu disusun dan dituangkan ke dalam rencana kerja satuan pendidikan, karena adanya kegiatan ekstrakurikuler akan membantu peserta didik menemukan atau mengembangkan bakat yang dimilikinya.

Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik di luar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum yang dilakukan di bawah bimbingan sekolah. Hal tersebut bertujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas dalam menguasai keterampilannya. Beberapa fungsi yang dimiliki oleh kegiatan ektrakurikuler antara lain sebagai berikut :

  • Fungsi pengembangan. 

    yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung perkembangan personal peserta didik melalui perluasan bakat, pengembangan potensi, mengasah keterampilan dengan sarana dan prasarana yang telah disediakan, serta dengan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepemimpinan.

  • Fungsi sosial. 

    yaitu bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi para peserta didik dengan cara menyatukan pendapat kelompok diskusi untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapi, sehingga dapat menumbuhkan jaringan sosial diantara mereka.

  • Fungsi kekeluargaan. 

    yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler dilakukan untuk saling mendukung dan menjaga, serta menciptakan suasana yang rileks, mengembirakan, dan menyenangkan layaknya keluarga sehingga dapat menunjang proses perkembangan peserta didik.

  • Fungsi berkarir. 

    yakni bahwa kegiatan ekstrakurikuler berfungsi untuk menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta didik dengan mengikuti perlombaan-perlombaan yang dapat mengukur kemampuan bersaing di masyarakat agar memiliki persiapan dalam meniti karir di masa yang akan datang.

Berdasarkan fungsi dari diselenggarakannya kegiatan ekstrakurikuler, setiap satuan pendidikan diharapkan dapat memberikan manfaat yang berguna dalam Mengenali Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan minat peserta didik , serta dapat mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, spiritual, sosial, dan pengembangan keterampilan peserta didik dalam rangka pembentukan SDM yang dapat diandalkan.

Baca Juga:  Mudahnya Belajar Tenses Bahasa Inggris Dengan 7 Tips Ini

Adapun penggolongan jenis Mengenali Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler seperti yang dilansir oleh bangka.tribunnews.com tanggal 17/01/2014 bahwa kegiatan ekstrakurikuler pada kurikulum 2013 terbagi menjadi dua bagian, yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan.

Ekstrakurikuler wajib merupakan program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, terkecuali peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan tersebut. Dalam kurikulum 2013, Kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dari sekolah dasar (SD/MI) hingga sekolah menengah atas (SMA/SMK).

Ekstrakurikuler pilihan merupakan kegiatan yang antara lain OSIS, UKS, dan PMR. Selain itu, kegiatan ini dapat juga berbentuk kelompok atau klub yang kegiatan ekstrakurikulernya dikembangkan atau berkenaan dengan konten suatu mata pelajaran, misalnya klub olahraga seperti klub sepakbola, klub bola voli dan lainnya.

Apa saja hal yang perlu diketahui untuk Mengenali Bakat Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler? Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk mengenali bakat apa yang dimiliki :

  • Kenali Diri Sendiri, yaitu menentukan nilai yang kita berikan pada diri kita sendiri. Jujurlah pada apa yang kita rasakan, karena terkadang apa yang terbaik menurut orangtua dan orang lain tidak selalu sama dengan apa yang kita inginkan atau pikirkan.

Saat mempersiapkan masa depan berarti juga harus mampu mempersiapkan tujuan karir. Bila sejak awal memang mencita-citakan profesi tertentu kembangkanlah keahlian dan bakat yang dimiliki, karena kemungkinan besar hal tersebut akan mempermudah kita dalam berkarir.

  • Mengetahui Apa Yang Diinginkan, yaitu mencari kegiatan apa yang sekiranya disukai dan mampu dilakukan secara rutin. Seperti halnya hobi, yang dapat memberikan bayangan tentang apa sebenarnya bakat yang kita miliki. Mengetahui apa yang kita inginkan merupakan pondasi terpenting dalam meraih pekerjaan impian.
  • Kombinasikan Minat Dan Kemampuan, yaitu kita harus menilai secara jujur kelemahan diri, setelah itu temukan bakat-bakat lain yang kita miliki sehingga kita tak hanya punya satu kelebihan semata. Mulailah mencari cara untuk menyelaraskan minat dan bakat. Misalnya, bila Anda suka menonton film dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, mungkin karir sebagai kritikus film, casting director ataupun penulis bisa mulai dipertimbangkan.

Pada intinya, apapun yang ingin kita lakukan harus bisa membangkitkan semangat saat menjalaninya, di samping hasil yang didapat, harus mampu mendatangkan kepuasan tersendiri. Yang terpenting adalah mencoba melakukan apa yang kita ingin lakukan sepenuhnya. Biarkan bakat kita bekerja di area yang memang membutuhkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *