Mengenal Posisi Menteri Pendidikan Prancis

Posted on

Menteri Pendidikan Prancis –¬†Mengenal anggota kabinet pemerintahan Prancis tidak bisa dilepaskan dari mengenal sistem ketatanegaraan Prancis. Apalagi mengenal siapa menteri pendidikan prancis. Karena menteri pendidikan dalam sistem tatanegara Prancis merupakan anggota kabinet yang diangkat oleh sekelompok koalisi partai mayoritas dan diketuai oleh perdana menteri. Karena kepala pemerintahannya dipimpin oleh Perdana Menteri. Sementara kepala negara adalah presiden.

Apa perbedaan kepala pemerintahan dengan kepala negara? Kepala pemerintahan adalah kepala eksekutif (bisa dipegang perdana menteri atau presiden) yang menjalankan roda pemerintahan dalam urusan dalam dan luar negeri. Bertanggungjawab atas kondisi sosial politik dan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan urusan kementerian dan kemasyarakatan. Sementara kepala negara adalah simbol negara yang berjalan formal. Artian formal karena kepala negara biasanya menghadiri acara-acara seremonial yang merupakan simbolitas negara. Tetapi semua tergantung kepada sistem tata negara prsidensial murni, presidensial campuran atau parlementer. Kepala negara sendiri bisa dipegang oleh Presiden, Raja atau Ratu. Itulah mengapa jika presiden prancis lebih terlihat karena sebagai kepala negaa sering mengunjungi negara-negara lain.

Prancis adalah negara dengan sistem demokrasi yang amat ketat. Tetapi menggunakan sistem tatanegara presidensial non-murni. Perbedaan sistem presidensial murni dan non-murni adalah terletak pada jabatan kepala negara dan kepala pemerintahan. Jika presidensial murni, maka kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang seorang saja (bisa presiden atau raja). sementara jika presidensial non-murni. Terdiri atas presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.
Karena menganut sistem presidensial non-murni. Prancis memiliki perdana menteri yang diangkat dari parlemen nasional. Parlemen nasional yang mengajukan perdana menteri adalah partai mayoritas atau koalisi partai yang menguasai 2/3 parlemen nasional. Sementara presiden sendiri sebagai kepala negara tidak dipilih parlemen nasional. Tetapi dipilih wakil-wakil kota dan daerah dari seluruh prancis.

Baca Juga:  4 Cara Belajar Bahasa Perancis Efektif yang Bisa Dipraktekan

Perdana menteri yang diangkat dari parlemen. Kemudian mengangkat jajaran menteri (dewan menteri) yang biasanya diambil dari anggota parlemen. Nah, posisi menteri pendidikan prancis, biasa dipegang oleh anggota parlemen yang ditunjuk untuk menjalankan posisi yang mengurusi bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan.

Posisi menteri dalam kabinet prancis bersifat tentatif sesuai dengan keinginan portofolio perdana menteri. Bisa jadi seorang menteri pendidikan prancis sebelumnya hanya bertugs mengurusi pendidikan saja. Tetapi tahun mendatang digabung mengurusi ilmu pengetahuan. Atau malah seperti Indonesia menjadi kebudayaan dan kesenian juga.

Karena jabatan menteri pendidikan prancis diangkat dari parlemen. Maka jabatan ini bisa jadi berganti dengan cepat atau bertahan lama. Tergantung kondisi sosial politik di dalam parlemen. Dalam sistem presidensial non-murni dimana kabinet dibentuk dari parlemen dengan partai mayoritas (koalisi mayoritas). jika terjadi mosi tidak percaya dan koalisi mayoritas berubah. Maka kepala pemerintahan bisa berganti (perdana menteri prancis). perubahan ini tentunya akan mengubah posisi menteri pendidikan prancis.