mobil jerman

Inilah 8 Merek Mobil Asal Jerman Yang Paling Mendunia

Posted on

Merek Mobil Asal Jerman – Merek mobil Jerman terkenal karena memiliki kualitas mesin nomor satu dan design yang menarik. Itulah yang membuat Jerman memimpin dalam dunia industri otomotif.

Akan tetapi tahukah kamu bahwa produksi mobil Jerman sudah dimulai pada tahun 1870, ketika Nikolaus Otto dan Karl Benz bekerja bersama untuk menciptakan mesin pembakaran empat langkah. Kedua Insinyur ini membantu Jerman memulai industri otomotifnya. Bahkan pada tahun 1901, sekitar 900 mobil diproduksi di Jerman tiap tahunnya.

Baca Juga:  Syarat Syarat Harus Disiapkan Untuk Bisa Kuliah Gratis di Jerman

Sekarang ini Jerman menjadi produsen mobil terbesar ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan China. Luar biasanya, tiga dari enam penghargaan mobil dunia jatuh pada merek mobil asal Jerman.

Inilah 8 Merek Mobil Asal Jerman Yang Paling Mendunia

merek mobil jerman

Sekarang kita lihat daftar merek mobil buatan Jerman, dari yang terkenal hingga merek yang kurang populer, lalu apa sajakah merek mobil Jerman yang mendunia itu? berikut di bawah ini adalah ulasannya.

1.Audi

Audi, berasal dari bahasa latin “audire”, yang artinya mendengarkan. Perusahaan ini sebenarnya sempat jatuh akibat krisis ekonomi hebat yang terjadi pada tahun 1030-an. Di saat banyak perusahaan gulung tikar, Audi justru merger dengan 3 pabrikan lainnya, Horch, DKW dan Wanderer. Dari situlah asal muasal logo empat cincin yang masih bertahan sampai sekarang.

Saat ini Audi menjadi salah satu merek mobil Jerman tersukses karena kemampuannya memproduksi mobil mewah dan kuat. Hal ini karena Audi selalu berinovasi dan menerapkan teknologi terbaru pada setiap mobil buatannya. Sesuai dengan slogan perusahaan, “Vorsprung durch Technik” yang artinya “Meraih keuntungan dengan teknologi”.

2.Mercedes-Benz

Henry ford dikenal sebagai orang pertama yang memproduksi mobil secara massal, tapi sebenarnya Karl Benz adalah orang yang menciptakan mobil. Tapi saat ini Karl Benz lebih dikenal karena bergabung dengan aimler-Motoren-Gesellschaft menjadi Daimler-Benz atau Mercedes-Benz. Bergabung pada juni 1926, dua raksasa industri mobil Jerman ini bersatu menciptakan merek yang sekarang menjadi merek mobil mewah terpopuler di dunia.

Selama bertahun-tahun mereka sudah memproduksi berbagai jenis kendaraan termasuk truk, limusin, van, dan bus. Bahkan Mercedes-Benz 600 menjadi kendaraan mewah model limusin yang populer. Mobil tersebut diproduksi dari tahun 1964 hingga 1972.

Baca Juga:  Ketahui 5 Hal Ini Sebelum Belajar Bahasa Jerman Dasar

3.BMW

Bavarian Motor Works awalnya membuat mesin pesawat terbang. Baru setelah perang dunia I berakhir, mereka beralih ke produksi mobil dengan merek BMW. Setelah perang dunia II, banyak fasilitas pabrik BMW hancur karena dibom. Tidak butuh waktu lama untuk bangkit, BMW kembali menjadi pemain utama dalam industri mobil dengan meluncurkan sedan Neue Klass pada tahun 1960-an.

Sampai sekarang, BMW dikenal dengan mobilnya yang apik, cepat, dengan design cantik. Beberapa merek keluaran BMW yang sekarang populer diantaranya roadster coupe seri Z4, sedan 5 Series, dan crossover SUV X3.

4.Volkswagen

Volkswagen telah menjadi mobil yang populer sejak pertama kali beroperasi pada tahun 1937. Mereka saat ini berkantor pusat di Wolfsburg dan dikenal sebagai “mobil rakyat”. Volkswagen tidak dikenal dengan mobil mewahnya, tapi mereka merancang mobil keluarga yang dipakai sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Mobil keluaran Volkswagen berdaya tahan tinggi di jalan raya sehingga populer tidak hanya di Jerman, tapi populer juga di luar negeri.

merek mobil asal jerman

5.Porsche

Meskipun tidak menjual sebanyak merk mobil buatan Jerman lainnya, Porsche masih menjadi merek terkenal. Mereka mulai beroperasi pada tahun 1931 dan saat ini memiliki kantor pusat di Stuttgart. Mereka merupakan spesialis dalam mobil sport dan selalu berusaha untuk membuat mobil yang lebih cepat dan efisien. Porsche memiliki reputasi sangat baik, sehingga banyak mobil tua mereka yang saat ini dihargai sangat tinggi.

6.Adam Opel AG

Adam Opel AG sudah ada sejak 1862 dan didirikan oleh Adam Opel. Awalnya mereka hanya memproduksi sepeda, tapi kemudian memproduksi mobil pertamanya pada tahun 1899. Perusahaan yang berkantor pusat di kantor pusat di Rüsselsheim, Hesse ini saat ini memproduksi mini-van, minibus, serta spare part kendaraan.

Baca Juga:  5 Tempat Wisata di Jerman yang Menarik Untuk Dikunjungi

Adam Opel AG saat ini dimiliki oleh konsorsium General Motors dan mengeluarkan mobil di 50 negara dengan merek yang berbeda-beda. Mereka menjual mobilnya di Inggris dengan merek Vauxhall. Di Amerika Serikat, meksiko, kanada, dan China mobil Opel dijual dengan merek buick. Sedangkan di Australia dan Selandia Baru dengan nama merek Holden

7.Alpina

Alpina merupakan merek mobil asal Jerman yang telah ada sejak 1965 dan saat ini dimiliki oleh BMW. Mereka berkantor pusat di Buchloe, Jerman. Di Indonesia merek ini lebih dikenal sebagai BMW, padahal sebenarnya mereka memproduksi mobilnya sendiri.

8.Bitter Cars

Merek ini merupakan salah satu merek mobil asal Jerman terbaru yang didirikan oleh Erich Bitter, mantan pembalap mobil. Bitter cars memproduksi mobil mewah dengan kelas mobil sport premium. Tapi mereka memang belum terlalu populer sehingga perlu waktu bagi kita untuk lebih sering mendengar marek ini di masa depan

Baca Juga:  Mau Liburan Ke Jerman, Ketahui 6 Fakta Budaya Jerman Ini Dulu

Selain 8 merek mobil asal Jerman diatas, masih ada merek lainnya yang tidak terlalu populer seperti Gumpert, Isdera, Keinath,dll. Banyaknya merek mobil Jerman yang beredar di pasaran menunjukkan cepatnya kemajuan industri otomotif Jerman.

Kemajuan Jerman dalam otomotif ini selain membuka banyak lapangan kerja, juga menjadikan Jerman sebagai pusat pendidikan, terutama dalam bidang teknologi. Bagaimana, tertarik untuk bekerja atau kuliah di Jerman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *