Perfect Present Tense dalam Penggunaan Sehari-Hari

Posted on

Perfect Present Tense – Ada beragam tense dalam tata bahasa inggris yang mesti dipelajari bagi kita yang ingin mengetahui dan menggunakan bahasa inggris lebih baik. Analogi penggunaan tense-tense dalam bahasa inggris ini seperti sebuah kerangka dalam coran batu dan semen, atau kerangka cor dalam sebuah bangunan.

Kenapa bisa begitu? Karena ternyata tense atau tata bahasa ini menjadi kerangka dalam membangun sebuah pernyataan, pembicaraan dalam dialog, serta dalam mengungkapkan argumentasi dalam bahasa inggris secara baik dan benar.

Jika anda menguasai tenses tenses bahasa inggris ini dengan baik, maka ketika berbicara di sebuah forum resmi berbahasa inggris akan memudahkan audiens untuk menyerap inti dan artinya dengan baik. Coba bandingkan jika bahasa inggris yang anda gunakan berlepotan dan bahkan tidak terstruktur secaa tata bahasa dengan baik.

Nah, begitu pentingnya penggunaan tenses bahasa inggris dalam pembicaraan sehari hari dan penggunaan bahasa inggris, anda disarankan untuk mempelajari tense dari yang paling mendasar, misalnya menguasai simple tense dan baru kemudian menguasai tenses-tenses yang lain.

Pada simple tense akan ditemukan berbagai variasi dalam penggunaannya, misalnya simple present tense yang digunakan untuk menjelaskan kondisi hari ini, kemudian simple past tense yang menjelaskan kondisi pada masa lampau dan juga simpla future tense yang digunakan untuk menjelaskan kondisi yang akan datang.

Pada pengembangan yang lebih luas, maka present, past dan future akan dikembangkan menjadi berbagai tense. Misalnya dalam menjelaskan kondisi peristiwa masa lalu atau lampau, akan dikembangkan menjadi past tense, perfect past tense, sementara pada masa yang akan datang menjad future perfect tense dan juga menjadi future continues tense.

Selain tenses-tenses di atas, terdapat juga tenses yang bisa digunakan untuk menjelaskan sebuah kondisi masa lampau, yang terus berjalan hingga sekarang. Tenses jenis ini disebut dengan perfect present tense. Tenses perfect present tense adalah tense yang menceritakan sebuah kejadian spesifik pada masa lampau dan masih berlangsung sampai sekarang.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Present Tense Seperti Apa? Ini Contohnya

Dengan kata lain tata bahasa grammar bernama perfect present tense, sesuai namanya, perfect present menghubungkan sebuah kejadikan pada masa lalu dengan masa sekarang. Tenses ini juga bisa menceritakan sebuah peristiwa pada masa lalu yang dampaknya masih terasa pada masa sekarang, misalnya pada kejadian politik, ekonomi hingga jangka panjang seperti pendidikan dan karakter.

Rumus-rumus yang mesti dipelajari dan dicamkan dalam memahami perefect present tense adalah kata kunci berikut ini:

Pertama, rumus perfect present tense selalu menggunakan kata kunci “have” atau “has” kemudian diikuti past participlle (yang berbentuk verb ketiga). penegasan “have” dan “has” ini disesuaikan dengan subyek yang sedang digunakan. Sementara penggunaan past participle dalam bentuk verb ketiga sebagai penegasan kejadian pada masa lampau.

Kedua, kata kunci “have” selalu digunakan untuk subyek They, We, I, You (dibaca sebagai pengingat “Dewi Ayu). sementara kata kunci “has” selalu digunakan oleh subyek he, she dan it. Penggunaan it sendiri merujuk pada kata abstrak, hewan atau sesuatu yang bersifat tidak fisk (semisal ruh, spirit atau semangat).

Ketiga, kata kunci pada bagian akhir perfect present tense selalu menggunakan “for” dan “since”. apa perbedaan keduanya. Jika anda ingin menggunakan “for” selalu mengacu pada periode waktu. Mislanya “for three years” (selama tiga tahun, selama tiga menit, selama beberapa hari dll). sementara penggunaan “since” dalam perfect present tense selalu mengacu pada hari, tanggal, atau tahun tertentu. Seperti “since 2004” (sejak tahun 2004, sejak kecil, sejak masih kanak-kanak dll).

Keempat, contoh-contoh penggunaan perfect present tense dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya anda menjelaskan sebuah kejadian pada masa lampau yang masih terus berlangsung hingga sekarang. Seperti ini: They have lived in Bandung for 4 years (mereka telah tinggal dibandung selama empat tahun, tetapi sekarang juga masih di Bandung, artinya dari masa sekarang hingga empat tahun kebelakang mereka tinggal di Bandung).

Baca Juga:  Mengenal Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris dan Pembagiannya

Pada contoh kedua perfect present tense juga digunakan dalam “he has studied in UI Jakarta since 2018” artinya dia telah sedang menyelesaikan pendidikannya di UI Jakarta sejak 2018 hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *