Tiga Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari

Posted on

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari – Percakapan dalam bahasa inggris merupakan salah satu materi yang mesti dikuasai oleh mereka yang belajar bahasa inggris tingkat dasar. Karena percakapan dalam bahasa inggris ini akan secara langsung melatih kemampuan tata bahasa kita (grammar), kemampuan kosakata (vocab) dan juga keberanian kita untuk melakukan speaking dengan orang lain.

Percakapan bahasa inggris sehari hari sendiri akan ditemui pada sesi mengerjakna toefl dan juga ielts, dimana seorang peserta toefl akan mendengarkan sebuah percakapan bahasa inggris berbentuk pendek, panjang dan berbentuk semi kuliah.

Percakapan dalam bahasa inggris ini akan ditemui pada sesi listening di awal dimana akan ada beberapa pertanyaan yang mesti dijawab dengan mendengarkan percakapan-percakapan bahasa inggris tersebut. Misalnya dalam listening toefl, tiga pertanyaan awal akan mendengarkan percakapan dalam bahasa inggris versi singkat antara dua orang (laki laki dan perempuan).

Sementara pada tiga sampai lima soal selanjutnya akan diperdengarkan percakapan bahasa inggris dalam bentuk percakapan yang lebih panjang lalu kita diminta menarik kesimpulan dari percakapan-percakapan tersebut. Nah, yang paling agak susah adalah mendengarkan percakapan bahasa inggris pada bagian terakhir karena biasanya berbentuk kuliah umum seorang dosen dan beberapa sesi percakapan singkat dengan mahasiswanya.

Nah, agar lebih mendetail, pembahasan percakapan dalam bahasa inggris sehari hari ini akan langsung membahas beberapa contoh percakapan bahasa inggris yang terdapat di dalam sesi ujian toelf. Kenapa sesi percakapan dalam bahasa inggris sesi toefl bisa dijadikan contoh? Karena ini adalah hal yang paling mudah untuk dipelajari dan nantinya akan berguna ketika anda semunya memutuskan untuk mengambil tes toefl.

Percakapan dalam bahasa inggris di sesi listening sendiri merupakan percakapan bahasa inggris sehari-hari yang memotret kehidupan masyarakat penutur bahasa inggris. Misalnya tema tema yang dibicarakan adalah soal hobi, kesehatan, akademik di kelas hingga perkuliahan serta beberapa tema terkait dengan ekonomi, bisnis dan juga tema-tema yang tidak pernah diperhitungkan seperti burung dan hewan-hewan lainnya.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Adjective dalam Percakapan Sehari-hari

Beberapa hal yang mesti diperhatikan sebelum mempelajari percakapan dalam bahasa inggris di soal-soal toefl dan ielts adalah anda harus sering sering berlatih mendengar pelafalan kosakata bahasa inggris. Hal ini akan sangat bermanfaat menambah wawasan anda untuk terbiasa dengan pelafalan dalam bahasa inggris (pronounciation). karena percuma saja anda belajar percakapan bahasa inggris tetapi tidak bisa memahami (karena tidak bisa menebak kata kata apa yang dibicarakan).

Selanjutnya setelah menambah kosakata dan memahami cara cara pelafalannya, anda juga harus terbiasa mendengarkan percapakan-percakapan singkat lainnya, misalnya dengan berlatih mendengarkan percakapan bahasa inggris dalam film, baik dengan subtitle atau tidak dengan subtitle. Kenapa demikian? Karena dengan terbiasa mendengarkan percakapan singkat anda akan terbiasa mendengarkan percakapan-percakapan sejenis dalam tempo yang lebih panjang.

Pada bagian akhir, anda juga akan dituntut untuk belajar ungkapan-ungkapan ekspresi yang nantinya akan keluar di sesi percakapan dalam bahasa inggris. Ungkapan-ungkapan ekspresi ini bisa anda pelajari di sesi listening maupun grammar, ungkapan ekspresi akan memudah anda menebak tema dan topik dalam percakapan bahasa inggris sehari-hari dalam toefl tersebut.

Nah, berikut contoh percakapan bahasa inggris dan artinya dalam sesi listening toefl:

Pertama, percakapan bahasa inggris versi singkat pertama:

Laki-laki: I am trying to find a newspaper with title “morning herald”, do you know where I should looking? (saya mencoba mencari koran dengan judul “morning herald”, apakah kamu tahu dimana saya bisa mencarinya?)

Perempuan: you can chek at the box next to the bookshelf (kamu bisa mengecek di bagian box sebelah rak buku).
Kedua, percapakan bahasa inggris versi singkat kedua:

Laki-laki: yesterday, the math test was difficult for me! (kemarin, test matematika menurutku sangat sulit).

Baca Juga:  Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

Perempuan: you can say that again! (ini adalah ungkapan ekspresi yang mengatakan bahwa aku setuju denganmu)

Ketiga, percakapan dalam bahasa inggris versi singkat ketiga:

Laki-laki: how was your chemistry test yesterday? (bagaimana rasanya test kimia kemarin)

Perempuan: like piece of cake. (sangat mudah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *