Mana Saja Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis ?

Posted on

Negara yang Menggunakan Bahasa Perancis – Perancis, Italia, Portugal, Rumania, dan Spanyol adalah negara yang menggunakan bahasa romantis. Bahasa romantis sendiri merupakan turunan dan bahasa latin umum (Vulgar Latin)di mana bahasa ini digunakan sehari-hari oleh bangsa romawi dulunya.

Bahasa ini disebarluaskan oleh koloni Romawi. Namun dengan runtuhnya kerajaan Romawi maka bahasa tersebut terbagi-bagi di berbagai tempat menjadi kebudayaan dan bahasa. Vulgar latin sendiri telah dibagi menjadi berbagai dialek yang dikenal sebagai bahasa romantis saat ini.

Bahasa yang digunakan saat ini di Perancis memiliki dialek Galo di bagian utara Perancis. Dimana diresmikan sebagai bahasa latin Perancis pada tahun 1539 dimana François I membuat bahasa Perancis resmi dalam administrasi negara.

Kemudian bahasa Perancis hanya digunakan eksklusif para elit di Perancis dimana hanya tiga juta orang saja yang menggunakannya. Padahal terdapat 25 juta penduduk di negara ini. Sebagian besar daerah lain di Perancis memiliki dialek sendiri dan membuat komunikasi tidak lancar.

Baru pada tahun 1789 raja-raja Perancis memutuskan untuk menerapkan bahasa Perancis secara resmi di semua kalangan. Alasan inilah yang membuat bahasa Perancis menyebar di seluruh negara Eropa termasuk Belgia, Swiss dan Luksemburg.

Dilihat dari sejarahnya hingga kini, bahasa Perancis telah digunakan secara resmi di 29 negara. Jumlah tersebut membuatnya menjadi bahasa kedua yang banyak digunakan setelah bahasa Inggris.

29 negara yang menggunakan bahasa Perancis adalah : Belgium, Benin, Burkina Faso, Burundi, Cameroon, Canada, Chad, the Ivory Coast, the Democratic Republic of the Congo, Djibouti, Equatorial Guinea, France, Haiti, Luxembourg, Madagascar, Mali, Monaco, Niger, Rwanda, Senegal, Seychelles, Switzerland, Togo and Vanuatu.

Berapa banyak orang di dunia yang berbicara menggunakan bahasa Perancis? Jawaban sederhananya adalah sekitar 300 juta orang. Dalam angka 300 juta tersebut tidak hanya penutur asli saja namun juga penutur parsial dan penutur di berbagai dialek dan kreol Prancis.

Baca Juga:  Kota Paris Perancis Sebagai Kota Romance dan Kota Mode

Melalui penjajahan dan diaspora Perancis menjadi bahasa keenam yang paling banyak digunakan di dunia. Sebelumnya adalah bahasa Mandarin, Inggris, India, Spanyol dan Arab. Perancis telah menjadi bahasa resmi di negara lima benua. 120 juta siswa saat ini diperkirakan belajar bahasa Perancis.

Peningkatan juga terjadi karena meningkatnya jumlah populasi di Afrika dimana 20% penutur asli bahasa Perancis tinggal. Jumlah penutur tersebut diperkirakan dapat meningkat hingga 700 juga pada tahun 2050.

Bahasa Perancis di Eropa terbagi menjadi dua dialek utama yaitu sebagai berikut ini:

Langue d’o ï l yang dituturkan di wilayah utara dan tengah termasuk Belgia. Salah satu dialek bahasa utamanya adalah françien, yang dituturkan di dele de France (wilayah Paris). Inilah yang menjadi bahasa Prancis standar yang diajarkan hari ini.

Bahasa Langou sebagian besar dituturkan di wilayah selatan, termasuk Swiss.

Selain dialek yang digunakan, bagaimana bahasa Perancis dapat tersebar luas di Eropa? Alasannya adalah karena memiliki status resmi dimana dianggap netral, bertindak sebagai lingua franca yaitu fasilitas komunikasi antara kelompok etnis asli.

Seperti yang telah disebutkan bahwa Afrika menjadi rumah bagi penutur bahasa Perancis daripada benua lainnya. Walaupun sebagian besar menjadi bahasa kedua ada beberapa daerah seperti Abidjan dan Pantai Gading dimana bahasa Perancis mengganti bahasa lokal.

pada banyak kasus, bahasa Perancis digunakan di 31 negara Afrika. Namun bahasa yang digunakan sedikit lebih menyimpang karena adanya pengaruh dari bahasa asli Afrika.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *