7 Alasan Perekonomian Negara Jerman Sangat Kuat

Posted on

Perekonomian Negara Jerman – ekonomi di negara Jerman selalu mengalami peningkatan yang fluktuatif di seluruh bidang industri. Sektor ekspor memiliki peranan yang sangat penting dalam hal ini.

Industri otomotif selalu menjadi pemenangnya and diperkirakan telah memperoleh 404 miliar euro pada tahun 2016. Apakah yang membuat ekonomi di negara jerman ini meningkat? Seperti yang telah dijelaskan bahwa ekspor menjadi nilai ekonomi yang tinggi di Jerman.

Lebih dari 92 persen Jerman industri melakukan ekspor. Apa saja yang menjadi alasan bidang industri menguatkan perekonomian negara Jerman? Inilah 7 alasan yang perlu Anda ketahui.

Peran penting industri

Pasar industri di Jerman dalam nilai tambah bruto adalah 22,9 persen. Jumlah tersebut membuatnya sebagai negara tertinggi diantara negara G7. Sekotir terkuat dalam bidang industri inia dalah konstruksi kendaraan, industri listrik, teknik dan juga industri kimia.

Kuota ekspor tertinggi

Bersamaan dengan negara China dan Amerika, Jerman telah menjadi salah satu dari tiga negara ekspor terbesar. Pada tahun 2017 Jerman mengekspor barang senilai 1.278,9 miliar euro. DImana kuota ekspor hampir 40% dan lebih dari 50% nya adalah bidang industri.

Sistem ekonomi terbuka

Apabila dilihat dari pentingnya perdagangan luar negeri untuk produk bruto (PDB), Jerman adalah negara dengan ekonomi paling terbuka di antara negara G7. Kuota perdagangan luar negeri saat ini adalah 84,4%^ dan itu adalah jumlah ekspor impor terkait dengan perdagangan PDB. Sebagai perbandingan kuota dari Amerika saja hanya 26,7%.

Memiliki banyak perusahaan menengah dengan kinerja tinggi

Perusahaan menengah di Jerman telah membentuk jantung ekonomi. Dengan kata lain, banyak perusahaan dengan omset tahunan kurang dari 50 juta euro yang jumlah karyawannya kurang dari 500. Sektor ekonomi ini mencakup 99,6% perusahaan Jerman. Lebih dari 1.000 perusahan-perusahaan tersebut sebagai juara tersembunyi yakni seringkali memimpin pasar internasional yang kurang terkenal secara publik.

Baca Juga:  Inilah 5 Sistem Pendidikan dan Sekolah di Jerman

Memiliki lokasi perdagangan terbaik

Jerman adalah lokasi utama dunia untuk menyelenggarakan perdagangan secara internasional. Dua pertiga dari perdagangan industri global utama terjadi di Jerman. Sepuluh juta pengunjung menghadiri sekitar 150 pameran perdagangan internasional setiap tahunnya.

Pusat ekonomi yang kuat

Berbagai pusat ekonomi terpenting di Jerman tidak hanya satu kota atau ibu kota saja yang banyak terjadi di negara lain. Beberapa kota di Jerman telah menjadi pusat ekonomi terkuat seperti Munich yang memiliki teknologi tinggi, Stuttgart yang merupakan kota pusat konstruksi kendaraan. Ada pula Rhine-Neckar yang merupakan pusat pembuatan bahan kimia dan IT, serat Frankfurt yang terkenal sebagai pusat keuangan atau bisnis.

Tingkat pekerjaan yang baik

Faktor terakhir yang meningkatkan perekonomian negara Jerman adalah jumlah pengangguran rendah karena tingkat pekerjaan yang baik. Kini tingkat pengangguran hanya mencapai 2,2 juta dimana level tersebut paling rendah jika dibandingkan dengan sebelum Jerman bersatu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *