Perbedaan Toefl Dan Ielts Ini Jarang Diketahui

Posted on

Perbedaan TOEFL dan IELTS – Mungkin saat ini masih banyak pelajar yang tidak menyadari bahwa kemampuan berbahasa merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki untuk bisa sukses saat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya bahasa merupakan media utama yang digunakan oleh manusia untuk bisa berkomunikasi dan menjalin interaksi dengan sesamanya.

Sehingga semakin hari penggunaan bahasa tentunya akan semakin berkembang. Seperti saat ini dimana dunia menetapkan beberapa bahasa internasional yang dipergunakan dalam berbagai macam kesempatan. Seperti misalnya untuk keperluan pendidikan, kongres dunia, hingga keperluan ekonomi suatu negara.

Toefl dan Ielts Syarat Untuk Melanjutkan Kuliah Ke Luar Negeri

Salah satu bahasa internasional yang saat ini paling umum dipergunakan adalah Bahasa Inggris. Sehingga hal tersebut mau tidak mau membuat sebuah kewajiban baru bagi setiap pelajar.

Dimana diharapkan setiap pelajar memiliki penguasaan terhadap Bahasa Inggris. Terutama bagi para pelajar yang hendak melanjutkan jenjang pendidikannya ke luar negeri.

Baca Juga:  Perbedaan Tes Gre Vs Gmat Yang Wajib Anda Ketahui

Salah satu syarat untuk dapat bisa diterima pada universitas bertaraf internasional adalah anda harus memiliki skor pada tes toefl dan ielts yang baik.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan dibahas mengenai perbedaan toefl dan ielts yang perlu anda ketahui. Serta lebih penting mana diantara kedua tes tersebut untuk saat ini.

Perbedaan Toefl Dan Ielts Ini Jarang Diketahui

Sebelum anda mengetahui beberapa perbedaan toefl dan ielts yang mendasar, maka ada baiknya jika anda mengetahui fungsi dari kedua tes tersebut.

Baca Juga:  Jangan Panik, Ini 4 Tips Simpel Menghadapi Ujian TOEFL

Pada dasarnya kedua jenis tes tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengukur seberapa baik kemampuan seseorang di dalam menguasai bahasa Inggris.

Oleh karena itu komponen-komponen soal pada kedua tes tersebut menguji beberapa konsep dasar dalam berbahasa Inggris dan berikut di bawah ini adalah beberapa perbedaan Toefl dan Ielts:

1. Komponen Soal Dibagi 4 Bagian

Dimana pada umumnya komponen soal dibagi ke dalam empat konsep utama yaitu Reading, Listening, Speaking, dan Writing.

Sehingga untuk bisa mendapatkan hasil tes yang memuaskan memang anda perlu melakukan beberapa persiapan sebelumnya seperti mengikuti kursus Bahasa Inggris khusus persiapan tes toefl atau ielts.

2. Bentuk Soal-Soalnya

Salah satu perbedaan toefl dan ielts yang paling bisa diamati adalah dari bentuk soal-soal tes yang harus anda kerjakan. Saat mengerjakan soal tes toefl pada bagian listening dan reading anda disuguhkan dengan soal dalam bentuk pilihan ganda, dimana anda hanya perlu memilih jawaban yang benar saja dari pilihan yang sudah disediakan.

Sementara saat mengerjakan soal tes ielts, pada bagian ini anda harus menuliskan jawaban anda pada kolom isian yang disediakan sehingga anda tidak memiliki pilihan jawaban melainkan harus mencari jawaban secara mandiri.

Kemudian pada bagian speaking, anda akan berkomunikasi dengan komputer pada tes toefl sedangkan pada tes ielts anda berkomunikasi dengan native speaker.

3. Segi Kesulitan Soal-Soal

Perbedaan selanjutnya yang pasti bisa anda rasakan adalah dari segi tingkat kesusahan masing-masing tes. Dari perbedaan bentuk soal pada tes ielts maupun tes toefl sebenarnya sudah bisa disimpukan bahwa tingkat kerumitannya memang lebih tinggi pada tes ielts.

Sebab dalam mengerjakan tes tersebut anda harus benar-benar memilliki pengetahuan yang luas karena anda tidak memiliki pilihan jawaban yang tersedia.

Oleh karena itu memang untuk mendapatkan skor ielts yang baik akan membutuhkan persiapan yang lebih mendalam dibandingkan jika anda melakukan persiapan untuk tes toefl.

Baca Juga:  Tempat Kursus Persiapan IELTS Jakarta Terbaik

Namun saat ini tes ielts sudah mulai dipergunakan oleh sebagian besar institusi pendidikan dunia sehingga hasilnya bisa digunakan secara global.

Sedangkan tes toefl sudah lebih jarang dipergunakan. Tetapi beberapa universitas memang hanya membutuhkan satu skor tes saja, sehingga pastikan anda memahami persyaratan yang diajukan masing-masing universitas dengan baik.

Nah, jika anda membutuhkan kursus preparation untuk Toefl maupun Ielts maka anda bisa menghubungi Kami di Westwoodprep dengan menekan baner di bawah ini dan semoga saja artikel ini dapat bermanfaat yah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *