Beberapa Perbedaan Photoshop cc dan cs yang mudah dikenali

Posted on

Perbedaan Photoshop cc dan cs – Bagi anda yang sering berkecimpung di dunia desain dan grafis pastinya tidak asing lagi dengan software komputer besutan keluarga besar adobe photoshop. Nah, keluarga besar adobe photoshop ini merupakan salah satu software andalan yang dipakai para mastah mastah desain grafis untuk menelurkan hasil desain yang ciamik. Tentunya selain keluarga adobe juga terdapat keluarga corel draw yang masih juga diandalkan.

Karena saking besarnya keluarga besar adobe photoshop, maka beberapa varian yang dikeluarkan oleh adobe photoshop juga membuat beberapa orang bingung, terutama mengenai perbedaan dua jenis photoshop yang sering digunakan para desainer, misalnya adalah perbedaan photoshop cs dan cc.

Kelihatannya kedua photoshop ini memiliki nama yang sama, atau hanya dikenali dari dua ekor namanya yang berbeda, padahal keduanya memiliki perbedaan mendasar yang mudah kita kenali secara mendalam. Yuk kenali perbedaan photoshop cc dan cs secara lebih mendalam agar tidak membingungkan kita di kemudian hari.

Pertama, perbedaan photoshop cs dan cc secara mendasar adalah soal jangka panjang lisensi. Anda bisa menggunakan rumus berikut untuk menghafal, photoshop cs, karena ada huruf “cs” yang bisa diartikan teman seumur hidup, maka lisensi photoshop cs dapat kita terjemahkan sebagai software dengan lisensi seumur hidup, ini artinya photoshop cs memberikan lisensi pemakaian anda secara tak terbatas, unlimited dan bisa dipakai sampai kapan pun.

Kelebihannya photoshop cs dibandingkan dengan photoshop cc selain itu juga dapat dipakai lebih dari satu komputer. Sementara photoshop cc belum tentu bisa. Kebalikannya dengan photoshop cs, maka photoshop cc menggunakan lisensi berjangka waktu tertentu, dan lisensi ini bergantung dengan jenis photoshop yang anda pakai.

Baca Juga:  Tiga Aplikasi Penguat Sinyal di Pasaran

Jika anda membeli lisensi photoshop cc untuk kepentingan bisnis, pendidikan atau desain dengan jangka waktu misalnya tiga, enam, atau setahun, maka ketika lisensi photoshop cc anda habis, maka tidak ada cara lain selain membayar untuk memperpanjangnya lagi. Kekurangan lainnya adalah pemakaian photoshop dalam komputer juga tergantung dengan kontrak lisensi yang anda beli, tapi biasanya hanya bisa dipakai untuk satu komputer.

Kedua, perbedaan photoshop cs dan cc selanjutnya adalah soal spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk memasang instalasi. Misalnya untuk photoshop cs bisa dipasang layaknya sebuah sotfware yang ditanam di hard disk seperti pada software-software umumnya. Nah karena software adobe photoshop cs termasuk kategori software-software berat, maka disarankan menggunakan laptop atau komputer dengan spesifikasi yang memadai seperti di atas intel core duo, pentium 4 ke atas, atau dengan grafis AMD.

Sementara perbedaan photoshop cc dan cs selanjutnya yang terletak pada photoshop cc adalah kemudahan untuk menggunakan di berbagai komputer tanpa perlu instalasi di komputer tertentu. Anda tinggal masuk ke dalam adobe creative cloud, kemudin memasukkan id akses anda dan bisa langsung dijalankan. Walaupun demikian, tidak semua komputer dengan spesifikasi rendah bisa menggunakan, anda perlu beberapa spesifikasi komputer di atas standar.

Kabar baiknya untuk photoshop cc yang hanya bisa diakses lewat adobe creative cloud adalah anda bisa membatasi siapa saja yang bisa mengakses photoshop cc anda. Ini tentunya akan memudahkan keamanan data desain anda dan juga kepentingan bisnis yang lebih terjamin. Sementara photoshop cs sendiri karena dipasang di dalam komputer siapa saja bisa menggunakan selama komputer tersebut bisa dipakai.

Ketiga, perbedaan photoshop cc dan cs yang perlu kamu kenali selanjutnya adalah soal media penyimpanan. Nah, ini sangat penting untuk dipahami agar anda tidak mengalami gagap teknologi yang membuat anda kelimpungan ketika menggunakannya. Karena photoshop cs menggunakan instalasi software yang ditanam di hard disk komputer atau laptop, maka media penyimpanan yang dipakai photoshop cs adalah media penyimpanan di hard disk komputer anda.

Baca Juga:  Dua Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Secara Mudah

Ini artinya anda perlu menyiapakn ruang hard disk yang besar saat menggunakan photoshop di dalam komputer anda, karena jika anda menyisakan sedikit media penyimpanan akan membuat komputer anda mengalami hang dan bahkan nge-lag. Hal ini tentu saja berbeda dengan dibandingkan photoshop cc yang menggunakan media penyimpanan berbasis cloud. Cloud biasanya menyediakan media penyimpanan lebih besar dan tak terbatas.

Sayangnya adalah, karena menggunakan media penyimpanan berbasis dengan cloud, maka penggunaan photoshop cc sangat tergantung dengan akses internet, tetapi kelebihannya anda bisa memberikan hak akses kepada siapapun dengan mudah melalui internet, tinggal memberikan kode akses kepada rekan kerja, bisnis dan kantor anda, maka mereka bisa menggunakan photoshop cc dengan mudah.

Nah itu adalah beberapa perbedaan photoshop cs dan cc yang secara mendasar bisa diperhatikan dan dihafal ketika akan membeli, menginstal dan juga menggunakan untuk kepentingan bisnis anda dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *