Perekonomian Negara Prancis Termasuk dalam 20 Besar Dunia

Posted on

Perekonomian Negara Prancis –¬†Prancis adalah salah satu negara besar di kawasan eropa barat. Selain itu menjadi negara berpengaruh di koalisi Uni Eropa bersama Jerman dan Belanda. Prancis juga menjadi negara dengan perekonomian termasuk ke dalam 20 besar dunia. Atau biasa kita sebut sebagai G20 (dibaca: gi twenty). di dalam G20 ini, beberapa negara eropa seperti Prancis dan Jerman duduk sejajar dengan Rusia, Amerika, Australia dan Indonesia.

Sejajarnya Prancis dan Indonesia dalam kelompok G20 disebabkan karena pengaruh ekonomi Indonesia dan Prancis yang mempengaruhi nilai ekspor impor di berbagai kawasan. Neraca dagang Prancis yang disumbang dari banyaknya kawasan industri dan produk-produk pertanian, pariwisata (termasuk di dalamnya) mode. Menjadikan Prancis sebagai negara dengan perekonomian 20 besar dunia. Sementara Indonesia, lebih banyak ditopang minyak dan gas, ekspor hasil hutan mentah serta ekspor barang-barang produksi lainnya.

Tetapi seperti kebanyakan negara industri lainnya. Prancis beberapa tahun sebelumnya bermasalah secara ekonomi. Pemerintah Prancis memutuskan memotong subsidi BBM. Sehingga menimbulkan gelombang protes kelas pekerja yang sangat tergantung dengan subsisi bahan bakar minyak ini. Indonesia pernah mengalami kasus yang sama. Tetapi berhasil meredam dengan berbagai strategi.

Prancis berhasil meredam pemotongan subsidi BBM. Tidak seperti negara tetangganya di Uni Eropa. Yunani yang terjerembab ke dalam hutang. Yunani, beberapa tahun sebelum Prancis mengalami krisis ekonomi bahan bakar dan minyak. Yunani sudah bermasalah secara hutang. Hutang terlalu besar sehingga menyebabkan subsidi-subsidi di dalam negeri dicabut. Tunjangan-tunjangan pegawai distop dan penjualan barang-barang dinaikkan karena pajak. Tentu saja besarnya hutang Yunani membuat rakyat Yunani protes. Sama seperti kasus pemotongan subsidi BBM di pemerintah Prancis. Bedanya, Prancis tidak memerlukan talangan dana. Sementara Yunani, bahkan harus ditalangi (dipinjami) dana dari negara-negara anggota uni eropa.

Baca Juga:  Fasih Bahasa Jerman Dalam 6 Bulan Dengan Kursus Bahasa Perancis

Walaupun demikian, Prancis mempunyai fundamental ekonomi yang cukup baik dari masa ke masa. Ketika masa reformasi usai dan indonesia membutuhkan pinjaman uang. Prancis pernah menjadi salah satu donor pemberi uang ke Indonesia. Negara-negara yang memberikan donor pinjaman uang ini berkumpul di Paris. Kemudian sepakat memberikan pinjaman dana kepada Indonesia. Karena mereka berkumpula di Paris, kelompok pemberi pinjaman ini disebut Paris Group.

Paris Group dibubarkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Tidak lama kemudian Indonesia berhasil melunasi hutang kepada IMF. Susilo Bambang Yudhoyono melihat bahwa kreditor paris group telah selesai masanya. Sehingga harus dibubarkan agar tidak memberatkan Indonesia.

Selain persoalan ekonomi Prancis yang cukup kuat dari segi fundamental. Industri-industri Prancis juga banyak menopang kekuatan ekonomi Prancis. Salah satunya adalah pabrik industri pesawat terbang Airbus di Prancis. Airbus menjadi salah satu perusahaan pesawat terbesar (pesaing Boeing). semenjak airbus mengeluarkan produk-produk pesawat baru. Boeng tersaingi. Salah satu contohnya adalah beberapa perusahaan penerbangan Indonesia lebih banyak mengimpor pesawat dari Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *