Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur yang bisa membuat anda mengelus dada.

Posted on

Perbedaan Jerman Barat dan Jerman Timur – Pernahkah anda mendengar apa itu jerman barat dan jerman timur? Mungkin sebagian besar dari kalian belum pernah mendengar, atau beberapa pernah mendengar tetapi hanya di dalam buku sejarah eropa atau dunia saja. Yup, memang nama jerman barat dan jerman timur adalah dua nama yang familiar dalam sejarah eropa, akan tetapi dua nama ini telah lenyap dan meninggalkan warisan di beberapa negara bagian di jerman.

Warisan yang ditinggalkan ini akan menjadi penanda jelas perbedaan jerman barat dan jerman timur pasca reunifikasi (penggabungan) menjadi negara jerman saat ini. Sehingga membuat banyak orang bisa melihat perbandingan sedemikian bedanya sebuah negara di bawah sistem sosialis-komunis dengan sistem negara demokrasi liberal.

Baca Juga : Lima Tips Ampuh Cara Memilih Kursus GMAT Surabaya

Jika anda pernah membandingkan perbedaan antara negara korea utara dengan negara korea selatan kira-kira perbedaan jerman barat dan jerman timur menyamai kondisi tersebut. Bedanya hanyalah korea selatan dan korea utara tidak bergabung, sementara jerman barat dan jerman timur sudah bergabung dan sangat terlihat sekali perbedaanya hingga sekarang di dua bekas wilayah tersebut.

Kenapa dua wilayah tersebut mewarisi sistem ekonomi dan politik yang berbeda? Tidak sah rasanya jika kita tidak membahas sejarah pembentukan jerman barat dan jerman timur sebagai bahasan pengantar sebelum memberikan perbandingan jerman barat dan jerman timur yang kenyataanya akan membuat anda mengelus dada, bahwa tidak semua daerah jerman semaju yang kita kira.

Pembentukan jerman barat dan jerman timur tidak bisa dipisahkan dari Perang Dingin antara Amerika Serikat dan Uni Soviet, dimana Amerika menancapkan pengaruhnya di eropa dan uni soviet juga menancapkan pengaruhnya juga di eropa. Kedua pengaruh ini kemudian membelah jerman dengan ditandai berdirinya tembok berlin sebagai pemisah antara negara jerman barat dengan jerman timur.

Baca Juga:  5 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman Otodidak Dengan Mudah

Jerman barat berdiri dengan sistem demokrasi liberal dengan dukungan penuh amerika dan sekutunya, sehingga pembangunan industri di wilayah ini dilakukan secara besar-besaran. Sistem politik yang stabil dan tidak otoriter memberi kebebasan ekonomi dan politik kepada warganya untuk menyuarakan berbagai pendapat dan juga mendapat kebebasan untuk berbisnis. Selain itu, jerman barat juga bergabung dalam aliansi militer NATO bentukan amerika.

Sementara di seberang, tetangganya bernama jerman timur mempunyai ideologi politik yang berbeda yaitu sosialis komunis di bawah pengaruh uni soviet. Sistem ekonomi yang terpusat dikuasai oleh negara cenderung menutup kesempatan orang untuk berbisnis, menghalangi keterbukaan pendapat dan cenderung menjadikan masyarakat untuk berada dalam aturan yang sama. Kemudian jerman timur juga bergabung ke dalam alinsi miiter bentukan Uni soviet bernama pakta warsawa.

Perbedaan jerman barat dan jerman timur ini kemudian bertahan sampai uni soviet runtuh, sehingga membuat jerman timur memutuskan bergabung dengan tetangganya jerman barat. Proses penggabungan ini ditandai dengan meruntuhkn tembok besar berlin yang membagi kedua negara sebelumnya.

Walaupun telah dilakukan penggabungan, perubahan ekonomi dan demografi karakter masyarakat di jerman timur belum terlampau signifikan berubahnya, hal ini bisa disebabkan karakter masyarakat jerman timur yang terlampau sosialis komunis menyebabkan susah untuk beradaptasi dengan lingkungan ekonomi liberal.

Secara ideologis, masyarakat yang tinggal di dalam situasi ekonomi politik sosialis akan cenderung tertib secara kolektif dengan aturan negara, sehingga kecenderungan untuk berkompetisi antara pribadi menjadi berkurang, dibandingkan dengan ekonomi politik liberal yang cenderung membuat masyarakat bebas berkompetisi satu sama lain.

Kini semenjak 30 tahun lalu terjadi penggabungan (3 oktober 1990), perbedaan jerman barat dengan jerman timur tetap tak bisa ditutup-tutupi, beberapa perbedaan ini bahkan akan membuat anda mengeluas dada dan bersyukur tinggal di Indonesia:

Baca Juga:  Tiga Pilihan Belajar Bahasa Jerman Online

Pertama, perbedaan mencolok jerman barat dengan jerman timur pada masalah ekonomi. Mayoritas menyedihkan bagi wilayah bekas jerman timur, dimana masyarakat di bekas jerman timur hanya menikmati gaji 2/3 lebih rendah ketimbang di daerah bekas jerman barat. Faktor ini juga disusul banyak pekerja perempuan dan anak-anak di jerman timur dibandingkan di wilayah jerman barat.

Selain itu, mayoritas industri yang berkembang di jerman timur adalah industri pertanian, sementara di bekas jerman barat diisi kebanyakan industri otomotif dan manufaktur, hingga saat ini tak ada satupun industri besar di jerman timur yang masuk ke dalam bursa saham jerman. Ini menandakan industri di sana masih dalma tahap belum modern, mengenaskan kan?

Walaupun demikian, jerman timur mempunyai beberapa keunggulan dalam bidang pendidikan, ilmu seperti kimia, fisika, sains dan ilmu murni mendapat tempat yang bagus di wilayah bekas jerman timur. Sementara keunggula pendidikan di bekas jerman barat terletak pada pemberian hak-hak pada anak anak untuk bermain dan bersekolah, selain itu juga migrasi penduduk di wilayah jerman barat lebih tinggi ketimbang di jerman timur, mengindikasikan bahwa perubahan ekonomi begitu cepat.

Kedua, perbedaan jerman barat dan jerman timur yang mencolok selanjutnya adalah tingkat pengangguran yang begitu tinggi di wilayah jerman timur. Hal ini disebabkan industri yang tidak berkembang pesat menyebabkan meledaknya pengangguran. Banyak masyarakat mengantri untuk mendapatkan kupon makanan dari negara, harga harga minyak tinggi, orang harus mengantri, infrastruktur payah ditandai dengan banyaknya jalanan yang rusak, industri mobil dan alat berat juga tidak begitu maju.

Ketiga, perbedaan jerman barat dan jerman timur selanjutnya adalah soal sumber daya alam, di jerman barat sumber daya alam banyak dikelola dan dimanfaatkan sementara di jerman timur ketiadaan teknologi menyebabkan pengelolaan sumber daya alam menjadi tidak maksimal. Harga-harga barang melonjak, harga apartemen disewakan murah-murah karena kekurangan pembeli. Berbanding dengan jerman barat yang properti saja mahal mahal karena permintaan industri yang begitu pesat.

Baca Juga:  Fakta Jerman Dalam Bidang Pendidikan

Perbedaan jerman barat dan jerman timur yang sangat mencolok ini sudah menjadi perhatian pemerintah jerman sejak lama, sejak sepuluh tahun belakangan pemerintah federal jerman telah mengucurkan anggaran sampai dengan dua triliun euro untuk membangun negara negara bagian bekas wilayah jerman timur. Bahkan untuk memberikan subsidi ini, pemerintah jerman menaikkan pajak-pajak untuk membantu agar negara negara bekas wilayah jeman timur mampu sejajar secara pembangunan dengan jerman barat.

Perbedaan jerman barat dan jerman timur ini sudah secara perlahan-lahan dihapus secara fisik oleh pemerintah federal jerman, akan tetapi sisa-sisa karakter masyarakatnya masih bisa dilihat dan dirasakan. Umpamanya untuk mereka yang pernah tinggal di jerman barat kultur individualis dan berkompetisi masih bisa dirasakan, sementara di jerman timur kultur sosialisnya juga masih bisa dirasakan.

Sebagai kenang-kenangan dalam menandai pernyatuan jerman barat dan jerman timur, pemerintah federal jerman menyisakan satu slot tembok berlin di tengah kota berlin sebagai kenanga-kenangan dan juga tujuan wisata bagi turis asing. Serta menjadi pengingat bagi masyarakat jerman untuk hidup rukun bersama dalam nuansa jerman baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *