Pengertian TOEFL untuk orang awam

Posted on

Pengertian TOEFL – Bagi anak anak mahasiswa, mungkin sudah familiar dengan pengertian toefl sebagai bagian dari sistem ujian di kampus-kampus, tetapi bagi orang umum susah membedakan antara toefl ujian kampus dengan ujian bahasa inggris yang dilakukan di ujian nasional atau ujian sekolah ebtanas seperti biasanya.

Lalu apa bedanya toefl juga dengan ielts, serta dengan toefl-toefl yang dikreasikan oleh kampus-kampus di Indonesia, misalnya toefl ugm sendiri bernama acept, toefl unair sendiri bernama elpt, belum lagi puluhan jenis-jenis tes toefl kampus indonesia yang jumlahnya puluhan hingga ratusan.

Itu juga belum ditambah dengan jenis-jenis toefl-like, atau semacam simulasi ujian toefl dalam versi sederhana. Nah bingung kan? Bagi orang awam mungkin akan pusing dalam membedakan atau jangan-jangan kalian baru tahu dari artikel ini mengenai banyaknya versi toefl-toefl yang ada di Indonesia. Nah, artikel ini akan membahas lebih mendalam pengertian toefl yang benar-benar bisa dijadikan pijakan karir masa depan kalian.

TOEFL sendiri singkatan dari Test of English as a foreign languange, jadi test toefl awalnya dikhususkan untuk warga negara non-berbahasa inggris. Artinya jika kalian bukan warga negara yang dengan bahasa ibu bahasa inggris, maka bisa menggunakan toefl sebagai alat ukur bahasa inggris kalian. Jadi toefl adalah ujian bagi warga negara non-english speaking countries.

Oya, toefl sendiri juga secara spesifik hanya mengukur kemampuan berbahasa inggris untuk kepentingan akademik, dalam artian ujian toefl biasanya dikhususkan untuk kepentingan perkuliahan, kursus singkat atau pendidikan di kampus. Akan tetapi pada prakteknya banyak digunakan di luar kampus juga sebagai alat ukur di perusahaan multinasional company. Padahal selain toefl terdapat toeic dan ielts yang mengukur kualitas bahasa inggris.

Baca Juga:  Tiga Penyedia Jasa Les Privat IGCSE Jakarta

Toefl adalah ujian berbahasa inggris pertama yang dikenalkan ETS Amerika untuk menguji kemampuan bahasa inggris bagi warga non-english speaking countries. ETS sendiri mengeluarkan toefl dalam dua jenis, yaitu toefl paper based test (toefl dengan ujian kertas) serta toefl internet based test (tes toefl menggunakan internet dan juga komputer).

Pengertian toefl bagi ETS Amerika adalah alat ukur yang menerangkan kemampuan anda dalam berbahasa inggris di lingkungan akademik yang mengukur setidak-tidaknya tiga hingga lima kemampuan dasar. Pertama adalah listening (mendengarkan), kedua, grammar dan structure (tata bahasa), ketiga, reading (membaca), serta keempat, speaking (berbicara) dan juga kelima, writing (menulis).

Kesemua jenis-jenis kemampuan dasar ini diujikan di toefl paper based test dan juga toefl internet based test yang diadakan ETS Amerika. Ciri-ciri test yang diadakan oleh ETS Amerika adalah di lembaga resmi yang ditunjuk, peserta mendapat lembar hasil skor yang bertanda ETS Amerika, serta sertifikat khusus bertanda tangan dari ETS Amerika bagi yang mendapat skor 500 ke atas.

TOEFL terbitan ETS Amerika bisa diterima di berbagai negara dunia, serta bisa digunakan untuk melamar kampus-kampus ternama di seluruh dunia, serta dapat juga digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan multinasional company. Lalu, apakah toefl selain dari ETS tidak legal?

Biasanya toefl yang bukan diadakan oleh ETS Amerika hanyalah tiruan (imitasi) dan digunakan di dalam lingkungan terbatas. Misalnya TOEFL berjenis acept hanya bisa digunakan di UGM saja, sementara toefl berjenis elpt hanya bisa digunaka di unair saja. Begitu juga toefl-like atau jenis-jenis lainnya yang hanya berbentuk tiruan dan imitasi. Biasanya toefl-toefl tiruan ini biayanya sangat murah sekitar 100 hingga 200 ribu. Sementara toefl dari ETS bisa sekitar 500 ribu hingga 3 juta sekali test.

Baca Juga:  Kata Kata Romantis Bahasa Inggris Untuk Pacar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *