Cara Menghafal Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Posted on

Nama Hari dalam Bahasa Inggris – Menghafal nama hari bahasa inggris sebenarnya adalah hal yang mudah, dan termasuk ke dalam proses belajar bahasa inggris dasar. Kenapa disebut dengan hal mudah karena hanya menghafalkan nama-nama hari dalam tujuh hari seminggu, tidak seperti menghafal urutan angka yang berjumlah satu sampai dengan sembilan, lalu masih dikalilipatkan dengan puluhan hingga ratusan ribu.

Menghafal nama hari dalam bahasa inggris untuk pemula bisa dimulai dengan membedakan sebutan hari-hari aktif kerja dengan hari-hari libur. Jadi jika anda sering aktif kerja dari senin hingga jum’at, maka dalam bahasa inggris disebut dengan weekday. Jadi jika suatu hari anda pergi ke luar negeri, atau mendapati sebuah tulisan dengan tanda “weekday” itu berarti kantor akan buka selama hari kerja.

Sementara nama hari bahasa inggris untuk hari libur sabtu dan minggu disebut dengan weekend. Ini sebutan yang lumrah dan sering ditemui dimanapun berada, bahwa weekend adalah sebutan untuk hari libur. Website-website travel perjalanan akan menyebut weekend sebagai hari leisure time, holiday time dan sederet sebutan lain untuk berekreasi.

Sementara itu, untuk menghafal nama hari dalam bahasa inggris bisa dimulai dari kalender orang Indonesia atau kalender orang inggris, jika anda mengikuti kalender orang indoensia, maka menghafal nama hari dalam bahasa inggris akan dimulai dari hari minggu (atau ahad), baru senin, kemudian selasa, rabu, kamis, jumat dan berakhir sabtu.

Sementara dalam kalander inggris, akan lebih menggunakan hari aktif terlebih dahulu yaitu senin, selasa, rabu, kamis, jumat dan sabtu minggu. Perbedaan keduanya karena dalam bahasa indonesia menyerap nama nama hari menggunakna sistem arab, dimana minggu (atau disebut) ahad disebut hari pertama, kemudian senin diambil dari kata istnaini (kedua), rabu disebut (arbaah), atau empat, dan kamis menjadi khoms (atau lima), sementara jumat dan sabtu mengikuti.

Baca Juga:  Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Nah, untuk menghafal nama hari dalam bahasa inggris akan lebih mudah menggunakan sistem kalender orang inggris, kita bisa dengan mudah membedakan weekday dengan weekende. Jadi kalau weekday hanya ada empat hari (yaitu senin, selasa, rabu dan kamis). sementara weekend hanya terdiri dari dua (sabtu dan minggu).

Untuk menghafal nama hari bahasa inggris dalam weekday, biasanya yang paling sulit adalah menghafal perbedaan antara hari selasa dan kamis. Karena sama-sama diawali dari huruf T. Jadi jika selasa adalah Tuesday, sementara kamis adalah Thursday. Jadi kata kuncinya adalah jika selasa ada huruf “e” nya, maka disebut dengan Tuesday yang sama-sama menggunakan huruf “e”. mudah kan?

Oke langsung saja, jadi nama hari dalam bahasa inggris untuk weekday adalah senin (monday), selasa (tuesday), rabu (wednesday) dan kamis (thursday) sementara jum’at (friday). sementara untuk weekend terdiri atas sabtu dan minggu. Jika sabtu disebut dengan (saturday), sementara minggu disebut dengan (sunday). kata kunci untuk hari minggu, biasanya dalam sejarah orang-orang eropa, nama minggu disematkan untuk dewa-dewa matahari yang biasa disebut dengan “sun” jadi lebih mudah disebut dengan “sunday”.

Nah, mudah bukan menghafal nama hari bahasa inggris sesuai dengan kalender orang inggris, anda hanya membalikkan hafalan saja jika ingin menghafal nama hari untuk kalender orang indonesia dengan membalikan menjadi Sunday, Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday dan Saturday. Kata kunci tambahan hari jum’at bisa menghafal lagunya katty perry yang berjudul “last Friday night” yang artinya malam jumat bersenang senang karena besoknya hari libur sabtu dan minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *