4 Mesin Pencari Selain Google Paling Banyak Digunakan

Posted on

Mesin Pencari Selain Google –¬†Sebelum membahas lebih jauh mengenai mesin pencari, coba anda ingat ingat apakah anda mengenal browser atau aplikasi internet yang paling sering anda gunakan? Biasanya masyarakat Indonesia hanya mengenal sejauh jauhnya adalah google chrome, mozilla firefox ataupun internet explore. Sisanya mengenal browser opera mini atau UC browser karena faktor efisiensi dan efektivitas di dalam penggunaan browser ketika mempunyai smartphone atau handphone dengan kapasitas kecil.

Penggunaan ini tidaklah salah, karena biasanya browser seperi internet explore dan google chrome telah ditanamkan atau bundling ke dalam software software di dalam laptop, komputer hingga smartphone. Resiko utamanya ketika sebuah software ditanamkan internet explore dan google chrome maka di dalamnya juga telah ditanamkan mesin pencari seperti google dan explorer punya microsoft.

Karena kelebihan bundling ini menyebabkan browser dan mesin pencari selain google tidak ditanamkan dan membuat sebagian besar masyarakat tidak familiar dengan browser dan mesin pencari yang telah diterangkan di atas. Apakah anda pernah mendengar browser bernama netscape atau safari browser? Tentu saja tidak familiar, kecuali bagi pemilik produk produk apple pasti memahami safari browser yang ditanamkan ke dalam produk produk apel.

Selain itu, bahkan beberapa orang hanya familiar dengan browser google chrome dan firefox saja, atau kebalikannya para pengguna hp kentang (sebutan hp murah dengan kapasitas RAM dan memori yang kecil), malah hanya mengenal opera browser atau UC browser yang bisa ditanamkan di hp kentang dengan ruang memori yang kecil. Padahal google chrome dan mozilla firefox salah satu yang membuat terkenal adalah karena kecepatannya serta efesiensi yang kecil ketika ditanamkan di smartphone, akan tetapi dua browser terakhir ini juga sering bermasalah ketika membuka banyak jendela.

Baca Juga:  Bingung buat logo? Gunakan 3 Aplikasi Pembuat Logo Secara Online

Selain browser, penggunaan mesin pencari di dalam selancar di internet juga tidak banyak yang mengetahui selain google. Mengapa kita harus tahu mesin pencari selain google? Atau mengapa kita harus mengetahui browser selain chrome dan firefox? Jawabannya sederhana, apa yang akan anda lakukan ketika google chrome anda rusak, sementara anda tidak familira dengan browser lain? Tentunya akan membuat anda repot bukan.

Nah, cara ini juga sama kenapa anda harus mengenal mesin pencari selain google. Google sebagai perusahaan raksasa memang mempunyai tim keamanan paling canggih di dunia teknologi informasi. Akan tetapi satu hal yang mesti anda pelajari bahwa sesekali mesin pencari google juga bisa bermasalah, atau anda bosen dengan mesin pencari yang itu itu saja. Sudah saatnya anda mengenal mesin pencari selain google agar hidup anda lebih berwarna:

Pertama, mesin pencari selain google yang sudah sedikit familiar di kalangan praktisi internet, teknologi dan informasi adalah Yahoo.com. Mesin pencari yahoo tentunya anda juga kenal lewat emailnya bukan? Nah, akan tetapi banyak orang yang hanya mengenal yahoo hanya untuk email saja.

Saat di masa jaya jayanya dahulu, yahoo.com juga merangkap menjadi situs berita online, merangkap menjadi beranda iklan baris (mirip seperti adsense miliknya google) dan telah lama juga menjadi mesin pencari yang digunakan masyarakat kelas menengah atas. Sayangnya kini, industri yahoo kalah oleh Google yang mampu ekspansi kemana mana dan melahirkan chrome.

Jika anda belum familiar dengan mesin pencari selain google bernama yahoo.com, anda disarankan untuk mencobanya. Yahoo.com bisa menjadi referensi atau rujukan dalam mencari sumber data yang berbeda dengan google. Kelebihan yahoo ini bisa menampilkan website-website yang tidak terdeteksi oleh google. Selain itu, yahoo juga masih menjadi mesin pencari selain google sebagai rujukan SEO (search engine optimization).

Baca Juga:  Aplikasi Edit Video Vlogger Paling Direkomendasikan

Kedua, mesin pencari selain google yang masih berbasis dengan email adalah AOL. AOL dengan alamat di www.aol.com ini merupakan mesin pencari yang mempunyai layanan emai, website berita dengan berbagai genre seperti bisnis dan juga ekonomi politik. Kelebihan mesin pencari selain google bernama aol ini dapat menampilkan pencarian data yang berbeda dengan yang anda cari di google.

Selain itu, sama dengan yahoo yang menawarkan email. AOL juga menawarkan email untuk anda bahkan bisa menjadi domain paling singkat, misal anda membuat alamat email: rudi@aol.com. Bandigkan dengan rudi@gmail.com. Nah, bandingkan juga dengan yahoo yang berbasis negara negara seperti: rudi@yahoo.co.id atau rudi@yahoo.co.uk.

Ketiga, mesin pencari selain google yang diproduksi oleh negara Amerika bernama ASK. Mesin pencari ini bisa anda temukan di www.ask.com. kelebiha utama mesin pencari ini juga bisa menampilkan data entri pencarian yang berbeda dengan google atau bahkan yahoo. Mengapa demikian? Karena ask ini mempunyai entri dan queri yang berbebeda jika dibandingkan dengan google yang kadang di tiga teratasnya terdapat iklan adsene.

Keempat, mesin pencari selain google berbasis pada direktori bisnis bernama SEARCH INDONESIA. Alamat mesin pencari ini bisa anda temui di www.searchindonesia.co.id. dahulu ketika masa masa awal masuknya search indonesia ke dalam dunia internet juga merupakan mesin pencari berbasis data umum, tetapi kemudian diakuisisi oleh telkom dan beberapa mitranya dan kemudian menjadi mesin pencari selain google khusus untuk direktori bisnis.

Apa kelebihan yang ditawarkan oleh search indonesia? Pertama mesin pencari ini berbeda dengan direktori mesin pencari umum yang bisa menyaring seluruh kata kunci dengan data umum, sementara search indonesia ini hanya menyaring kata kunci untuk direktori bisnis, marketplace hingga ekonomi. Termasuk jika anda membutuhkan wawasan bisnis sebelum berbelanja ke marketplace atau e-commerce, maka anda bisa berkunjung terlebih dahulu ke search indonesia untuk mendapatkan wawasan mengenai produk yang anda cari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *